Ketua PKK Tanggamus Lakukan Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 21 Oktober 2020

Ketua PKK Tanggamus Lakukan Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan



Tanggamus,Harian Koridor.com-
Dalam rangka  Pemanfaatan pekarangan sebagai sumber Pangan Keluarga jajaran Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus yang diketuai Hj. Sri Nilawati Syafii melakukan sosialisasi pemanfaatan pekarangan hatinya PKK  serta pembangian Bibit Jeruk Shogun dan Bibit Pohon Kelor  Bagi Kader PKK Kecamatan dan Pekon se-Kabupaten Tanggamus di aula PKK setempat, Rabu (21/10).


Hadir dalam kesempaten tersebut Bupati selaku Ketua Pembina PKK Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE., MM., Wakil Ketua TP PKK Tanggamus Ny. Nuraini Hamid Lubis, Para Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua Kader Pokja III Kecamatan, Kepala Pekon Unggulan dan Ketua PKK  Pekon Se-Kabupaten Tanggamus.


Selaku ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus Sri Nilawati menyampaikan menyambut baik atas diselenggarakannya pembagian 1500 Bibit Jeruk Shogun dan 3000 bibit pohon kelor, dengan rincian tim penggerak pkk kecamatan mendapatkan 25 bibit pohon jeruk dan 50 bibit pohon kelor, sedangkan tiap pekon unggulan mendapatkan 25 bibit pohon jeruk dan dan 50 bibit pohon kelor.


Dimana hal yang mendasari kegiatan tersebut seringkali dilihat bahwa masih banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan lahan pekarangan seadanya  padahal jika dioptimalkan dapat ditanami berbagai macam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga,"Katanya.


 “Saya berharap agar segenap tim penggerak pkk kecamatan, pekon, kader dan segenap masyarakat bersinergi mewujudkan ketersediaan pangan yang beragam dan bergizi bagi keluarga, bantuan bibit ini hanyalah sebagai umpan yang dapat diikuti dengan penanaman berbagai bibit tanaman lokal yang beraneka ragam harapnya


PKK sengaja mengundang kepala Pekon yang diunggulkan di kecamatan, dimana 1 kecamatan 2 pekon unggulan yang bertujuan setelah memberikan bibit kelor untuk kader nantinya kepala pekon ini menindaklanjuti kepada masyarakat lain.


“Kami berharap bibit kelor ini tidak Cuma ditanam untuk dirumah kader saja tetapi nanti dengan kerja sama kepala pekon yang diunggulkan bisa disetiap rumah menanam pohon kelor insyaallah target kita di 2021 pekon uggulan disetiap rumah menanam pohon kelor dan kami akan memberikan reward pada pekon yang terbanyak yang menanam pohon kelor di setiap rumahnya.ungkap Sri Nilawati.


Dalam sambutanya Bupati Dewi Handajani menyampaikan, selaku Bupati Tanggamus sekaligus Ketua Pembina TP PKK Tanggamus mengapresiasi dengan kegiatan yang dilaksanakan berupa pembangian bibit jeruk shogun dan pohon kelor dimana terdapat nilai gizi untuk pertumbuhan bagi anak-anak dan kesehatan masyarakat Tanggamus.


Bunda menginginkan agar ada inovasi, karena dari sebaran bibit tersebut tentunya tidak akan mencukupi dari pada kebutuhan lahan pekarangan yang ada di masyarakat di seluruh kabupaten Tanggamus.

Oleh karenanya  nantinya agar bisa dibudidaya lebih banyak lagi untuk masyarakat,"harap Bupati.

Selanjutnya Bunda menambahkan nantinya  dibutuhkan inovasi dan kreativitas PKK dan kader agar dapat mengolah jeruk dan daun kelor jadi makanan olahan yang bernilai ekonomi tinggi.


“Jadi saya berharap ini nanti ada program lanjutannya bagaimana kita mengembangkan kreativitas dan inovasi  dari pemanfaatan bibit bibit  yang sudah diberikan bantuannya, kelornya bisa dijadikan kripik, bisa juga bolu kelor , dan segala macam sajian yang saya yakin ibu ibu yang memiliki talenta yang luar biasa sehingga kita bisa menambah lagi nilai manfaat dari pada  dari bantuan yang kita berikan,"Pungkasnya.(wan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages