Nunik: Kerjasama dengan Kanwil Kemenkum HAM, Diharapkan Dapat Mewujudkan Kepastian Hukum - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 12 Januari 2022

Nunik: Kerjasama dengan Kanwil Kemenkum HAM, Diharapkan Dapat Mewujudkan Kepastian Hukum


Bandar Lampung,Harian Koridor.com-Wakil Gubernur (Wagub) Lampung, Chusnunia, menghadiri acara Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2022 pada Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Rabu (12/1).


Kegiatan tersebut mengambil tema “Kita Tingkatkan Kinerja Kementerian Hukum dan HAM Semakin Pasti dan Berakhlak mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural”.


Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia bersama Plt. Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung, Kapolda Lampung, Danrem 043/Gatam, Kepala BIN Daerah Lampung, Ketua Pengadilan Tinggi Lampung, Kepala Ombudsman Perwakilan Lampung, dan Kepala BNN Lampung melakukan Penandatanganan Janji Kinerja Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM.


Wagub Lampung, Chusnunia, dalam kesempatan tersebut mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, memberikan apresiasi terselenggaranya acara Deklarasi Janji Kinerja Kementerian Hukum dan HAM yang dipimpin oleh Menteri Hukum dan HAM RI.


Saat ini, kata Wagub, masih banyak persoalan hukum yang ditemukan di masyarakat, terkadang tidak bisa diselesaikan hanya oleh Pemerintah Provinsi Lampung, sehingga, diperlukan koordinasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung (HAM) dalam bidang pelayanan Hukum dan HAM di Provinsi Lampung.


Dengan kerja sama ini, diharapkan dapat mewujudkan kepastian hukum serta meningkatnya budaya sadar hukum sehingga kedepannya dunia usaha dapat berkembang dengan kondusif sebagaimana yang menjadi target pembangunan ke depan, khususnya di Provinsi Lampung.


Wagub Chusnunia, meyakini bahwa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung mampu berperan maksimal dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat khususnya terkait kerja sama, Pembentukan Produk Hukum Daerah, Pembangunan kesadaran hukum masyarakat serta bantuan hukum bagi masyarakat miskin,  Perlindungan dan pengembangan Kekayaan Intelektual, Pemenuhan, Penghormatan, Pemajuan, Perlindungan dan Penegakkan Hak Asasi Manusia.


Dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat di daerah, Pemerintah Provinsi Lampung sudah menjalin kerja sama dengan semua pihak, termasuk dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung.


Apabila Pemerintah Provinsi Lampung menemukan kendala terkait pembentukan produk hukum daerah, pembangunan kesadaran hukum dan pemberian bantuan hukum, perlindungan dan pengembangan kekayaan intelektual, dan isu terkait HAM, maka hal tersebut akan koordinasikan dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung.


Wagub juga berharap kegiatan yang kita laksanakan dapat memberikan manfaat, khususnya bagi para pihak dalam mengembangkan tugas dan fungsi masing-masing demi menciptakan kepastian hukum dan kesejahteran masyarakat luas.


Sementara Plt. Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Iwan Santoso, menjelaskan Janji kinerja Kementerian Kumham telah dideklarasikan dan dipimpin langsung oleh Menteri Hukum & HAM RI pada 6 Januari 2022 dengan tema Kemenkumham Semakin Pasti dan Berakhlak. 


Perjanjian kinerja ini merupakan langkah awal untuk mengambil langkah strategis dengan tujuan agar pelaksanaan pencapaian target kinerja dan perjanjian kinerja yang telah ditetapkan dapat lebih terarah dan tepat sasaran.


Kanwil Kemenkumham berkomitmen untuk membangun SDM unggul dan terpercaya yang menjadikan kata kunci keberhasilan dalam pelaksanaan pelayanan publik. Oleh karena itu, Pembangunan SDM menjadi prioritas strategis untuk segera dilaksanakan.


"Kanwil Kemenkumham Lampung menjadikan hal ini sebagai tantangan untuk segera diwujudkan dalam langkah cepat mengembangkan SDM mengikuti perkembangan Industri 5.0." Tegasnya.


Deklarasi ini merupakan momentum awal yang ingin dibangun sebagai penegakan janji kinerja dan juga bentuk komitmen jajaran Kemenkumham Lampung dalam memberikan pengabdian dan loyalitas tanpa batas dimana seluruh jajaran Kemenkumham Lampung berjanji untuk memberikan yang terbaik bagi negeri.Mengajak mengawali tahun 2022 dengan penuh optimis selalu berpikir positif, berkata positif, dan berperilaku positif supaya hasilnya pun akan positif. (red) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages