Bupati Dewi Handajani Lantik 220 Kepala Pekon Terpilih Tahun 2021 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 08 Maret 2021

Bupati Dewi Handajani Lantik 220 Kepala Pekon Terpilih Tahun 2021


Tanggamus, Harian koridor.com-Sebanyak 220 Kepala Pekon terpilih tahun 2021 dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Bupati Tanggamus. Di ruang rapat utama (Rupatama) Sekretariat Daerah. Senin (8/3/2021). 


Prosesi pelantikan kepala Pekon ini hanya diikuti oleh 9 orang kepala Pekon terpilih untuk wilayah kecamatan Kota Agung Timur dan dipimpin langsung oleh Bupati Tanggamus diikuti Forkopimda Kabupaten Tanggamus sedangkan untuk kecamatan lainnya dilaksanakan secara virtual dan dilantik oleh Camat masing-masing wilayah dan dihadiri oleh Uspika masing-masing.


Pelantikan berdasarkan keputusan Bupati Tanggamus Nomor : B.82/09/08/2021 Tentang pemberhentian penjabat kepala pekon dan pengangkatan kepala pekon dalam wilayah kabupaten Tanggamus tahun 2021.


Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, mengatakan semoga Kepala Pekon yang saat ini sudah dilantik agar dapat menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin serta melayani masyarakat di pekonnya masing-masing, demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat pekon.


Pada kesempatan yang baik ini, Saya (Bupati) juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para ASN yang telah menuntaskan tugasnya sebagai Penjabat (Pj) Kepala Pekon 

diseluruh wilayah Kabupaten Tanggamus. 


"Kiranya, pengabdian saudara selaku ASN masih dapat dilanjutkan sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Semoga pengabdian Saudara menjadi sebuah amal kebaikan,"ucap Bupati.


Lanjutnya, dimana pertama kalinya sejarah kita melaksanakan Pelantikan Kepala Pekon, Hasil Pilkakon Serentak se-Kabupaten Tanggamus, di Masa Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih melanda seluruh dunia termasuk di wilayah kita Tanggamus yang kita cintai.


Melaksanakan tahapan pemilihan Kepala Pekon sampai dengan Pelantikan hari ini merupakan bukanlah pekerjaan yang mudah dan gampang. Begitu banyak hambatan dan tantangan yang dihadapi kita semua, bukan saja dihadapi oleh para kontestan, panitia, namun dirasakan oleh seluruh level pemerintahan 

mulai dari Pekon, kecamatan sampai Kabupaten, bahkan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri juga ikut 

merasakan kesulitan dan hambatan yang kita alami bersama. 


Masih Kata Bunda Dewi, mari bersama-sama bersatu, lupakan perbedaan dimasa pemilihan yang lalu, sekarang telah terpilih kepala pekon hasil pilihan 

masyarakat, mari bantu dan dukung sepenuhnya kepala pekon di dalam melaksanakan pembangunan 

pekon dalam rangka mewujudkan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Pekon.


Pada tanggal 16 Desember 2020, kita di Kabupaten Tanggamus melaksanakan Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) serentak. Dengan Jumlah Pekon yang melaksanakan Pilkakon Serentak sejumlah 220 Pekon. Dengan DPT Keseluruhan 306.760 pemilih. Dan syukur Alhamdulillah, pelaksanaan pemungutan suara berlangsung dengan aman dan kondusif sesuai dengan protokol kesehatan covid-19, dan Persentase Partisipasi Pemilih sebesar 78%. Total calon Kepala 

Pekon keseluruhan yaitu 772 orang, dan hari ini didepan mata kita adalah 220 kepala pekon terpilih hasil Pilkakon tersebut, yang tadi telah dilantik secara langsung untuk kepala pekon diwilayah Kecamatan Kota Agung Timur dan secara virtual di 19 kecamatan,"jelasnya.


"Karena di masa Pandemi Covid-19, pelantikan dilaksanakan secara virtual, adapun rincian pelantikan 

adalah: 9 Pekon di Kecamatan Kota Agung Timur, diruang Rapat Utama Sekretariat Daerah.

1. Kantor Kecamatan Kota Agung ada 8 Pekon.

2. Kantor Kecamatan Talang Padang ada 15 Pekon.

3. Kantor Kecamatan Wonosobo ada 25 Pekon.

4. Kantor Kecamatan Pulau Panggung ada 13 Pekon.

5. Kantor Kecamatan Cukuh Balak ada 14 Pekon.

6. Kantor Kecamatan Pugung ada 19 Pekon.

7. Kantor Kecamatan Semaka ada 15 Pekon.

8. Kantor Kecamatan Sumberejo ada 6 Pekon.

9. Kantor Kecamatan Ulu Belu ada 8 Pekon.

10.Kantor Kecamatan Pematang Sawa ada 14 Pekon.

11.Kantor Kecamatan Kelumbayan ada 7 Pekon.

12.Kantor Kecamatan Kota Agung Barat ada 14 Pekon.

13.Kantor Kecamatan Gisting ada 9 Pekon.

14.Kantor Kecamatan Gunung Alip ada 10 Pekon.

15.Kantor Kecamatan Limau ada 9 Pekon.

16.Kantor Kecamatan BNS ada 10 Pekon.

17.Kantor Kecamatan Air Naningan ada 6 Pekon.

18.Kantor Kecamatan Bulok ada 8 Pekon.

19.Kantor Kecamatan Kelumbayan Barat ada 1 Pekon.


Beberapa pesan dan harapan saya kepada seluruh kepala Pekon yang telah dilantik yaitu:

1. Agar dapat menjalankan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta menjaga kondusifitas Pekon masing-masing.

2. Saudara-saudari saya minta untuk merangkul semua pihak danmemberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu dalam menyelenggarakan urusan-urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

3. Kepala Pekon harus menjadi teladan bagi masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan covid-19.

4. Kepala Pekon harus bisa mensinergikan aparat pekon yang ada dibawahnya agar terciptanya budaya pelayanan RATU di kantor pekon yang Ramah, Amanah, Tegas, dan Unggul demi kemajuan Kabupaten Tanggamus.

5. Berikan inovasi dalam pelaksanaan kegiatan di pekon masing-masing.

6. Lakukan sinergi dan koordinasi yang baik dengan Sesama Perangkat Pekon, Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten.

7. Majukan perekonomian pekon dengan tidak bertumpu pada anggaran dana desa, lakukan inovasi untuk mendirikan BUMDes dan usaha lain sesuai dengan aturan yang berlaku demi peningkatan perekonomian pekon.


Dalam setiap kesempatan selalu saya sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanggamus senantiasa 

terus membangun diberbagai bidang,

baik insfrastruktur maupun dibidang non-fisik. Oleh karena itu mari bersama kita saling mendukung, guna terciptanya suasana yang kondusif sehingga apa yang menjadi cita-cita dan harapan kita dapat tercapai.


Masih kata Bupati, Kepala Pekon maupun Bupati merupakan 

pelayan masyarakat, bukan untuk minta dilayani. Sebagai hasil pilihan masyarakat, tentunya kepala 

pekon juga harus mendukung program kerja pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.


Seluruh Tahapan Pilkakon sampai pelantikan hari ini telah berlangsung sukses, tertib dan lancar. Dengan seluruh

total 6.673 orang Panitia, yaitu:

Panitia Tingkat Kabupaten, sebanyak 24 orang.Panitia Tingkat Kabupaten di Kecamatan, sebanyak 

9 orang. Tim Pengawas, sebanyak 14 orang, Sekretariat Panitia Tingkat Kabupaten, sebanyak 20 orang.

Panitia Tingkat Pekon, sebanyak 6.606 orang, dan kepada tim pengamanan Pilkakon yaitu sejumlah 1.609 Personel, terdiri dari Aparat TNI dan POLRI. 

Serta Tim Monitoring Pilkakon sejumlah 62 orang, terdiri dari FORKOPIMDA, Kepala Perangkat Daerah, 

dan para Camat," Pungkasnya. 


Hadir juga dalam pelantikan Wakil Bupati AM. Syafi'i, Forkopimda, Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis, Kasat Intel polres Tanggamus, AKP Syamsuri, Para Asisten, Kepala OPD, Para Kabag dan Camat Kotaagung Timur Yulinarti, Camat se Tanggamus, serta kepala Pekon terpilih se Tanggamus. (kf/wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages