Pemkab Way Kanan Adakan Workshop dan Monitoring Penyaluran DD Tahun 2020 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 12 Oktober 2020

Pemkab Way Kanan Adakan Workshop dan Monitoring Penyaluran DD Tahun 2020



Way Kanan,Harian Koridor.com-Pemerintah kabupaten Way Kanan mengadakan Acara Workshop dan Monitoring Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 secara zoom meting , Di Ruang Rapat Utama Pemkab Way Kanan Senin (12/10/2020).


Acara tersebut juga di ikuti oleh, Anggota DPR RI Bapak Hi. Marwan Cik Hasan beserta TIM, Direktur Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Lampung,

Pada kesempatan itu, Pjs Bupati Way kanan Mulyadi Irsan melalui Sekda Saipul, S. Sos memberikan keterangan tentang perkembangan Penyaluran BLT Dana Desa di 221 Kampung (Desa) di Kabupaten Way Kanan.

Tahap I (bulan April, Mei dan Juni);
a. Jumlah seluruh KPM BLT Dana Desa Tahap I berjumlah 19.817 KK,
b. Anggaran Dana Desa terserap sebesar Rp. 35.670.600.000,- dengan rincian :
Bulan April sudah tersalurkan di 221 Kampung (selesai),
Bulan Mei sudah tersalurkan di 221 Kampung (selesai),
Bulan Juni sudah tersalurkan di 221 Kampung (selesai).

Tahap II (bulan Juli, Agustus dan September)
a. Jumlah seluruh KPM BLT Dana Desa Tahap II berjumlah 15.940 KK,
b. Anggaran Dana Desa terserap sebesar Rp. 10.159.800.000,- dengan rincian :
Juli sudah tersalurkan di 187 Kampung (belum selesai),
Bulan Agustus sudah tersalurkan di 132 Kampung (belum selesai),
Bulan September sudah tersalurkan di 87 Kampung (belum selesai).

Tahap III, sebagai tindak lanjut dengan dikeluarkannya Permendes Nomor 14 Tahun 2020.

“Pemerintah Kabupaten Way Kanan telah mengeluarkan surat Nomor : 414.1/687/IV.13-WK/2020 tanggal 02 Oktober 2020 perihal penambahan Jangka waktu BLT Dana Desa yang ditujukan ke Camat, agar Kepala Kampung menganggarkan BLT Tahap III untuk Bulan Oktober, November dan Desember 2020, dengan memperhatikan Ketersediaan Anggaran dan mekanisme tetap melakukan Musyawarah Khusus kembali untuk Tahap III, dan dibuatkan Berita Acara sebagai dasar apakah Kampung dapat menyalurkan BLT Dana Desa Tahap III atau Kampung tidak dapat melanjutkan Dana Desa dikarenakan Anggaran tidak tersedia mengacu pada Point 5 Permendes Nomor 14 Tahun 2020,”ungkap nya.

Pemkab Way Kanan , menyambut baik diselenggarakannya Workshop Monitoring dan Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, guna untuk mensingkronisasikan penyaluran Dana Desa khususnya untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kabupaten Way Kanan agar dapat tepat sasaran bagi penerima BLT tersebut.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada Bapak Anggota DPR RI dan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Lampung yang telah berkenan hadir di Kabupaten Way Kanan. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada Direktur Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri yang diwaliki oleh Kasubdit Fasilitasi Pendapatan dan Transfer Dana Desa, dan Kepala KPPN Kotabumi telah berkenan mengikuti acara ini melalui zoom meeting,” Saipul

Saioul.juga berharap kepada Narasumber dari Anggota DPR RI, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Lampung dan Kepala KPPN Kotabumi agar dapat memberikan pemahamanan dalam penyaluran Dana Desa di! Kabupaten Way Kanan dimasa Pendemi Covid 19.(ludi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages