Metro Turun Ke PPKM Level 2, Pemkot Metro Gelar Rapat Evaluasi Pengoptimalan KTN - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 16 Maret 2022

Metro Turun Ke PPKM Level 2, Pemkot Metro Gelar Rapat Evaluasi Pengoptimalan KTN


Metro,Harian Koridor.com-Walikota Metro bersama Wakil Walikota Metro, Kapolres Kota Metro, Sekda Kota Metro, pimpin Rapat Evaluasi Pengoptimalan Kelurahan Tangguh Nusantara dalam Rangka Pengendalian Covid-19 Tingkat Kelurahan di Kota Metro yang berlangsung di Rumah Dinas Walikota Metro, Selasa (15/03/2022).


Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang telah berlangsung selama beberapa minggu belakangan mulai menunjukkan hasil positif. Berdasarkan evaluasi yang dilaksanakan oleh pemerintah, Kota Metro berhasil menurunkan level PPKM yang sebelumnya berada di level 3 menjadi level 2.


Walikota Metro Wahdi meminta kepada seluruh peserta yang hadir untuk dapat memperhatikan secara menyeluruh terkait tata kelola Covid-19 dalam menuntaskan masa pandemi secara bersama-sama.


“Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri No.7 Tahun 2022 kita berada pada level 2, ditentukan dari seberapa jauh pemerintah daerah melakukan respon dan upaya-upaya ditambah dengan pencapaian-pencapaian vaksin,” ujarnya.



Wahdi menuturkan Kota Metro dalam pencapaian vaksin yang tinggi tidak luput dari kerjasama semua pihak, tanpa adanya kolaborasi yang baik maka tidak akan berhasil.


“Bagaimana upaya kita dalam menyehatkan dengan memberikan pemahaman pola hidup sehat dalam beraktifitas maupun melakukan kegiatan,” paparnya.


Wahdi juga menjelaskan untuk pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan kapasitas 100 persen sudah dapat diberlakukan di sejumlah Kota Metro berdasarkan SKB.


Kepala Dinas Kesehatan Erla Andrianti melaporkan, tercapainya Kota Metro masuk pada level 2 karena adanya penilaian dari pusat tentang jumlah pasien yang dirawat, Testing, Tracing, Treatment, vaksinasi dokter dan vaksinasi lansia yang dilihat dan dinilai dari dashboard Kementerian Kesehatan yang dilaporkan mengunakan aplikasi.


“Total pasien Covid-19 saat ini di Kota Metro dari Januari sampai tanggal 14 Maret 2022 berjumlah 581 kasus, angka kematian di Kota Metro ada 15 kasus, untuk referensinya Kota Metro 0,3% dan tingkat kematian 2,4%,” terangnya.


Erla menuturkan, kasus harian tertinggi ada di bulan Februari sampai awal bulan Maret dan dalam satu minggu ini kasus Covid-19 di Kota Metro terus menurun.


“Vaksinisai Kota Metro dosis telah mencapai 144% dari jumlah penduduk, dan untuk dosis kedua sudah mencapai 109% dan dosis ketiga 5,6%,” ungkapnya


Untuk Treatment Covid-19 di Kota Metro masih ada sebanyak 215 tempat tidur yang berada di empat rumah sakit.


Erla juga menjelaskan kasus konfirmasi berdasarkan kelurahan yang tertinggi ada 3 (tiga) kelurahan yaitu Kelurahan Metro, Kelurahan Iringmulyo, dan Kelurahan Ganjar Asri, sementara itu 3 (tiga) tingkatan terendah berada di Kelurahan Tejosari, Kelurahan Margodadi dan Kelurahan Sumbersari Bantul. (Kf/husni) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages