Arinal Ajak Semua Pihak Wujudkan Kepemilikan Rekening bagi Pelajar - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 24 Agustus 2021

Arinal Ajak Semua Pihak Wujudkan Kepemilikan Rekening bagi Pelajar


Bandar lampung,Harian Koridor.com-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak semua pihak berkolaborasi mewujudkan kepemilikan rekening bagi seluruh pelajar dan berperan optimal dalam meningkatkan inklusi keuangan di Provinsi Lampung. 


Hal itu disampaikan Arinal saat menghadiri puncak kegiatan Kejar Prestasi Anak Indonesia Tahun 2021, bertema Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar), Wujudkan Impian Anak Indonesia di Hotel Emersia, Selasa (24/8/2021). 


Acara ini diikuti para perbankan, instansi terkait, para guru dan siswa siswi pelajar secara virrual. 


"Ini sebagai upaya kita menumbuhkan budaya menabung sejak dini dan untuk memperluas akses keuangan daerah di Provinsi Lampung," ujar Arinal. 


Arinal mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung telah menerbitkan surat edaran Gubernur tentang Hari Indonesia Menabung Provinsi Lampung. 


Ini mulai dicanangkan pada tanggal 20 Agustus 2019, yaitu setiap hari Rabu pada Minggu pertama setiap bulannya. 


Hal ini sekaligus mendukung Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung serta dalam rangka penguatan Program Kejar dan mendukung pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90% pada tahun 2024. 


"Keberhasilan Program Kejar tentunya sangat membutuhkan peran aktif seluruh pihak, baik pemerintah maupun industri jasa keuangan," katanya. 


Menurutnya, menabung dan berinvestasi dapat melindungi nilai uang dari inflasi sehingga kemampuan daya beli dapat tetap bertahan dimasa depan terutama Pandemi Covid-19 saat ini. 


"Menanamkan budaya menabung sejak dini dapat memberikan banyak manfaat dan efek positif bagi masa depan anak," ujarnya. 


Arinal meminta kepada para Bupati/Walikota agar terus mendorong sekolah untuk dapat memiliki kerjasama dengan Lembaga Jasa Keuangan guna meningkatkan tabungan pelajar. 


"Kepada Lembaga Jasa Keuangan dan pihak terkait, agar dapat bersama-sama untuk aktif melakukan edukasi dan sosialisasi, kerjasama dengan sekolah dan instansi lain, serta memberi kemudahan akses perbankan ke sekolah/pelajar dan masyarakat," katanya. 


Sementara itu, Kepala OJK Provinsi Lampung Bambang Hermanto mengatakan Program Kejar ini dalam rangka menumbuhkan budaya menabung sejak dini dan meningkatkan inklusi keuangan pada kelompok pelajar. 


Program ini secara resmi telah diluncurkan pada tanggal 5 Oktober 2020. 


"Kami berharap dengan dimulainya program Kejar ini, bisa membantu pelajar dalam membangun budaya gemar menabung dan melatih diri dalam mengelola uang, sehingga memberi manfaat untuk masa depan," ujar Bambang. 


Bambang menyebutkan kepada pihak sekolah diharapkan dapat meningkatkan kerjamanya dengan bank dan mengajak siswa untuk giat menabung melalui program-program menabung di sekolah. 


"Kami juga sangat berharap dukungan dari pemerintahan provinsi maupun Kabupaten/Kota," katanya. 


Pada acara Kejar Prestasi Anak Indonesia Tahun 2021 ini, diberikan penghargaan kepada sekolah yang terus meningkatkan jumlah rekening pelajar dan sekolah yang memiliki serta menjaga secara konsisten pelaksanaan program menabung di sekolahnya. 


Selanjutnya, penghargaan kepada Bank yang telah mendorong dan bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk menggiatkan program menabung di sekolah. 


Kemudian, penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang mendukung pelaksanaan Program Kejar.(adm).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages