Bunda Literasi Riana Kukuhkan Tim Literasi Lampung 2021 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 11 November 2021

Bunda Literasi Riana Kukuhkan Tim Literasi Lampung 2021


Bandar Lampung, Harian Koridor.com-Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengukuhkan Tim Literasi Provinsi Lampung tahun 2021 di Gedung Pusiban, Rabu (10/11/2021). 

Acara ini sekaligus menandai peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2021.

"Saya ucapkan selamat bagi Tim Literasi Provinsi Lampung yang hari ini dilantik. Ini merupakan tim yang diisi orang-orang hebat, semoga Tim Literasi Provinsi Lampung dapat segera bergerak, bersinergi dengan semua untuk meningkatkan minat baca baca di Provinsi Lampung", ujar Bunda Riana. 

Menurut Riana, dengan literasi membaca, diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak. Kegemaran membaca bukan bawaan sejak lahir, melainkan harus dipupuk dan dibina setelah anak dilahirkan. Keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat dapat menjadi kunci untuk membangun kemampuan literasi. 


Sesuai dengan panduan Gerakan Literasi Nasional terdapat 6 dimensi literasi dasar yang diharapkan harus dikuasai oleh setiap masyarakat sehingga menjadi insan yang berkualitas dan berdaya saing. Yaitu Literasi Baca Tulis, Literasi Numeris, Literasi Sains, Literasi Finansial, Literasi Digital, serta Literasi Budaya dan Kewargaan. 


Bunda Literasi Provinsi Lampung ini juga mengatakan, untuk literasi baca tulis, Provinsi Lampung memiliki tantangan yang tidak ringan, karena saat ini berdasarkan Indeks Aktivitas Literasi Membaca Tahun 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Provinsi Lampung baru mencapai 30,59 atau menempati peringkat ke-5 terendah setelah Provinsi Papua, Papua Barat, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 


"Padahal literasi membaca merupakan kunci utama mewujudkan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas sebagai modal dasar dalam pelaksanaan pembangunan di berbagai sektor," ujar Riana.


Perpustakaan Nasional saat ini tengah mendorong perpustakaan menjadi pelopor gerakan literasi untuk memperbaiki kesejahteraan rakyat. Hal tersebut didukung oleh Bappenas dengan meluncurkan kebijakan Transformasi Pelayanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, dengan pelibatan seluruh elemen masyarakat anak-anak, pemuda, kaum perempuan , kelompok wirausaha dan  kaum difabel.  Sehingga perpustakaan tidak hanya menjadi tempat membaca buku, tapi juga menjadi pusat kegiatan dan kreativitas masyarakat.


Berkenaan dengan hal tersebut, Bunda Riana mengimbau untuk beramai-ramai datang ke perpustakaan dan mengembangkan perpustakaan yang ada, baik Perpustakaan Provinsi, Kabupaten/Kota bahkan sampai ke Perpustakaan Desa/Kelurahan.


Pada kesempatan yang sama, Gubernur Lampung yang diwakili oleh Asisten Adminisitrasi Umum Minhairin menyampaikan bahwa literasi masyarakat merupakan upaya menciptakan SDM yang unggul.


"Sejalan dengan tema Nasional Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2021 yaitu Penguatan Peran Sisi Hulu Guna Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, dimana salah satu cara menciptakan SDM yang unggul yaitu harus gemar dan memiliki budaya membaca. Membaca adalah jendela pengetahuan yang akan membuka cakrawala dan berpikir kita. Untuk mewujudkan Lampung yang cerdas dan sejahtera tentunya diperlukan kreativitas, inovasi dan kerja nyata yang semuanya diawali dari membaca dan dukungan dari semua pihak," ujar Minhairin.


Melalui kesempatan itu, Minhairin mengucapkan selamat kepada penerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pitaloka yaitu Bupati Kabupaten Lampung Barat dari Kategori Pejabat Publik dan Ibu Yusmalasari, Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Liwa/Pegiat Literasi dari Kategori Masyarakat. Ucapan selamat juga kepada Perpustakaan Desa Puska Mandiri Pekon Puramekar Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat sebagai Juara I Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2021 dari Cluster B dan para pemenang lomba lainnya. 


"Saya mengharapkan kemenangan ini dapat dijadikan semangat dan motivasi kepada yang lainnya untuk meningkatkan prestasinya. Dan kepada Tim Literasi Provinsi Lampung yang baru saja dikukuhkan dapat terus meningkatkan budaya literasi masyarakat di Provinsi Lampung", ujar Minhairin.


Pada kesempatan itu Bunda Literasi Riana Arinal bersama  Asisten Administrasi Umum dan Kepala dinas Perpustakaan & Kearsipan membagikan hadiah bagi para pemenang lomba iterasi memeringati Bulan Gemar Membaca dengan Cabang Lomba Perpustakaan Tingkat SMA Se-Provinsi Lampung.


Juga hadiah untuk lomba perpustakaan umum Dldesa/kelurahan tingat provinsi Lampung, lomba bertutut tingkat SD/MI Negeri dan Swasta tingkat Provinsi Lampung, lomba pustakawan berprestasi terbaik ingkat Provinsi Lampung, lomba pidato Bahasa Lampung bagi Siswa SMP tingkat Provinsi Lampung, lomba menggambar siswa Sekolah Dasar tingkat Provinsi Lampung, dan lomba menulis Cerpen bagi Siswa SMA/K tingkat Provinsi Lampung. (red) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages