Polres Tanggamus Didukung Instansi Terkait Siap Gelar Operasi Lilin Krakatau 2022 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Jumat, 23 Desember 2022

Polres Tanggamus Didukung Instansi Terkait Siap Gelar Operasi Lilin Krakatau 2022


Tanggamus, Harian Koridor.com-Polres Tanggamus Polda Lampung memastikan telah siap melaksanakan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di wilayah hukumnya dengan didukung sejumlah instansi terkait.


Hal itu diketahui, setelah dilaksanakannya apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Wakapolres Tanggamus Kompol Muhammad Ali Muhaidori, S.I.K., mewakili Kapolres AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K., M.K.P., Kamis 22 Desember 2022.


Apel gelar pasukan itu juga dihadiri Wakil Bupati Hi. A.M Safii, Dandim 0424/TGM Letkol Arm Micha Arruan, Kajari Yunardi, para asisten, pejabat utama Polres dan Kapolsek jajaran.


Sementara itu, kekuatan personel apel dikomandani Iptu Sukarjo, meliputi gabungan anggota TNI, Polri, BPBD dan Basarnas, Satpol PP, Dishub, Dinkes, RAPI dan Senkom.


Dalam kesempatan itu, Wakapolres Kompol Muhammad Ali Muhaidori juga melakukan pemeriksaan pasukan juga  kendaraan operasional pendukung dilanjutkan menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan TNI, Polri dan Dishub.


Wakapolres Kompol Muhammad Ali Muhaidori mengungkapkan, Operasi Lilin Krakatau Tahun 2022 ini dilaksanakan selama 11 hari yang dimulai dari tanggal 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023.


“apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana, 

Dengan harapan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi sehingga perayaan Natal 2022 dan Tahun baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif,” kata Kompol Muhammad Ali Muhaidori saat membacakan amanat Kapolri.


Ia melanjutkan, momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia disetiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat,


“Oleh sebab itu Polri telah menyiapkan 166.322 Personil gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan,” ujarnya.


Untuk itu, ia berpesan, kepada seluruh personil agar pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan, dengan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, professional dan memahami tugas maupun fungsinya masing-masing sesuai rencana operasi.


“Hal itu juta tentunya dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini, tanamkan niat dalam diri apa yang kita lakukan merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara,” tandasnya.


Sementara itu, Kabag Ops Polres Tanggamus AKP Sarwani, S.E., M.M usai kegiatan menjelaskan bahwa Polres Tanggamus menerjunkan 130

personel yang nantinya akan bergabung bersama TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes dan relawan baik RAPI maupun Senkom.


“Selain gabungan personel tersebut, Polres Tanggamus juga memiliki perkuatan yang stanby yakni BPBD dan Basarnas apabila terjadi sesuatu hal baik bencana maupun kejadian lain. Serta PUPR yang mempersiapkan alat berat jika terjadi bencana,” jelasnya.


Sambungnya, untuk mendukung Operasi Lilin Krakatau 2022, Polres Tanggamus menyiapkan 2 pos yakni pos pelayanan di gisting dan pos pengamanan yang berada di pekon kota agung.


“Untuk pos, kami siapkan dua tempat yakni pos pelayanan di rest area gisting dan pos pengamanan berada di pekon terbaya yang dekat dengan pantai terbaya,” ujarnya.


Ditambahkannya, terkait lokasi-lokasi kemacetan yang telah dipetakan berada di jalan raya pasar gisting dan pasar kota agung, lalu rawan kriminalitas berada di wilayah wonosobo hingga semaka. Sehingga pihaknya telah mempersiapkan personel guna mengantisipasinya.


“Untuk antisipasi kemacetan dan gangguan Kamtibmas, telah disiapkan personel sebagai antisipasi hal tersebut,” imbuhnya.


Kesempatan itu, Kabag Ops mengimbau masyarakat untuk tidak berlebihan dalam melaksanakan pergantian tahun 2023.


“Kami imbau masyarakat agat tidak telalu eforia dalam menyambut tahun baru,“ tandasnya. 


Ditempat sama, Kapten Inf. Julian Abri mewakili Dandim, mengaku akan semaksimal mungkin membantu pengamanan Operasi Lilin Krakatau 2022 di wilayah Tanggamus.


“Kami siap mendukung dan personel juga telah disiapkan sehingga natal dan tahun baru berlangsung aman dan kondusif,” tegasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages