Kabupaten Pesawaran dan Provinsi Lampung Gelar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Sumatera II - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Minggu, 05 September 2021

Kabupaten Pesawaran dan Provinsi Lampung Gelar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Sumatera II


Pesawaran,Harian Koridor.com-Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Ditindak lanjuti oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aptika memiliki target hingga tahun 2024 untuk menjangkau 50 juta masyarakat agar mendapatkan literasi di bidang digital dengan secara spesifik untuk tahun 2021. Target yang telah dicanangkan adalah 12,5 juta masyarakat dari berbagai kalangan untuk mendapatkan literasi dibidang digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.


Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.


HILBRAM DUNAR (Founder and Chief Product Officer Threespeakers), pada sesi KECAKAPAN DIGITAL. Hilbram memaparkan tema “POSITIF, KREATIF, DAN AMAN DI INTERNET”.


Dalam pemaparannya, Hilbram menjelaskan sesuatu yang positif diawali dari energi yang baik yg didapatkan di lingkungan yang baik, berkaitan dengan internet yang postif, antara lain ikuti akun yang baik, sebarkan konten positif, berkomentar dengan baik, jangan yang FOMO memiliki karakter ingin buru buru menjadi pertama dalam memberikan info tanpa membaca dan mempelajari materi yang akan dibagikan tersebut, berikan apresiasi untuk hal hal yg positif, serta berkomunikasi digital yang baik.


Melatih kreatifitas, dengan cara jadilah pribadi yang berpikir terbuka, dari situ akan membiasakan diri untuk dapat memecahkan sebuah permasalahan, memahami dan menganalisa sebuah kondisi, disaring dahulu sebelum dibagikan, kemampuan dalam Komunikasi, harus belajar, dan memilih media sosial sesuai karakter. Kecakapan digital, adalah kemampuan mencari, mengidentifiasi, mengevaluasi dan menggunakan informasi yg didapatkan. Penting untuk memastikan kemampuan bertahan didunia modern dg teknologi yg berkembang.


Dilanjutkan dengan sesi KEAMANAN DIGITAL, oleh FRANS PADAK DEMON (Konsultan Media Internasional). Frans mengangkat tema “TIPS DAN PENTINGNYA INTERNET SEHAT”. Frans membahas manfaat internet sebagai kegiatan bisnis, memenuhi kebutuhan, mencari hiburan, personal branding, memperluas jaringan, dan media belajar. Beberapa cara untuk menjaga diri tetap sehat di dunia maya antara lain, memilih konten-konten yang baik untuk dikonsumsi. waspada virus malware, spyware, dan adware. Membatasi informasi pribadi atau keluarga. Melatih diri menggunakan produk digital. Memanfaatkan kekuatan dunia digital. Menghindari emosi negatif dan mencurahkan energy positif. Serta, tidak mengakses konten illegal seperti, pornografi, SARA, dan perjudian.


Menjaga diri untuk tetap sehat di dunia nyata juga tidak kalah penting seperti, berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan menjadi masyarakat ramah. Manfaat internet sehat dapat dirasakan pada bisnis yang sedang dijalani, kehidupan yang senang, koneksi pertemanan yang semakin meluas, serta menciptakan personal branding yang baik di dunia maya.


Sesi BUDAYA DIGITAL, oleh IR. EDY KARIZAL (Direktur Lembaga Konservasi). Edy memberikan materi dengan tema “MENGENAL LEBIH JAUH CARA MENGEMUKAKAN PENDAPAT”.


Edy membahas tidak bisa dipungkiri perkembangan dunia digital telah banyak mempengaruhi budaya masyarakat khususnya dalam komunikasi dunia digital melalui komunitas-komunitas atau grup-grup yang sengaja dibentuk untuk saling berkomunikasi, bertukar informasi, bertukar wawasan, bertukar pendapat atau lainnya. Akan tetapi ternyata semua itu, ketika seseorang berkomunikasi dalam sebuah grup di media sosial khususnya di facebook dan whatsapp telah membentuk karakter budaya yang negatif dan tidak mengindahkan sisi kemanusiaan, sosial, bahkan budaya itu sendiri.


Hal yang dapat dilakukan untuk menghargai pendapat orang lain di grup, meliputi selalu membagikan informasi yang menarik dan berguna, membagikan lelucon lucu, membagikan foto liburan, tidak berbagai informasi kontroversial, serta pikir sebelum kirim. Menjaga komunikasi di grup media sosial, dengan cara membagikan info yang dibutuhkan anggota grup, manfaatkan fasilitas perpesanan, gunakan tampilan profil yang pantas, serta menggunakan bahasa yang baik dan sopan.


Narasumber terakhir pada sesi ETIKA DIGITAL, oleh WIWIK DAMAYANTI, MESY (Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIM NU METRO LAMPUNG). Wiwik mengangkat tema “PERAN DAN FUNGSI E-MARKET DALAM MENDUKUNG PRODUK LOKAL”. Wiwik menjelaskan e-market dapat digambarkan seperti pasar dimana interaksi ataupun transaksi antara penjual dan pembeli dilakukan menggunakan media bantu berbasis elektronik yang terhubung dalam suatu jaringan komputer. Pola pikir peran sebagai konsumen atau pembeli mencakup, mengutamakan produk lokal dalam kebutuhan, membantu promosi produk lokal lewat media sosial, memberikan masukan, menjadi fasilisator, serta mengajak teman, keluarga, dan saudara untuk belanja produk lokal. Pola pikir peran sebagai produsen atau penjual meliputi, memahami segmentasi produk, komitmen kualitas produk, komitmen kepastian harga, kemampuan menjual dan promosi, serta pola pikir digital.


Fungsi e-market antara lain, mudah digunakan dan menjadi media promosi. Kehandalan dan inovasi dalam keamanan, privasi, manajemen database, dan pengembangan sistem. Kepatuhan dan pelayanan dalam memenuhi standar perizinan, Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, dan tanggap terhadap masukan. Serta, kepercayaan sebagai sistem dan manajemen verifikasi mitra terpercaya antara toko dan kurir.


Webinar diakhiri, oleh BELLA SUGITA (Influencer dengan Followers 18,3 Ribu). Bella menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber, berupa melatih kreatifitas, dengan cara jadilah pribadi yang berpikir terbuka, dari situ akan membiasakan diri untuk dapat memecahkan sebuah permasalahan, memahami dan menganalisa sebuah kondisi, disaring dahulu sebelum dibagikan, kemampuan dalam Komunikasi, harus belajar, dan memilih media sosial sesuai karakter. Manfaat internet sehat dapat dirasakan pada bisnis yang sedang dijalani, kehidupan yang senang, koneksi pertemanan yang semakin meluas, serta menciptakan personal branding yang baik di dunia maya.


Menjaga komunikasi di grup media sosial, dengan cara membagikan info yang dibutuhkan anggota grup, manfaatkan fasilitas perpesanan, gunakan tampilan profil yang pantas, serta menggunakan bahasa yang baik dan sopan.


Fungsi e-market antara lain, mudah digunakan dan menjadi media promosi. Kehandalan dan inovasi dalam keamanan, privasi, manajemen database, dan pengembangan sistem. Kepatuhan dan pelayanan dalam memenuhi standar perizinan, Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, dan tanggap terhadap masukan.


Serta, kepercayaan sebagai sistem dan manajemen verifikasi mitra terpercaya antara toko dan kurir.(*).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages