Polres Tanggamus Gelar Operasi Patuh Krakatau 2022 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 13 Juni 2022

Polres Tanggamus Gelar Operasi Patuh Krakatau 2022


Tanggamus, Harian Koridor.com-Tandai resminya operasi kepolisian dengan sandi Operasi Patuh Krakatau 2022, Polres Tanggamus melaksanakan gelar pasukan di Halaman Mapolres, Senin (13/5/2022). 


Apel gelar pasukan dipimpin Wakapolres Tanggamus Kompol Muhammad Ali Muhaidori, S.I.K mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.IK. 


Dalam kesempatan itu, Wakpolres Tanggamus juga melakukan pemeriksaan pasukan dilanjutkan dengan menyematkan tanda pita operasi kepada perwakilan anggota TNI, Polri dan Dishub. 


Wakapolres Kompol Muhammad Ali Muhaidori mengatakan, apel gelar pasukan dilaksanakan, menandakan dimulainya Operasi Patuh Krakatau 2022 dengan tema "Tertib Berlalu Lintas Menyelematkan Anak Bangsa". 


Cara bertindak dilaksanakan edukatif, persuasif serta meningkatkan simpatik masyarakat terhadap Polri khususnya Polantas. 


"Operasi tersebut dilaksanakan selama 14 hari dimulai pada tanggal 13 Juni sampai tanggal 26 Juni 2022," kata Wakapolres membacaka amanat Kapolda Lampung, Irjen Pol. Drs. Hendro Sugianto M.M. 


Wakapolres menjelaskan, tujuan digelarnya Operasi Patuh 2022 bertujuan untuk menekan angka Pelanggaran dan fatalitas kecelakaan lalulintas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta kesadaran masyarakat untuk taat protokol kesehatan Covid-19 di massa pandemi saat ini. 


Karenanya, pihaknya akan mengedepankan tindakan preventif dan penegakan hukum secara selektif prioritas dengan tilang atau penindakan teguran terhadap delapan sasaran prioritas operasi, yakni : 


1. Berkendara sambil menggunakan ponsel, 

2. Pengemudi ranmor masih dibawah umur, 

3. Pengemudi sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu,

4. Pengendara atau pengemudi ranmor yang tidak menggunakan helm SNI dan Safety Belt.

5. Pengemudi ranmor dalam pengaruh alkohol, 

6. Pengemudi ranmor melawan arus,

7. Pengemudi ranmor yang melebihi batas kecepatan atau balap liar.

8. Sepeda motor menggunakan kenalpot bising. 


Wakapolres berharap, dengan digelarnya operasi ini bisa meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, turunnya angka pelanggaran dan fatalitas kecelakaan. 


Sementara itu, Kasat Lantas AKP Amsar, S.Sos mengungkapkan gelar pasukan dalam rangka operasi patuh Krakatau 2022 secara serentak di Polres jajaran Polda Lampung. 


"Pelaksanaan apel gelar pasukan kali ini, kita mengundang beberapa instansi mulai dari TNI, Dinas Perhubungan Tanggamus, dan Satpol PP Tanggamus," ungkapnya. 


Kasat menjelaskan, dalam Operasi Patuh Krakatau 2022, kali ini melibatkan 49 personel yang terdiri dari beberapa fungsi, yakni Reskrim, propos, dan fungsi lainnya sebagai pedukung kegiatan operasi ini. 


"Dalam pelaksanaan kegiatan operasi ini, kita melaksanakan kegiatan selama 14 hari ke depan, mulai 13 - 26 Juni 2022," jelasnya. 


Lanjutnya, dalam kegiatan operasi, pihaknya mengedepankan kegiatan preventif, pre-emtif, dan humanis. Penindakan-penindakan  pelanggaran kali ini fokus pada kegiatan penindakan pelanggaran dengan elektronik tilang (e-tilang), yaitu adanya di wilayah Polda Lampung yaitu Direktorat Lalu Lintas dan wilayah Polresta Bandar Lampung. 


"Untuk wilayah jajaran Polres Tanggamus, kita melaksanakan kegiatan dengan mengedepankan teguran dan imbauan-imbauan kepada masyarakat agar masyarakat bisa patuh dan taat dengan peraturan yang ada, mungkin tingkat pelanggaran menurun, tingkat lakalantas juga menurun, dan tingkat korban fatalitas kecelakaan juga diupayakan menurun," tutupnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages