Pembukaan Kharisma Event Nusantara Festival Sekala Bekhak VIII - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 11 Juli 2022

Pembukaan Kharisma Event Nusantara Festival Sekala Bekhak VIII


Lambar,Harian Koridor.com-Festival Sekala Bekhak VIII ini merupakan persembahan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Lampung Barat. Waktu & tempat pelaksanaan Minggu (10/7/2022) malam, di Lapangan Merdeka Kota Liwa, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat.



Dihadiri Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lampung Barat Gurti Komarawati, Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Lampung Barat Dewi Adi Utama, Anggota DPRD Lampung Barat, Perwakilan Polres Lampung Barat, Perwakilan Kodim 0422/LB, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Barat, Assisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Darah Lampung Barat, Camat, Lurah/Peratin, Masyarakat Lampung Barat


 

Festival Sekala Bekhak ini merupakan ajang tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat yang bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisi dan adat istiadat yang asli di Bumi Sekala Bekhak Lampung Barat.


Hal ini ditujukan untuk memberi dampak peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah Lampung Barat yang tentunya akan berpengaruh besar terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat.


"Festival Sekala Bekhak (FSB) VIII berlangsung selama tiga hari, mulai dari 10 hingga 13 Juli 2022."


Acara yang berlangsung selama tiga hari ini dimeriahkan dengan rangakaian Pesta budaya sekura cakak buah,  festival nyambai, penampilan orkes gambus tradisional,  lomba foto dan video pariwisata dan budaya,  bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Ekonomi Kreatif, fashion show etnik Sekala bekhak dan karnaval kemilau budaya bumi sekala bekhak.


Kehadiran Bupati Parosil dan Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin (PM) di tempat acara pembukaan FSB VIII sekira pukul 20:20 WIB disambut antusias ribuan masyarakat Lampung Barat.


Kharisma event nasional Festival Sekala Bekhak VIII mengusung tema "The Mask of Nation", dibuka langsung oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil mabsus ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Parosil dan didampingi Wakil Bupati Drs. Mas Hasnurin, Ketua TP-PKK Partinia Parosil Mabsus, Ketua GOW Gurti Komarawati, Ketua DWP Dewi Adi Utama Pj. Sekda Drs. Adi Utama dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Drs. Nukman.



Diketahui, Festival Sekala Bekhak di tahun 2021 menjadi satu-satu event yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (Calender Event Nasional) mewakili Provinsi Lampung.Kemudian di tahun 2022 ini, Festival Sekala Bekhak kembali masuk ke dalam 110 event nasional Kharisma Event Nusantara (KEN) yang diluncurkan Kemenparekraf.




Dalam Sambuatannya Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus menjelaskan Kegiatan ini sempat terhenti dua tahun (2020-2021), dan malam hari ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki keinginan yang sama dengan pemerintah yaitu untuk silaturahmi dan membangkitkan ekonomi dengan melakukan promosi budaya yang ada di Lampung Barat karena budaya di Lampung Barat sangat apik, cantik dan indah.


Saya memberi apresiasi kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.


Harapannya mudah-mudahan kegiatan ini sesuai dengan salah satu dari pitu program Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yaitu menjadikan kota Liwa sebagai kota budaya, dan itu merupakan wujud nyata komitmen Pemkab Lampung Barat untuk mengangkat harkat, derajat dan martabat budaya yang ada di Lampung Barat.


Lestarinya budaya di Lampung Barat bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab kita semua seluruh lapisan maayarakat.Budaya yang terawat maka akan menarik minat wisatawan, maka dari itu mari kita lestarikan budaya yang ada.Jika kabupaten menjadi tujuan wisata pasti ekonomi akan maju dengan sendirinya.


Dengan adanya festival ini harapannya akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat serta menanamkan kecintaan bahwa budaya harus di lestarikan.Mari kita semua dapat membentuk kepribadian dalam kebudayaan, hal ini merupakan kecintaan terhadap budaya dan ini berguna untuk merekatkan anak bangsa.


Mari kita sukseskan acara ini karena ini merupakan tanggung jawab seluruh lapisan baik pemerintah dan masyarakat.tutupnya.(lia) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages