Besok Musrenbang Pemkab Lambar Digelar Dalam Rangka Penyusunan RKPD - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 23 Maret 2022

Besok Musrenbang Pemkab Lambar Digelar Dalam Rangka Penyusunan RKPD


Lambar,Harian Koridor.com-Diagendakan besok, Kamis (24/3/2022) Pemerintah Daerah Lampung Barat (Lambar) akan melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023 yang dipusatkan di Gedung Olah Raga (GOR) Aji Saka, Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas Kecamatan Balik Bukit.


Pada pelaksanaan Musrenbang Kabupaten tahun ini, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus akan menerjunkan berbagai macam pelayanan kepada masyarakat. Mulai dari pelayanan Perizinan hingga pelayanan Adminstrasi Kependudukan (Adminduk).


Untuk pelayanan perizinan meliputi pembuatan kartu pencari kerja (kartu kuning), pembuatan surat Izin Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pembuatan surat izin urusan kesehatan (praktek dokter, bidan, perawat dan apoteker).


Kemudian pelayanan Keluarga Berencana (KB), pelayanan vaksinasi covid-19 dan cek golongan darah, pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan ternak serta pelayanan perpustakaan keliling.


Sementara untuk pelayanan Adminduk ini sendiri meliputi perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), penerbitan Kartu Keluarga (KK), penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), penerbitan akta kelahiran, akta kematian dan akta perkawinan.


Tidak hanya pelayanan gratis, pelaksanan Musrenbang Kabupaten ini akan didukung pula dengan adanya pameran produk unggulan Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Kelompok Wanita Tani (KWT), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat.


Musrenbang Kabupaten ini merupakan tindak lanjut dari Musrenbang yang telah dilaksanakan mulai dari tingkat dusun, pekon (desa) dan kecamatan dalam penjaringan aspirasi masyarakat mengenai pembangunan di Kabupaten Lampung Barat.


Sebelumnya memang, berbagai macam pelayanan yang diboyong Parosil pada Musrenbang Kabupaten ini serupa dengan pelaksanaan Musrenbang di tingkat kecamatan yang dimulai sejak tanggal 3 – 26 Februari kemarin dan meliputi 15 kecamatan, yaitu adanya berbagai macam pelayanan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam mewujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera.


Selaku kepala daerah, Parosil menyatakan, Musrenbang adalah tempat penjaringan aspirasi masyarakat terkait pembangunan dengan menggunakan skala prioritas.


“Dalam Musrenbang Kabupaten ini kita membicarakan pembangunan menggunakan skala prioritas yang kemudian akan dilanjutkan Musrenbang di tingkat Provinsi kemudian dilanjutkan lagi di tingkat Nasional” ucap Parosil.


Dari sekian banyak pelayanan yang akan mendukung berjalannya Musrenbang Kabupaten ini dilakukan secara gratis tanpa pungutan biaya apapun. Hal itu ditujukan untuk mempermudah dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.


Penyelenggaraan pelayanan bagi masyarakat yang dilakukan secara gratis ini merupakan salah satu implementasi dari pitu program poin keenam yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat, di bawah kepemimpinan Bupati Parosil dan Wakil Bupati Mad Hasnurin (PM), yaitu “Masyarakat Berdaya Saing dan Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik”.(rls/lia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages