Arinal Ajak Rawat Budaya Bangsa - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Jumat, 19 November 2021

Arinal Ajak Rawat Budaya Bangsa


Bandar Lampung,Harian Koridor.com-Gubernur Arinal Djunaidi membuka acara Temu Karya Taman Budaya Se-Indonesia XX dengan tema "Pesona Ekspresi Di Tengah Pandemi", di UPT Taman Budaya, Selasa (16/11)

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Ditjen Kebudayaan, Forkopimda Provinsi Lampung, Ketua Forum Taman Budaya se-Indonesia, Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Lampung, Kepala Museum Basuki Abdullah, serta Seniman se-Indonesia.


Kegiatan Temu Karya Taman Budaya merupakan kegiatan yang diselenggarakan tiap tahun sejak tahun 2002. Sedianya kegiatan ini diselenggarakan di Lampung pada tahun lalu, namun karena situasi pandemi Covid-19 penyelenggaraannya tertunda. Pada tahun 2021 ini, Provinsi Lampung mendapat kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Temu Karya Taman Budaya XX mulai tanggal 16-18 November 2021 diikuti oleh 18 Taman Budaya se-Indonesia.


Pameran Seni dan Pertunjukan merupakan materi utama dalam kegiatan ini. Setiap Provinsi diharapkan dapat menampilkan potensi budaya, keunikan adat istiadat masing-masing daerah yang dikreasi dalam bentuk pameran seni rupa, pertunjukan seni tari, musik, baca puisi, teater dan karya kolaborasi.


Sekretaris Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Fitra Arda mengatakan bahwa kegiatan ini tidak saja dimaknai sebagai pertemuan tahunan saja tetapi juga memberi ruang dan fasilitasi para seniman dari berbagai bidang dan generasi dalam berkarya dan berinovasi dalam kemajuan kebudayaan.


Fitra Arda juga mengapresiasi Gubernur Arinal dan seluruh pihak terkait yang turut berkontribusi dalam kegiatan ini atas fasilitasinya hadir bersama-sama dari seluruh Indonesia untuk berkegiatan budaya di Provinsi Lampung.


Sementara itu dalam sambutannya, Gubernur mengharapkan Taman Budaya dapat mempertahankan budaya dan tradisi sekaligus menciptakan hal-hal yang baru. Gubernur mengajak untuk merawat Taman Budaya untuk mempertahankan identitas, karakter, dan keunggulan sebagai sebuah bangsa.


"Saya mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Taman Budaya se-Indonesia yang hadir, mari kita rawat budaya Indonesia agar tidak punah dan tetap kita pertahankan," kata Gubernur Arinal.


Gubernur juga mengajak seluruh seniman, kritikus seni dan masyarakat untuk mengoptimalkan fungsi taman budaya. Taman Budaya dapat dioptimalkan menjadi tempat wisata seperti kegiatan olahraga, wisata kuliner, seni pertunjukan, termasuk mengadakan kegiatan seni budaya secara online maupun offline.


"Semoga dapat terus merajut jalinan rasa kekeluargaan dan persaudaraan dalam rangka memperkokoh persatuan Bangsa Indonesia melalui seni budaya," pungkas Gubernur Arinal.


Gubernur selanjutnya melakukan pemukulan cetik bersama Sekretaris Ditjen Kebudayaan, Forkopimda Provinsi Lampung, Ketua Forum Taman Budaya se-Indonesia, Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Lampung menandai dibukanya acara Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia XX. (red) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages