4 Kecamatan di Pemkab Lambar Terima Sartijab - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 03 Juni 2021

4 Kecamatan di Pemkab Lambar Terima Sartijab


Lambar, Harian koridor.com-Sertijab Camat di 4 Kecamatan (Kecamatan Sumber Jaya, Kebun Tebu, Air Hitam dan Bandar Negeri Suoh) Senin 31 Mei 2021 dan Rabu (2/5/21).acara tersebut diHadiri Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Ismet Inoni, MM.,Staf Ahli Bupati Lampung Barat Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ronggur L. Tobing, S.IP, M.Si.



Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Rabu 2 Mei 2021, di Kantor Kecamatan Bandar Negeri Suoh (Suryanto, S.Pd digantikan Wahyudi Haru Iskandar S.Sos) 

Tampak hadir juga Assisten Bidang Administrasi Umum Drs. Ismet Inoni, MM., (Mewakili Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus)


Kecamatan Air Hitam, Senin 31 Mei 2021, di Kantor Kecamatan Air Hitam (Dahiin, S Pd digantikan Andy Cahyadi SH, MA.)

Dihadiri Assiten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama (Mewakili Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus)


Kecamatan Sumber Jaya, Senin 31 Mei 2021, di Kantor Kecamatan Sumber Jaya (Ernawati SE, digantikan Dahlin, S.Pd)

Dihadiri Assiten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama (Mewakili Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus)


Kecamatan Kebun Tebu, Senin 31 Mei 2021, di Kecamatan Kebun Tebu (Agus Supriatna digantikan Ernawati, S E).

Dihadiri Staf Ahli Bupati Lampung Barat Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ronggur L. Tobing, S.IP, M.Si (Mewakili Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus)


Sambutan  Bupati Hi.Parosil Mabsus, disampaikan (Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama),  (Assisten Bidang Administrasi Umum Drs. Ismet Inoni, MM.,) dan (Staf Ahli Bupati Lampung Barat Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ronggur L. Tobing, S.IP, M.Si.) 


Pengangkatan saudara sebagai camat ini merupakan amanah dan kehormatan dari pemerintah yang harus dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab, sebagaimana sumpah jabatan yang telah saudara ucapkan. karena sebagai seorang Aparatur Sipil Negara, saudara harus siap ditempatkan dimanapun. 


Amanah yang diberikan kepada saudara akan dapat terlaksana dengan baik apabila saudara memiliki kompetensi dan integritas diri yang baik. jabatan yang saudara emban ini merupakan kepercayaan pimpinan terhadap seorang ASN, dengan berbagai pertimbangan yang matang dan sesuai dengan aturan yang berlaku. 


Alih tugas atau mutasi jabatan saudara sebagai camat merupakan hal yang biasa pada organisasi pemerintah sebagai bentuk pembinaan karier kepegawaian, dengan begitu pegawai akan merasakan tantangan dan beban tugas yang berbeda serta memperkaya pengalaman tugas dilingkungan kerja yang baru. 


Sehingga dengan demikian, setiap perpindahan tugas dan area kerja akan memperkaya pengalaman saudara dalam mengadaptasi lingkungan strategis yang berubah sedemikian cepat menyesuaikan perkembangan zaman. 


Peran camat sangat sentral dan strategis dalam mendorong kemajuan suatu daerah. hal tersebut dapat dilakukan apabila seorang camat memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai koordinator pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. disamping itu, camat harus mampu memberdayakan masyarakat dalam setiap program pembangunan. karena tanpa partisipasi aktif masyarakat pembangunan yang kita laksanakan akan sia-sia. 


Seorang camat hendaknya selalu melakukan pembinaan serta pengawasan tertib administrasi pemerintahan pekon dengan berkoordinasi pada peratin terkait alokasi dana desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari kegiatan yang telah dilaksanakan sehinggga pemanfaatan dana desa bisa berjalan dengan efektif dan efisien. 


Dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pelaksanaan pembangunan wilayah, dan kemasyarakatan, camat dituntut untuk memahami serta menguasai wilayah secara cermat, akurat dan detail, karena tanpa pengenalan dan penguasaan berbagai aspek wilayah, maka perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian pembangunan tidak akan mungkin dilakukan dengan hasil yang baik. 


Hal ini bisa dilakukan bila seorang camat rajin turun ke bawah. dengan cara itu, Insya Allah berbagai tugas saudara akan lebih mudah dilaksanakan. 


Dan yang tidak kalah pentingnya adalah seorang camat harus memiliki kepedulian pada lingkungan yang ada di wilayah saudara seperti halnya peningkatan kebersihan hingga mampu membangun tradisi gotong royong di pekon, sebagai seorang pimpinan wilayah (camat), saudara tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan hal-hal administrasi saja, tapi camat juga harus mampu menyerap berbagai aspirasi masyarakat serta mampu memberikan solusi dari berbagai permasalahan di masyarakat. 


 Selain itu dalam melaksanakan tugas saudara harus mengedepankan etika moral, kejujuran, keikhlasan dan memiliki rasa tanggung jawab. yang tidak kalah pentingnya dalam pelaksanaan tugas saudara camat adalah terus melakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik keatas karena tugas saudara tidak lepas dari pantauan pimpinan, juga harus sinkron kebawah, terutama kepada aparatur bawahnya dalam hal ini peratin. jadikanlah peratin sebagai mitra kerja, sehingga pelaksanaan tugas saudara sebagai camat akan terbantu dan tercapai secara optimal. 


Saya berpesan kepada para pejabat terutama kepada saudara camat agar bisa bekerja dengan baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. dengan harapan agar tetap mengemban pola keterbukaan dan keakraban sesama aparat, staf kecamatan dan masyarakat, karena hal itu merupakan faktor penentu yang akan mendukung tugas-tugas saudara sebagai camat.


Saya juga mengharapkan kepada saudara camat agar mampu menciptakan kondisi yang kondusif di wilayah kerjanya masing-masing.(lia) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages