MOU Pemanfaatan Inovasi SIAP SETARA dengan Disdik dan Kebudayaan Way Kanan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 16 Februari 2021

MOU Pemanfaatan Inovasi SIAP SETARA dengan Disdik dan Kebudayaan Way Kanan


Way Kanan, Harian Koridor.com-Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Pemanfaatan Inovasi SIAP SETARA Antara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan dengan Ketua DPD Forum Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Se-Provinsi Lampung di Ruang Rapat Utama Pemda Way Kanan Selasa, 16 /02/2021


Dalam sambutannya Bupati way kanan mengucapkan selamat datang kepada Bapak Sekretaris IV DPP Forum PKBM Indonesia, Pengurus Wilayah Forum Komunikasi BPKM Provinsi Lampung dan Pengurus DPD Forum Komunikasi BPKM Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan.


Dalam rangka menghadiri Penandatangan Nota Kesepahaman dan Pemanfaatan Inovasi Siapsetara (sistem aplikasi pembelajaran kesetaraan) antara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan dengan Ketua DPD Forum Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Se-Provinsi Lampung.
 
Pendidikan non-formal merupakan jalur pendidikan diluar jalur pendidikan formal, dihadirkan untuk memfasilitasi masyarakat yang tidak dapat menempuh pendidikan formal. Lembaga ini disebut sebagai Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau juga berupa sanggar Kegiatan Belajar (SKB).


Penyebab warga masyarakat mengikuti pendidikan kesetaraan adalah masyarakat yang putus sekolah dikarenakan adanya masalah ekonomi, keterjangkauan geografis dan masyarakat yang sudah bekerja sebagai pencari nafkah keluarga, sehingga menjadi salah satu kendala bagi warga untuk mengikuti belajar secara formal. 
Sejak tahun 2020 Aplikasi ini telah dilaksanakan oleh seluruh PKBM se-Kabupaten Way Kanan. Mudah-mudahan dari aplikasi Siap Setara ini pemberian pembelajaran kesetaraan akan lebih efektif, efisien dan akuntabel. 

Dampak yang kami harapkan dari inovasi Aplikasi Siap Setara ini adalah untuk meningkatkan partisipasi peserta didik dalam pendidikan kesetaraan, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan indikator kinerja rata-rata lama sekolah sesuai dengan target RPJMD Kabupaten Way Kanan tahun 2016-2021 mencapai 7,73 tahun.

pada tahun 2020 mengalami tren kenaikan signifikan dari 7.39 pada tahun 2019 naik menjadi 7.7 ditahun 2020. Artinya sudah mulai ada hasil yang positif dalam meningkatkan angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Way Kanan dari pembelajaran kesetaraan (Paket A, B dan C) melalui PKBM-PKBM yang ada di Kabupaten Way Kanan. 
 
Dengan ada pembelajaran jarak jauh  kabupaten way Kanan masih tetap dilaksanakan belum ada tatap muka sampe waktu yg ditentukan krn way kanan msh berada di zona kuning dan kesehatan sangatlah penting untuk kita semua ujar"Adipati saat diwawancara oleh media.

Hadir dalam acara tersebut,Bupati Way Kanan,kepala Dinas Kominfo WK,kepala Badan Bappeda,kepala Dinas P&K kabupaten Way Kanan.(ludi) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages