68 CPNS Golongan II Pemkab Pringsewu Ikuti Latsar - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 20 September 2021

68 CPNS Golongan II Pemkab Pringsewu Ikuti Latsar


Pringsewu, Harian Koridor.com-Sebanyak 68 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengikuti pelatihan dasar CPNS. Mereka berasal dari angkatan I dan II, dengan masing-masing angkatan berjumlah 34 peserta.


Latsar dibuka oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.Fauzi di Aula Utama Pemkab Pringsewu, Senin (20/09), didampingi Kepala BPSDM Provinsi Lampung yang diwakili Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial Dr.Elip Heldan, Asisten Administrasi Umum Hasan Basri, S.E., M.M. dan Sekretaris BKPSDM Kabupaten Pringsewu Judy Muljana, ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis.


Wakil Bupati Pringsewu mengatakan pelatihan dasar merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap CPNS, agar nantinya dapat menjadi Aparatur Sipil Negara yang penuh kedisiplinan, profesional dan berkompeten, serta mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya secara optimal, serta setia dan taat kepada negara dan pemerintah, bermoral dan bermental baik, dan mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. 


"Ibarat masuk ke dalam rumah, CPNS ini baru berada di teras rumah, belum masuk ke ruang utama di dalam rumah", ujarnya.


Latsar ini, kata wabup, dibiayai oleh negara yang berasal dari uang rakyat. Karena itu haruslah bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini sehingga nantinya dapat lulus dan menjadi PNS 100%. "Jaga kesehatan serta kekompakan selama mengikuti latsar", pesannya.


Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial BPSDM Provinsi Lampung Dr.Elip Heldan mengatakan Kabupaten Pringsewu adalah daerah yang paling beruntung dalam pelaksanaan latsar ini, karena mampu melaksanakannya walaupun di tengah pandemi Covid-19.


Heldan juga menegaskan kegiatan latsar ini bukan formalitas, tetapi merupakan persyaratan agar dapat diangkat menjadi PNS 100%.


 "Kegiatan ini melibatkan tiga lembaga negara, yakni LAN, BKN dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Jadi harus diikuti dengan sungguh-sungguh sesuai aturan yang ada", tegasnya.


Ia juga berpesan kepada seluruh peserta latsar untuk senantiasa disiplin, mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan, menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan, serta membangun kerjasama yang harmonis, baik dengan peserta maupun penyelenggara.


Sementara itu, Sekretaris BKPSDM Kabupaten Pringsewu Judy Muljana dalam laporannya mengatakan latsar CPNS golongan II angkatan I dan II ini dilaksanakan dari tanggal 20 September hingga 25 November 2021 yang dilaksanakan di 2 lokasi, untuk pembelajaran klasikal dilaksanakan di kelas yakni di Hotel Regency Pringsewu, dan pembelajaran non-klasikal di unit kerja masing-masing.


 "Untuk tenaga pengajar berasal dari widyaiswara BPSDM Provinsi Lampung yang telah mengikuti diklat Training of Facilitator, Kepala BPSDM Provinsi Lampung dan BKPSDM Kabupaten Pringsewu serta dari Kodim 0424", katanya.


Untuk materi latsar, tambah Judy, terdiri dari Kurikulum pembentukan karakter PNS, yang terdiri dari agenda sikap perilaku bela negara, agenda nilai-nilai dasar PNS, agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI dan agenda habituasi. "Serta Kurikulum penguatan kompetensi teknik bidang tugas", tambahnya.(za). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages