Pemkab Tanggamus Gelar Doa Bersama Dalam Rangka 3 Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wabup Periode 2018-2021 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Senin, 20 September 2021

Pemkab Tanggamus Gelar Doa Bersama Dalam Rangka 3 Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wabup Periode 2018-2021


Tanggamus,Harian Koridor.com-Pemkab Tanggamus menggelar Doa Bersama Dalam Rangka Tiga Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus Periode 2018-2023, yang ditempatkan di Ruang Rapat Utama Sekretariat Kabupaten Tanggamus, Senin (20/9/2021).


Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Hj. Dewi Handajani, Wakil Bupati Hi. AM. Syafi'i, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Dandim 0424 yang diwakili Pasiter Kapten Inf Adi Hartono, Kapolres Tanggamus yang diwakili Kompol Mulyadi, dan Kasi Pidsus Kejari Wisnu Hamboro.


Kegiatan juga diikuti secara virtual oleh Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis, para Kepala OPD, Camat dan Kepala Pekon se Kabupaten Tanggamus.


Bupati Dewi Handajani dalam sambutannya menyampaikan bahwa tiga tahun yang lalu sebuah amanah besar diberikan kepadanya sebagai Bupati Tanggamus. 


"Sebuah amanah diletakkan di pundak Saya sebagai Bupati Tanggamus. Sebuah amanah yang harus dipertanggungjawabkan dunia akhirat. Hal ini adalah penanda awal perjuangan dalam menghadirkan kebaikan dan kesejahteraan yang diharapkan oleh seluruh warga Tanggamus yaitu maju kabupatennya dan bahagia warganya," kata Bupati.


Bupati mengungkapkan, dalam pelaksanaan roda pemerintahan dan pembangunan selama tiga tahun terakhir ini, tidak menemui kendala yang berarti. Namun dampak Pandemi Covid-19 yang saat ini memasuki tahun kedua, membuat beberapa program dan kegiatan tidak seluruhnya dapat terselesaikan. 


Lanjut Bupati, memasuki tahun keempat pengabdiannya, banyak program yang dilaksanakan merupakan keberlanjutan dari program-program yang direncanakan dan dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. 


"Yang terpenting adalah dimana semua program memang diarahkan kepada program keberpihakan dan manfaat yang besar bagi kepentingan seluruh masyarakat. Apalagi dengan komitmen yang selama ini kita bangun bersama-sama, baik dari seluruh elemen pemerintahan dan segenap masyarakat Kabupaten Tanggamus. Maka kami dapat melaksanakan berbagai program yang ada tersebut dengan baik, sehingga mampu mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan, sesuai dengan visi dan misi pembangunan yang telah kita canangkan," kata Bupati.


Bupati menjelaskan, terdapat beberapa Program 55 Aksi yang telah berhasil dilaksanakan diantaranya:

1) Program 1 Ambulans 1 Pekon : saat ini telah tersedia 247 unit mobil Ambulans Pekon dan 1 Unit Kapal Ambulans Laut yang dapat dioperasikan, sehingga dari 299 Pekon masih tersisa 51 Pekon yang belum memiliki ambulance.

2) Dari 17 Puskesmas Rawat Inap yang ada di Tanggamus, 11 Puskesmas telah memiliki Alat USG, 6 Puskesmas sisanya akan direalisasikan di tahun ini.

3) Pelayanan Home Care Lansia, telah melaksanakan kunjungan kepada 7.770 lansia di Kabupaten Tanggamus.

4) Akte kelahiran sudah dapat diterima di klinik bersalin, Puskesmas Rawat Inap dan RS di Tanggamus.

5) Pelayanan Adminduk dengan mobil e-KTP keliling yang rutin dilaksanakan dan tidak dipungut biaya.

6) Melaksanakan kegiatan Bedah Rumah, dengan target 500 rumah/tahun.

7) Melaksanakan Program Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur’an melalui Lomba Da’i Cilik, MTQ Pelajar dan sebagainya.

8) Setiap tahun memberikan penghargaan kepada 20 orang santri dan santriwati, siswa-siswi berprestasi. Pemberian insentif kepada 1.496 guru TKS, 767 tenaga teknis, 1.229 pendidik PAUD dan 1.727 guru PGHM dengan jumlah dana 13,7 Miliar rupiah.

9) Setiap tahun memberikan Bantuan Operasional dan Insentif Tendik PAUD dan Tenaga Kependidikan kepada 434 Lembaga dengan jumlah mencapai 4,6 Miliar Rupiah. Juga pembangunan Rumah Dinas Guru Daerah Terpencil sebanyak 1 unit. Pemberian beasiswa kepada siswa tidak mampu berprestasi kuliah di Perguruan Tinggi Negeri kepada 20 orang dengan jumlah 52,5 juta Rupiah.

10) Mewujudkan Kabupaten Tanggamus sebagai kabupaten yang agamis. Hal ini ditandai dengan banyaknya tempat ibadah 991 Masjid, 1.159 Musholla, 14 Gereja Katolik, 15 Gereja Protestan, 6 Pura dan 1 Vihara. 

11) Pemberangkatan Umroh kepada 51 orang (tahun 2020-2021 ditunda karena pandemi), pemberian bantuan kepada 224 Masjid dan Musholla, serta pemberian bantuan terhadap 50 Pondok Pasantren.

12) Peningkatan Insentif Guru Ngaji, Bantuan Operasional Penggiat Keagamaan, Bantuan Majelis Taklim dan Organisasi Keagamaan, setiap tahunnya. 

13) Untuk Infrastruktur kesehatan dari tahun ke tahun terus dibenahi dan ditingkatkan, saat ini terdapat 2 rumah sakit, rumah bersalin 2 unit, puskesmas 24 unit (Rawat Inap 17 unit), 62 puskesmas pembantu dan 16 poliklinik serta posyandu plus 672 unit.

14) Insentif dan tunjangan tenaga kesehatan juga terus diberikan. Terdapat 545 orang bidan, 264 orang perawat, 79 orang ahli gizi, 52 orang dokter umum, 14 orang Dokter Spesialis, 3 orang dokter gigi, dan 14 orang tenaga farmasi.

15) Peningkatan dan rehabilitasi infrastruktur menjadi prioritas pembangunan. Namun dimasa pandemi beberapa program sedikit terhambat namun akan kita selesaikan di tahun ini atau tahun depan. 

16) Sampai tahun lalu peningkatan prasarana transportasi, peningkatan jalan dengan capaian 45,78 Km, dan pembangunan jalan poros untuk mendukung aksesilibitas sepanjang 62,42 Km, pembangunan jembatan di 9 lokasi. Telah dilaksanakan pembangunan dan pemeliharaan jaringan irigasi sepanjang 23,46 Km pada 34 daerah Irigasi, dan dibangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di 9 lokasi dengan sasaran 2.200 KK, juga pembangunan sanitasi, pembangunan sarana prasarana sanitasi di 11 lokasi dengan sasaran 2.500 KK.

17) Prestasi dan penghargaan bidang lainnya, diantaranya:

- Dalam 3 tahun masa jabatan telah meraih opini WTP dari BPK berturut-turut selama 3 tahun;

- 4 kali berturut turut Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung. 

- Menyelenggarakan Pilkakon serentak terbesar, dan meraih Piagam Penghargaan dari Kemendagri sebagai Kabupaten yang menyelenggarakan Pilkakon serentak dengan jumlah Pekon terbanyak 220 Pekon, yang dilaksanakan sesuai dengan Protokol Covid-19.

- Meraih penghargaan Kabupaten Cukup Peduli HAM

Tingkat Nasional, selama 3 tahun berturut-turut, dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

- Pada tahun 2020 hanya tersisa 24 Pekon Tertinggal, dari 53 pekon di Tahun 2019.

21) Untuk kondisi Desa Maju dari 24 Desa Maju di tahun 2019, pada tahun 2020 meningkat menjadi 39 Desa/Pekon Maju.

- Meraih Penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2021, dalam Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana.

- Tanggamus telah ditetapkan sebagai Kabupaten Layak Anak pada tahun 2021.

- Meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021.

- Meraih Top Pembina BUMD Award pada tahun 2020 dan 2021.

- Meraih Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Utama yang diraih Pekon Gisting Bawah Tahun 2019 dan Pekon Ngarip di Tahun 2020.

- Meraih Penghargaan Proklim Madya Tahun 2020 yang diraih oleh Pekon Sidokaton, Pekon Simpangkanan, Pekon Wonoharjo dan Pekon Tegalbinangun Kecamatan Sumberejo.

- Meraih penghargaan Kepala Daerah sebagai Pembina Proklim Utama tahun 2019 dan 2020.

- Tanggamus ditetapkan sebagai Kabupaten Literasi.

- Meraih Predikat "B" SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dari Kementerian PAN RB.

- Meraih Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 untuk Kategori Kabupaten Sangat Inovatif.

- Meraih Penanganan Stunting Terbaik ke-2 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2020.

- Meraih Penghargaan Tribun Lampung Award, sebagai Kepala Daerah dan BUMN yang telah membuat Program Pro-Rakyat dalam penanganan Covid-19.

- Terbaik I Penghargaan Pembangunan Daerah Pangripta Saburai, Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2020.

- Penanganan Stunting terbaik ke-2 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2020.


"Keberhasilan dan prestasi ini bukanlah merupakan hasil kerja kami saja, namun merupakan buah keberhasilan dari kerja keras dan kerja nyata dari seluruh komponen warga masyarakat Kabupaten Tanggamus, termasuk rekan-rekan Anggota FORKOPIMDA, para Anggota DPRD, ASN, TNI/Polri, Partai Politik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, pemuda-pemudi dan lain-lain," ucap Bupati.


Bupati juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Tanggamus, Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tanggamus lainnya yang telah bekerja keras bahu-membahu dan selalu berusaha memberikan andil yang sebesar- besarnya bagi kepentingan pembangunan daerah. 


"Saya mengajak kepada kita semua untuk tetap memelihara kebersamaan ini dan bekerja lebih keras lagi kedepan. Demi tercapainya tujuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera."


"Kami optimis dengan kerja keras kita semua, maka seluruh program yang ada akan dapat terlaksana.

Mari berkarya melalui kerja nyata, siap memberikan hasilnya, siap melayani orang lain tanpa harus mengeluh meskipun berpeluh. Semoga Kabupaten Tanggamus dapat menjadi tempat yang nyaman dan bahagia untuk kita huni," pungkas Bupati.


Dalam kegiatan tersebut, Bupati juga menyerahkan santunan secara simbolis kepada sejumlah anak yatim serta menyerahkan bantuan Program Bedah Rumah kepada warga di sekitar komplek Pemkab Tanggamus. (ke). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages