Parosil Lantik Peratin Terpilih Di Dua Kecamatan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 16 Mei 2022

Parosil Lantik Peratin Terpilih Di Dua Kecamatan


Lambar,Harian Koridor.com-Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus melantik Peratin terpilih di dua (2) Kecamatan, yakni Kecamatan Air Hitam dan Kecamatan Gedung Surian.

Pelantikan Peratin di Kecamatan Air Hitam dipusatkan di Pekon Sri Menanti.

Sementara untuk pelantikan Peratin di Kecamatan Gedung Surian dipusatkan di Pekon Mekar Jaya. Minggu (15/05/2022).



Pelantikan Peratin tersebut merupakan hasil dari pemilihan peratin serentak gelombang pertama yang diikuti 60 Pekon (Desa) yang ada di Kabupaten Lampung Barat dan telah dilaksanakan pada 23 Februari 2022 yang lalu. Pelantikan Peratin terpilih tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lampung Barat Nomor: B/227/KPTS/III.13/2022 Tanggal 20 April 2022.



Peratin terpilih di Kecamatan Air Hitam  berjumlah tiga (3) orang yakni : 

1. Anggi Ismanto sebagai Peratin Pekon Sri Menanti

2. Damsiri Ahmad Sebagai Peratin Semarang Jaya 

3. Husain Sebagai Peratin Sumber Alam


Sedangkan Untuk Peratin terpilih di Gedung Surian berjumlah 3 orang yakni :

1. Anderi sebagai Peratin Pekon Pura Mekar. 

2. Sunayah sebagai Peratin Pekon Cipta Waras.

3. Dede Suherli sebagai Peratin Pekon Mekar Jaya.


Prosesi Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan para peratin terpilih yang dipimpin langsung Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.


Selain itu dalam prosesi pelantikan tersebut dilakukan juga penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati Parosil berupa dua (2) unit mesin potong rumput untuk kelompok tani Pekon setempat di Kecamatan Air Hitam.Tiga (3) unit mesin potong rumput  dan satu (1) unit alat pengering kopi kepada kelompok tani untuk Pekon setempat di Kecamatan Gedung Surian.


Dimana penyerahan Lima (5) mesin potong rumput tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat. Sedangkan satu (1) unit alat pengering kopi dari Kementerian Pertanian Dirjen Perkebunan Tahun 2022. 


Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus. menyampaikan selamat kepada Peratin terpilih, sekarang ini pundak saudara dipikul harapan besar oleh seluruh lapisan masyarakat dalam memajukan pekon,".


Pemilihan Peratin ini merupakan amanat Undang Undang yang diatur secara konstitusi untuk jabatan Peratin terpilih selama enam (6) tahun.


"Kami percaya, bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada saudara-saudara,".

 

Selain mengayomi, melindungi dan mempersatukan kembali masyarakatnya,  tugas seorang pemimpin adalah harus dapat menciptakan suasana keamanan, ketertiban, kesejahteraan, keharmonisan, kedamaian dan ketenangan bagi masyarakat," ini sudah menjadi tanggung jawab dari seorang pemimpin atau Peratin,".



Kemudian, Parosil berpesan kepada seluruh Peratin terpilih terkhusus Peratin yang baru menjabat agar tetap berkoordinasi dengan Peratin sebelumnya dalam memajukan Pekon.

 

 "Jadikan Peratin sebelumnya sebagai gurumu, sahabatmu, Keluargamu, agar suatu saat nanti saudara dapat meminta masukan dan saran dalam memajukan Pekon," tutupnya.



Pada kesempatan yang sama Nursiyam mewakili tokoh masyarakat kecamatan Air Hitam mengatakan bahwa ia menaruh harapan besar kepada Peratin terpilih agar amanah dalam mengemban tugas.(lia) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages