Terkait Harkamtibmas Polsek Sumberejo dan Cukuh Balak Diasistensi Tim Polda Lampung - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Jumat, 09 Juli 2021

Terkait Harkamtibmas Polsek Sumberejo dan Cukuh Balak Diasistensi Tim Polda Lampung


Tanggamus,Harian Koridor.com-Setelah melakukan monitoring dan asistensi Polsek Harkamtibmas yakni Polsek Semaka dan Polsek Pematang Sawa. Tim Polda Lampung juga melaksanakan kegiatan yang sama untuk Polsek Sumberejo dan Polsek Cukuh Balak, Kamis (8/7/21) siang.


Asistensi terhadap 2 Polsek tersebut dipimpin tim yang sama yakni AKBP Muchtar, SE. MH selaku Penyidik Madya Ditreskrimum Polda Lampung, Kabag Strajemen Rorena Polda Lampung AKBP Dasep Wahyu Permadi, SP, SH., Kasubdit Binpolmas Dit Binmas Polda Lampung AKBP M. Yaman dan Kasubbag Strabang Rorena Polda Lampung Penata TK I, Dian Eko. W.


Tim kali ini didampingi Kabag Ren Polres Tanggamus Kompol A. Yudi Taba, Kasat Binmas AKP Hi. Irfansyah Panjaitan dan Kaur Bin Ops Sat Reskrim Iptu Sutarto dan Kasubbah Pers Bag Sumda AKP Takarinto.


Asistensi terhadap dua Polsek yang tidak melakukan penyidikan ini dipusatkan di Mapolsek Sumberejo dihadiri Kapolsek Sumberejo AKP Rohmadi, SH dan Kapolsek Cukuh Balak Ipda Eko Sujarwo, SH. M.Si, para Kanit dan Kasium.


Sejumlah arahan disampaikan oleh ketua tim dan anggotanya serta pemeriksaan adminstrasi kelengkapan dukungan Polsek yang hanya melaksamakan Harkamtibmas.


Dalam sesi diskusi Kapolsek Cukuh Balak Ipda Eko Sujarwo menyampaikan bahwa sebelum menjadi Polsek Harkamtibmas, tokoh masyarakat Cukuh Balak memang sudah meminta dirinya jika terjadi permasalahan agar didahulukan musyawarah melalui rembuk pekon dan upaya hukum (pro justitia) adalah upaya terkahir.


"Oleh karena itu pada pada akhir tahun 2019 atau awal 2020, pihaknya telah menyelesaikan permasalah melalui restorasi justice, 21 perkara dan perselisihan dan tahun 2021 sebanyak 4 perkara," kata Ipda Eko Sujarwo.


Sambungnya, Polsek Cukuh Balak saat ini telah memfokuskan 

program-program Harkamtibmas, dan berharap menyangkut anggaran serta sarana dan prasarana agar mendapatkan dukungan sehingga lebih meningkat baik pembinaan, penyuluhan dan sebagainya.


"Dengan ditunjuknya Polsek Cukuh Balak menjadi Polsek Harkamtibmas, Kami siap melaksanakan program ini dan tugas tersebut," tandasnya.


Kapolsek Sumberejo AKP Rohmadi menyampaikan bahwa, patroli saat ini mengacu kepada penanganan Covid-19 bersamaan dengan pembinaan oleh Bhabinkamtibmas agar masyarakat menaati protokol kesehatan dan terhindar Covid-19.


Sementara itu, AKBP Muhtar dalam keterangannya menjelaskan bahwa kegiatan Polsek sebagai Harkamtibmas lebih fokus kepada pelayanan kepada masyarakat. Namun upaya penegakan hukum tetap dilaksanakan.


"Mekanismenya, apabila terjadi tindak pidana di kewilayahan. Polsek melimpahkan kepada satuan atas Polres, namun terhadap hal-hal yang dikesampingkan sebagaimana kitab UU Hukum Acara Pidana terhadap hal yang terjadi, Polsek tetap melaksanakan kegiatan di lapangan dalam rangka mengkaji dan mengolah TKP terhadap perkara yang tertangkap tangan dalam tenggang waktu 1x24 jam bisa dilaksanakan kemudian dilimpahkan," jelasnya.


Sambungnya, Polsek tetap melaksanakan patroli Kamtibmas, jika menemukan tindak pidana harus segera berkoordinasi dengan Polres sebagai satuan atas. 


"Ya berkomunikasi, Kapolsek dengan Kasat Reskrim. Kapolsek dengan Kapolres sehingga tetap berjalan normal dan tetap pelayanan Polsek Harkamtibmas dengan bersentuhan dengan masyarakat," ujarnya.


Terkait hasil diskusi, adanya penambahan tingkat Patroli Harkamtibmas sebagai masukan kepada pimpinan.


"Dalam melaksanakan supervisi ini, kita melaksanakan tugas akan menjadi masukan-masukan, monitoring dan asistensi. Dan masukan yang kami terima dari wilayah Polsek akan kami laporkan kepada pimpinan," pungkasnya. (*).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages