Pemkab Lamsel Optimis Raih Juara Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 21 April 2022

Pemkab Lamsel Optimis Raih Juara Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung


Lamsel, Harian Koridor.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan optimis dapat meraih gelar juara pada ajang Lomba Desa tingkat Provinsi, yang akan berlangsung pada pada akhir bulan Mei 2022 mendatang.


Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengungkapkan, untuk mencapai target itu pihaknya bersama jajaran terkait, terus berupaya dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat desa Srikaton. Dengan demikian, diharapkan desa Srikaton akan mampu bersaing dengan desa lain pada ajang lomba tingkat Provinsi tersebut.


Melalui sistem kebersamaan dan gotong royong yang selama ini selalu menjadi ciri khas Pemerintah Daerah dalam membangun Lampung Selatan, dirinya yakin Desa Srikaton akan masuk dalam 3 besar pada ajang Lomba Desa tingkat Provinsi Lampung mendatang.



“Kalau ini kita lakukan bersama dan gotong royong, insyaallah. Harus ditingkatkan lagi bagaimana kepentingan dan tanggungjawab kita untuk membangun Lampung Selatan. Pada pembinaan lomba desa ini, dengan hadirnya kita, ada kemajuan di desa ini,” ujar Nanang pada Pembinaan Lomba Desa yang berlangsung di Desa Srikaton, Kecamatan Tanjung Bintang, Kamis (21/4/2022).


Menurut Nanang, dengan menerapkan sistem kebersamaan dan gotong royong akan lebih memudahkan Lampung Selatan, dalam mencapai target-target pembangunan yang nantinya akan berdampak terhadap kemajuan dan perkembangan desa maupun daerah.


“Capaian ini, target ini, ini karya kita semua, hasil kebersamaan dan gotong royong kita. Kita satukan pemikiran untuk memajukan Kabupaten Lampung Selatan. Saya tidak mampu kalau sendirian, jadi saya minta kita terus bersama-sama membangun daerah,” katanya lebih lanjut.


Nanang meminta agar tim lomba desa tidak patah semangat dan terus bekerjasama dalam mempersiapkan hal-hal yang menjadi poin utama pada penilaian lomba desa tingkat Provinsi Lampung mendatang.



“Saya tidak mau di hari H baru sibuk, karena kerjaannya main diujung, saya maklumi ini puasa dan menghadapi hari lebaran. Koordinasi, komunikasi dan kerjasama, ini kesuksesan untuk kita semua. Alhamdulillah ini capaiannya sudah bagus, cara koordinasi sudah bagus, gotong royongnya sudah bagus. Nah ini terus lakukan,” ungkap Nanang.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lampung Selatan Erdiansyah mengungkapkan, kesiapan desa Srikaton untuk mewakili Lampung Selatan dalam lomba desa tingkat Provinsi Lampung telah mencapai 60 persen.


“Kita 11 kali pembinaan sampai dengan sebelum lebaran, setelah lebaran bulan Mei kita masuk tanggal 9, nah tanggal 10 sampai dengan akhir Mei masih kurang lebih 10 kali lagi pembinaan. Jadi kita kurang lebih ada 20 kali pembinaan desa, sampai dengan pertengahan ini kita telah mencapai 60 persen,” ungkapnya.


Erdiansyah lebih lanjut mengungkapkan, sesuai dengan tema lomba desa tahun 2022 yakni, Desa Tangguh Ekonomi Masyarakat Tumbuh, Pemkab Lampung Selatan akan lebih menekankan pada ketangguhan desa dalam menghadapi berbagai permasalahan yang muncul akibat pandemi COVID-19. Mulai dari sektor kesehatan, ekonomi maupun sosial.


“Kita akan tetap menonjolkan protokol kesehatan, termasuk rumah isolasi dan peduli lindungi. Kemudian, smart village kita juga sudah progress pak Bupati. Selanjutnya, smart farming, literasi digital, kemudian kita juga smart learning dan smart CCTV. Jadi, desa ini sudah mengarah pada desa digital,” kata Erdiansyah dalam laporannya.(kf/nus)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages