Arinal Ajak Masyarakat Lestarikan Sumber Daya Alam di Tuba - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 25 November 2020

Arinal Ajak Masyarakat Lestarikan Sumber Daya Alam di Tuba


Tulang Bawang, Harian Koridor.com-Gubernur Arinal Djunaidi didampingi Bupati Tulangbawang, Winarti, melakukan penebaran  benih ikan di alur sungai Tulangbawang bertempat di Tangga Raja Tulangbawang, Rabu (25/11).


Kegiatan ini dihadiri juga oleh anggota Komisi II DPR RI, Hanan A. Razak, Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulangbawang,  anggota DPRD Kabupaten Tulangbawang, Tokoh Adat Megouw Pak Tulangbawang,   Pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang, Ketua Persaudaraan Orang Tulangbawang dan masyarakat di sekitar bantaran Sungai Tulangbawang serta Perwakilan masyarakat Lampung yang ada di perantauan.


Kegiatan normalisasi sungai Tulangbawang ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari warga masyarakat Tulangbawang yang berada di Jakarta untuk berkontribusi di Kabupaten Tulangbawang bersama dengan berbagai pihak dalam rangka mendukung  pembangunan Kabupaten Tulangbawang.


Bupati Tulangbawang, Winarti dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Kabupaten Tulangbawang sangat  mendukung program-program yang akan dilaksanakan di wilayahnya.


"Kabupaten Tulangbawang sangat terbuka menerima siapapun yang ingin membangun Kabupaten Tulangbawang dengan tetap mengedepankan kearifan lokal," ucap Winarti.


Terkait kegiatan penebaran benih ikan pada hari ini yang telah dilakukan oleh masyarakat asal Tulangbawang yang berada di perantauan, Gubernur berharap agar kegiatan ini dapat berkesinambungan.


"Jangan cuma sekali kita lakukan penebaran benih ini, kalau bisa setahun sekali. Saya berharap kepada masyarakat agar dapat menjaga lingkungan di sekitar kita, guna menjaga kelangsungan," harap Gubernur.


Gubernur juga berharap dengan adanya normalisasi sungai ini akan mendorong geliat perekonomian masyarakat. Dukungan dari pihak Polri bersama dengan elemen lainnya untuk mengawal normalisasi Sungai Tulangbawang juga sangat diperlukan.


Oleh karenanya, Gubernur mengharapkan  kepada masyarakat asal Lampung yang ada di Jakarta kiranya dapat melaksanakan kegiatan pertemuan dalam rangka ikut berperan serta dan berkontribusi kepada daerah, dapat dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan.


Gubernur mengungkapkan bahwa di Wilayah  Kabupaten Tulangbawang akan dijadikan salah satu sasaran pengembangan pembangunan di bidang pertanian dan pangan guna mendukung pemenuhan pangan di Indonesia, mengingat Lampung saat ini merupakan Provinsi yang menjadi Lokomotif Pertanian.


Gubernur berharap kepada masyarakat untuk mendukung upaya Pemerintah bersama dengan semua pihak yang peduli.


"Bapak-bapak, nanti kalau sudah ada yang menabur benih ikan ini tolong dijaga, jangan ada yang nyetrum, jangan ada yang meracun, kalau mancing boleh, menjaring boleh," tandas Arinal.


Menyinggung kondisi pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih melanda, Gubernur berpesan agar tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat dalam setiap kegiatan.


Sebelum dilakukan kegiatan penebaran benih ikan, terlebih dahulu dilakukan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan syukur dalam rangka normalisasi Sungai Tulangbawang.


Kegiatan dilanjutkan dengan penebaran bibit ikan oleh Gubernur Lampung sekaligus mencanangkan Sungai Tulangbawang mulai dari Menggala hingga Kuala sebagai wilayah normalisasi dan Restocking dan akan dilakukan kegiatan memperdalam kembali aliran sungainya sehingga akan mengembalikan fungsi sungai Tulangbawang.


Adapun benih ikan yang ditebar pada kegiatan ini berjumlah 100.000 ekor dengan berbagai jenis ikan, diantaranya jenis  jelabat, lele, nila dan baung.(medi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages