Kelurahan Pasar Liwa dan Kelurahan Way Mengaku Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Rabu, 04 Agustus 2021

Kelurahan Pasar Liwa dan Kelurahan Way Mengaku Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19


Lambar,Harian Koridor.com-Terbatasnya pengetahuan petugas pemakaman bagi jenazah yang tepapar Covid-19, kelurahan pasar liwa dan kelurahan Way Mengaku kecamatan balik bukit Kabupaten Lampung Barat menggelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19. Rabu (4/8/2021).


Pelatihan yang digelar di aula kantor kelurahan Pasar Liwa, dihadiri Lurah pasar liwa Saukat, Lurah Way Mengaku Edwar, SPDSD. MM, Bhabinsa Suherno, Bhabinkamtibmas Juliansah, 

Bhabinkamtibmas Fikri Leonard, Kasi kesra sebagaib Perwakilan dari kecamatan, Perwakilan KUA,Kepala Puskes Balik Bukit Harjunadi.S.ST. serta Satgas Covid-19.


kepala Puskes Harjunadi  dalam kesempatan tersebut mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan sebagai acuan penerapan penanganan jenazah pasien Covid-19.Sehingga dalam pemulasaran jenazah Covid-19, dapat dilaksanakan dengan tertib sesuai syariat agama dan sesuai prokes penanganan jenazah Covid-19,” Tuturnya.


Lebih lanjut, ia kemudian memaparkan pedoman yang telah diterbitkan MUI dalam pengurusan jenazah pasien COVID-19. Beberapa pedoman tersebut, yakni jenazah dimandikan tanpa harus dibuka pakaiannya dan petugas wajib berjenis kelamin yang sama dengan jenazah.


Adapun jika tidak ada petugas yang berjenis kelamin sama, maka jenazah dimandikan oleh petugas yang ada, dengan syarat jenazah dimandikan tetap memakai pakaian. karena jenazah meninggal pada saat isoma maka pemulasaran dilaksanakan dirumah, dan karena dikhawatirkan apabila dimandikan seperti jenazah biasa dikhawatirkan akan berakibat terjadi penularan, maka jenazah sebaiknya  ditayamumkan.


Menurutnya, melalui pelatihan tersebut diharapkan bisa memberi pengetahuan yang benar kepada para Kifayah dalam penanganan jenazah Covid-19. Sehingga tidak terjadi kesalahan yang justru akan membahayakan diri Kifayah, pihak keluarga maupun masyarakat sekitar,"jelasnya.



Dalam sambutannya Saukat selaku Lurah Pasar Liwa, Menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat Pasar Liwa dan Way Mengaku atas partisipasinya dalam mengikuti kegiatan pelatihan pemulasaran jenazah covid ini.


Tidak lupa beliau juga  menyampaikan apresiasi kepada peserta yang mengikuti pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19. Menurutnya, dengan mengikuti pelatihan tersebut, menandakan adanya kepedulian terhadap sesama ditengah situasi darurat pandemi Covid-19 saat ini.


“Kasus Covid-19 di Kabupaten Lampung Barat khususnya Kelurahan pasar liwa dan Kelurahan waymengaku saat ini semakin meningkat, sementara sarana dan petugas medis kita terbatas. Melalui pelatihan yang dilaksanaknan saat ini, merupakan langkah antisipasi supaya para Kifayah desa bisa membantu tenaga medis dalam menangani pemulasaran jenazah Covid-19,” ujarnya.


Selanjutnya Edward selaku Lurah way mengaku juga menambahkan, kepada seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan tersebut dengan baik, dengan harapan agar seluruh materi yang disampaikan narasumber dapat dipahami. Sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan benar sesuai tahapan pemulasaran serta sesuai dengan syariat dan protokol kesehatan.


“Tidak henti-hentinya saya terus menghimbau kepada bapak/ibu semuanya untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan 5 M, agar kita terhindar dari paparan Covid-19 sekaligus sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.(lia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages