Meriahkan HUT Ke 31, Bupati dan Wabup Lambar Ikuti Berbagai Perlombaan Tradisional - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Sabtu, 24 September 2022

Meriahkan HUT Ke 31, Bupati dan Wabup Lambar Ikuti Berbagai Perlombaan Tradisional


Lambar,Harian Koridor.com-Dalam Rangka memeriahkan HUT Lambar Ke-31 Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus di dampingi Wakilnya Drs. Mad Hasnurin membuka sekaligus mengikuti berbagai perlombaan tradisional, di halaman kantor bupati setdakab, Sabtu (24/9/2022). 

Pada kesempatan itu pakcik sapaan akrabnya bagi Bupati Lampung Barat tersebut mengawali perlobaan tradisional dengan mengikuti olahraga paku sukha, dengan melawan tim  dari Forkopimda Lampung Barat. 


Meski permainan tersebut cukup menguras tenaga pasalnya bertanding di bawah trik matahari yang cukup panas, namun Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin tampak begitu antusias dan semangat dalam mengikuti perlombaan. 


Usai mengikuti olahraga tradisional paku sukha, bupati lampung barat dan wakilnya mengikuti perlobaan cukut undom, yang merupakan olahraga tradisional Lampung. 


Menurut Parosil olahraga tradisonal seperti ini mesti dipertahankan, sebagai bentuk upaya melestarikan warisan dari nenek moyang dahulu. 


"Karena permainan-permainan seperti ini sudah mulai jarang diketahui anak-anak zaman sekarang, kita sebagai pemerintah kabupaten lampung barat, sebagai orang tua berkewajiban untuk memberi pengetahuan kepada putra-putri kita," Sebutnya. 


Selain itu lomba tradisional ini juga diadakan dalam rangka untuk mengangkat kembali tradisi permainan asli masyarakat Lambar agar tetap terjaga dan lestari.


Selanjutnya, Pakcik mengatakan bahwa kegiatan perlombaan tradisional yang dilakukan oleh semua unsur perangkat daerah merupakan bentuk kebersamaan dan silaturahmi menuju lampung barat hebat. 


Sementara Plt. Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Burlianto eka putra yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Cekden Hamdan S. Sos mengungkapkan tujuan dilakukan perlobaan olahraga tradisional tersebut salah satunya untuk melestarikan permainan tradisonal khas lampung yang selama ini sudah mulai jarang peminatnya. 


"Dengan adanya perlobaan olahraga tradisional dalam rangka HUT lambar ke-31 ini, saya berharap permainan tradisional yang ada di lampung dapat lebih dikenal masyarakat luar daerah," Sebutnya. 


"Karena ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat lampung khusunya lampung barat memiliki olahraga yang indah dan unik," Tutupnya. 


Kegiatan perlobaan tersebut turut di saksikan Sekretaris Daerah Drs. Nukman M.M, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan para penonton yang hadir di kesempatan itu.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages