Bupati Dewi Hadiri Penganugrahan Festival Bhinneka Tunggal Ika - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Senin, 01 November 2021

Bupati Dewi Hadiri Penganugrahan Festival Bhinneka Tunggal Ika


Tanggamus,Harian Koridor.com-Bupati Tanggamus Hadiri Penganugrahan Festival Bhineka tunggal Ika Tanggamus 2021, di Aula hotel 21 Ginting Bawah, 1 nevember 2021


Hadir pada kesempatan tersebut wakil bupati, forkopimda kabupaten tanggamus, beberapa kepala OPD kabupaten tanggamus, ketua FKBTI beserta jajarannya, camat Gisting, Uspika kecamatan dan para peserta penganugerahan lomba festival bhinneka tunggal Ika.


Ketua FKBTI Kab Tanggamus Rosihan Anwar, S.E dalam laporan nya menyampaikan Pada kesempatan kali ini, saya selaku ketua Forum Komunikasi Bhinneka Tunggal Ika terlebih dahulu mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada seluruh Panitia, Para Pengurus FKBTI yang telah membantu dari mulai persiapan hingga pelaksanaan "FESTIVAL BHINNEKA TUNGGAL IKA TANGGAMUS 2021" dapat terlaksana dengan baik. Perlu kita ketahui bersama bahwasannya Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa .



 Penyelenggaraan Festival Bhinneka Tunggal Ika Tanggamus 2021 dikemas dalam sebuah rangkaian kegiatan Lomba Cipta Puisi, Lomba Tari Tradisonal, Lomba Cipta Musik Tradisi, Lomba Solo Song dan Lomba Pidato Kebhinnekaan yang diikuti dari seluruh Penyelenggaraan Festival Bhinneka Tunggal Ika yang digelar secara virtual yang diinisiasi oleh Forum Komunikasi Bhinneka Tunggal ka (FKBTI) Kabupaten Tanggamus. 



Salah satu program kerja Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tanggamus di bawah kepemimpinan Hj. Dewi Handajani, SE., MM dan Hi, AM. Syafi'i, S.Ag. sebagai upaya menjaga keberlangsungan masyarakat tatanan Kabupaten Tanggamus yang sejahtera yang terpenuhinya kebutuhan hidup baik secara jasmani dan rohani, dalam kedamaian dan ketentraman.



Sementara Bupati tanggamus Hj. Dewi Handajani , SE., MM. dalam sambutanya menyampaikan Saya menyambut baik Penyelenggaraan Festival Bhinneka Tunggal Ika Virtual yang di inisiasi oleh di yang inisiasi oleh Forum Komunikasi Bhinneka Tunggal lka (FKBTI) Ika (FKBTI) Kabupaten Tanggamus yang merupakan salah satu satu upaya menjaga keberlangsungan tatanan masyarakat Kabupaten Tanggamus yang sejahtera yang terpenuhinya kebutuhan hidup baik secara jasmani dan rohani, dan hidup dalam kedamaian dan ketentraman. Salah satu upaya tersebut dengan cara menumbuhkembangkan semangat Bhinneka Tunggal Ika dan toleransi antar adat, budaya, etnis, suku, agama dan golongan, sehingga pembangunan anggamus yang Ramah, Amanah, Tegas, dan Unggul yang berazaskan Pancasila dan UUD 1945 dapat terwujud. 


Seperti tadi sudah dijelaskan bahwa Forum FKBTI Selaku penyelenggara telah terbentuk sejak tahun 2019 lalu, dan dengan kehadiran FKBTI ini saya harap dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat dengan tidak membedakan antara suku yang satu dengan yang lain dan mengantisipasi agar tidak ada perpecahan dalam wilayah Kabupaten Tanggamus, mari kita hilangkan sekat itu bersama, karena yang kita butuhkan adalah semangat untuk ini bersama-sama memajukan Bumi Begawi Jejama dengan cara merekatkan Persatuan dan Kesatuan sehingga nantinya akan timbul ide-ide dan inovasi yang bisa kita ambil.



Dengan Forum ini, dapat membantu pelayanan kepada masyarakat dalam membangun Kabupaten Tanggamus melalui jalur Bhinneka Tunggal Ika. Forum ini juga sebagai mitra Pemerintah Daerah guna merumuskan rekomendasi kepada Pimpinan Daerah, dengan aktif menjaring aspirasi masyarakat dalam kebhinnekaan dan ikut membantu Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam menanggulangi masalah-masalah konflik sosial kemasyarakatan.


Terkait kegiatan Gelar Festival ini, Saya ingin dapat berjalan dengan baik, sesuai tujuan yang diharapkan seperti: 

1. Memperkenal kan generasi muda milenial. 

2. Merevitalisasi dan melestarikan warisan budaya. kekayaan budaya kepada 

3 untuk menjadi pelaku budaya atau pewaris tradisi. 

4. Membina apresiasi seni tradisi generasi milenial Menanamkan kesadaran dalam diri generasi milenial untuk mencintai budaya bangsa. 

5. Membentuk karakter bangsaa dengan mengembangkan pemahaman dan kreativitas untuk melindungi seni tradisi. Kegiatan Lomba yang dilakukan secara online dan bertema "Merajut Kebhinnekaan Tanggamus Meneguhkan Tradisi Nusantara", diikuti oleh peserta pelajar setingkat SMA/MA/SMK dan kelompok Karang Taruna seProvinsi Lampung.


Adapun jenis yang dilombakan adalah sebagai berikut: 1. Lomba Cipta Musik Tradisional. 2. Lomba Solo Song. 3. Lomba Cipta Puisi. 4. Lomba Tari Tradisional. 5. Lomba Pidato Kebhinnekaan. Pelaksanaan kegiatan lomba telah dimulai sejak awal Oktober 2021, dan pada hari ini kita bersama- sama menyaksikan pemenang dari lomba-lomba tersebut. 



Oleh karenanya saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga menjadi motivasi untuk lebih mencintai budaya bangsa, semakin kreatif dan inovatif dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Mari kita lestarikan budaya yang ada di Kabupaten Tanggamus, kita tidak ingin budaya-budaya di Bumi Begawi Jejama ini hilang, seperti yang terjadi di daerah-daerah lain.


Melalui Kegiatan ini, mari kita bersama-samaa menjaga dan merawat keaneka- ragaman sebagai kekayaan dan jati diri bangsa guna mewujudkan toleransi antar adat, seni budaya, etnis, suku, agama dan golongan untuk memajukan Kabupaten Tanggamus yang kita cintai. Perbedaan dan Keberagaman itu adalah anugerah dari Allah SWT. Oleh karena itu mari terus kita jaga dan pelihara. mari kita bersatu padu mewujudkan Visi Pembangunan kita yaitu Terwujudnya Masyarakat Tanggamus yang Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera. TangguhTangguh. (*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages