Dewi Hadiri Malam Puncak Peringatan HANI dan Pencanangan Desa Bersinar Tanggamus - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 30 Juni 2022

Dewi Hadiri Malam Puncak Peringatan HANI dan Pencanangan Desa Bersinar Tanggamus


Gisting,Harian Koridor.com-Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE. MM Menghadiri Malam Puncak Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) dan Pencanangan Desa Bersinar Kabupaten Tanggamus Tahun 2022 Yang di pusatkan di Rest Area Gisting Pada hari Rabu tanggal (29/6/2022) sekira pukul 19.30 WIB.


Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tanggamus Hi. A. M. Syafi'i, S. Ag Kepala BNN Tanggamus AKBP Abdul Haris Winsulangi, S.Sos.,M.H.,Ketua DPRD Kab. Tanggamus  Heri Agus Setiawan, S.Sos., Kajari Kab. Tanggamus Yunardi, SH.,M.H, Pasi Intel Mewakil Dandim 0424 Tanggamus Letda Inf Masirun, Kabaglog Mewakil Kapolres Tanggamus  Kompol Misbahudin, Ketua PN Kota agung Ari Qurniawan, SH.,MH, Para Kepala OPD, Camat, Perwakilan Kepala Pekon di Kabupaten Tanggamus dan para tamu undangan. 


Dalam Sambutannya Kepala BNN Tanggamus AKBP Abdul Haris Winsulangi, S.Sos.,M.H., menyampaikan Menghadapi permasalahan narkoba, perlu dilakukan upaya penanggulangan narkoba secara holistik, baik dari seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat, agar terus aktif bergerak menghadapi pergerakan ancaman narkotika.


BNN hadir melayani masyarakat dengan pendekatan Hard Power, pemberantasan Soft Power, pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi, serta smart power, dengan pengembangan berbasis IT".


Pada Tanggal 26 Juni selalu diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Kegiatan HANI ini dilakukan setiap tahun, sebagai bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dalam peredaran gelap narkotika.


Dalam hal ini Kabupaten Tanggamus melalui program desa bersinar (bersih narkoba) sebanyak 3 (tiga) desa/pekon  yaitu Pekon Kandang Besi Kec. Kota Agung Barat, Pekon Kutadalom Kec. Gisting dan Pekon Gunung Tiga Kec. Pugung yang telah diputuskan oleh Bupati Tanggamus, Pencanangan ini sebagai inisiatif BNN Kabupaten Tanggamus dalam rangkaian peringatan HANI Tahun 2022.


Kondisi krisis terkait penyalahgunaan narkoba yang terjadi di indonesia secara umum dan khususnya di Kab. Tanggamus dibarengi dengan adanya krisis kesehatan dan kemanusiaan global yaitu pandemi covid-19. Hal ini merupakan tantangan yang memerlukan perhatian, kerja sama dan penyelesaian yang gesit dan cepat sejalan dengan tema hari anti narkotika nasional yaitu "Kerja Cepat Kerja Hebat Berantas Narkoba di Indonesia".


BNN Kab. Tanggamus telah banyak melakukan pertemuan, memberikan penyuluhan, menjalin kerjasama baik dengan para pejabat pemerintah di Kabupaten Tanggamus maupun pejabat vertikal yang ada, bahkan sampai ke organisasi non pemerintahan dan beberapa elemen masyarakat masyarakat lainnya untuk melakukan dan


meningkatkan pencegahan, meningkatkan daya tangkal masyarakat khususnya generasi muda terhadap bahaya narkoba melalui kegiatan penyebarluasan informasi, edukasi dan advokasi, termasuk memberikan layanan rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba baik rehabilitasi medis maupun sosial.


Sedangkan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.,M.M. dalam sambutannya menyampaikan Saya mengajak seluruh komponen masyarakat dan generasi muda untuk bekerjasama lebih keras lagi dalam memberantas bahaya narkoba sampai tuntas.


Bupati menegaskan bahwa pemberantasan narkoba salah satunya dengan membangun sinergitas antara penegak hukum agar penegakan hukum mempunyai dampak yang signifikan dan pemberian sanksi hukum yang keras namun tetap menjunjung tinggi asas keadilan. Selain itu upaya tersebut mesti melibatkan peran serta masyarakat mulai dari tingkat RT RW Kelurahan/Pekon untuk menjaga lingkungan masing-masing agar bisa terbebas dan terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba.


Bupati juga  menyampaikan bahwa generasi muda merupakan penggerak pembangunan dalam mewujudkan Indonesia yang sejahtera harus dilibatkan sebagai penggiat dalam mengkampanyekan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di masyarakat. Sebab, generasi muda dalam kesehariannya selalu menggunakan teknologi untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut generasi muda akan sangat mudah untuk menyebarluaskan informasi mengenai upaya penanggulangan permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di masyarakat.


Untuk menghadapi tantangan ancaman kejahatan narkotika dengan modus operasi yang kian beragam dibutuhkan komitmen semangat, dan tekad yang kuat dalam mengatasi permasalahan yang tanpa batas, memerangi narkoba sampai tuntas menjadi prioritas pemerintah bersama dengan masyarakat marilah berjuang bersama, bekerja sekuat tenaga, menjadikan Kabupaten Tanggamus dan negara kita bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, karena jika masyarakat sehat maka negara akan kuat.


Dalam kesempatan itu pula Dalam kegiatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Kabupaten Tanggamus, BNN Kab. Tanggamus bekerjasama dengan pemerintah daerah mencanangkan program desa bersinar (bersih narkoba) sebanyak 3 (tiga) desa/pekon  yaitu Pekon Kandang Besi Kec. Kota Agung Barat, Pekon Kutadalom Kec. Gisting dan Pekon Gunung Tiga Kec. Pugung.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages