Brigif 4 Mar/BS Bangkitkan Kejayaan Bangsa Pelaut - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Sabtu, 15 Januari 2022

Brigif 4 Mar/BS Bangkitkan Kejayaan Bangsa Pelaut


Pesawaran,Harian Koridor.com-Dalam rangka memperingati Hari Dharma samudera Brigif 4 Marinir/BS melaksanakan upacara di Lapangan Markas komando (Mako) Brigif 4 Marinir/BS Piabung Padang Cermin Pesawaran Lampung. Sabtu 15/01/2022.

Berseragam putih Pakaian Dinas Upacara atau disebut dengan PDU IV dan PDU 1 khas TNI Angkatan Laut, terlihat berbaris rapi penuh khidmat dalam pelaksanaan Upacara tersebut. Upacara seacara terbatas dengan protokol kesehatan dan diikuti seluruh personel Brigif 4 Marinir/BS wilayah Lampung. Bertindak selaku inspektur upacara mewakili Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) Kolonel Marinir harry Indarto Perwira Staf Operasi (Pasops) Brigif 4 Marinir/BS Letkol Marinir James Munthe. 


Hari Dharma Samudera juga memperingati peristiwa pertempuran heroik yang ditunjukkan untuk para pelaut dalam sejarah Angkatan Laut dalam mempertahankan kedaulatan Negara hal tersebut merupakan peristiwa penting dalam sejarah Republik Indonesia.


Salah satunya peristiwa perlawanan gigih Komodor Yos Sudarso beserta Anak Buah Kapal (ABK) RI Macan Tutul di laut Arafuru pada tanggal 15 Januari 1962 yang dilakukan dengan semangat pantang menyerah dalam mempertahankan Irian Barat agar tidak jatuh ke tangan Belanda, tetapi karena kalah persenjataan membuat pertempuran menjadi tidak seimbang  sehingga mengakibatkan tenggelamnya kapal RI Macan tutul dan gugurnya Komodor Yos Sudarso beserta sekitar 25 ABK kapal RI Macan Tutul.


Pasops Brigif 4 Marinir/BS Letkol Marinir James Munthe membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL). Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono.berharap agar setiap peringatan Hari Dharma Samudera dapat memberi tauladan dan mengajarkan makna dari sifat kepahlawanan serta mengispirasi bangsa Indonesia untuk terus membangun dan membangkitkan kembali kejayaan sebagai Bangsa Pelaut.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh Perwira Staf Brigif 4 Marinir/BS, Komandan Satuan Wilayah Lampung.(*). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages