Pukau Pengunjung Dalam Metro Youth Leadership 2021 Puluhan Bongsai Dipamerkan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Sabtu, 30 Oktober 2021

Pukau Pengunjung Dalam Metro Youth Leadership 2021 Puluhan Bongsai Dipamerkan


Metro,Harian Koridor.com-Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Metro berhasil menghipnotis para pengunjung bazar tanaman hias jenis bonsai di ajang Metro Youth Leadership 2021. 

Pihak panitia dan peserta menampilkan berbagai koleksi bonsai berkualifikasi kontes dalam even yang digelar berturut-turut mulai 26 hingga 29 Oktober di Gedung Sesat Agung Bumi Sai Wawai.


Ketua PPBI Kota Metro, Yuzar Ansyori, mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias memeriahkan acara dengan menggelar koleksi tanaman hias yang mengadopsi kultur negeri Sakura tersebut.


“Jadi, jenis tanaman bonsai yang kita gelar antara lain jenis sancang, lowa, wahong, mirten, hokiantea, dan ulmus micro. Ada juga tanaman tropis Indonesia seperti asem dan beringin. Selain itu ada jenis Clvemara dan sakura mikro,” katanya, Jumat (29/10/2021.


Kemudian, lanjut Yuzar, ada 4 gaya atau style dasar bonsai tanaman yang dipamerkan di even tersebut, yakni gaya tegak berliku (informal upright style), gaya miring (shakan style) serta gaya air terjun (cascade) yang terbagi dalam dua jenis yaitu, gaya setengah menggantung (semi cascade style) dan haya menggantung (cascade suspend style).


Dalam seni bonsai tanaman itu terdapat istilah training yaitu proses penyempurnaan bentuk pohon yang dikerdilkan. Menurut Yuzar, usia bonsai tanaman itu dihitung dari sejak tanaman tersebut ditanam di pot.


“Kalau kita mengacu ke usia tanaman ketika dia ada di habitat aslinya, maka itu tidak bisa diperkirakan. Tapi kalau kita menghitung usia tanaman saat pertama kali dia diletakkan di pot sampai sekarang, usia bonsai kami itu umurnya mulai dari 5 sampai 6 tahun,” imbuhnya.


Menurutnya, bonsai milik mereka yang tergabung dalam PPBI itu jumlah totalnya bisa mencapai ribuan, karena setiap anggota bisa memiliki koleksi lebih dari 10 pot per-orang dengan berbagai macam konsep atau gaya yang mereka adopsi.


Sementara itu, Melinda (33) salah seorang pengunjung mengaku terpukau dengan tanaman bonsai jenis sakura. Menurutnya tanaman sakura tampak indah dalam bentuk bonsai apalagi dihiasi dengan batuan alam.


“Wah, ini yang jenis sakura kalau sudah berbunga cakep sekali lho, keren banget, mudah mudahan pameran bonsai ini bisa ada lagi dengan jumlah peserta yang lebih banyak,” ujarnya.(Husni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages