Gubernur Arinal Raih Piagam Penghargaan Bidang Ketenagakerjaan Paramakarya 2021 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Jumat, 19 November 2021

Gubernur Arinal Raih Piagam Penghargaan Bidang Ketenagakerjaan Paramakarya 2021


Jakarta,Harian Koridor.com-Gubernur Arinal Djunaidi menerima Piagam Penghargaan Pembinaan Produktivitas Paramakarya 2021 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. Penghargaan tersebut diterima Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dari Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Hotel Grand Sahid, Kamis (18/11/2021).

Gubernur Arinal Djunaidi menerima Penghargaan Produktivitas Paramakarya 2021 karena dinilai berhasil memberikan dukungan dan pembinaan terhadap pelaku usaha kecil dan menengah serta perusahaan di Provinsi Lampung

Atas binaan dari Gubernur Lampung, pelaku usaha kecil dan menengah serta perusahaan di Provinsi Lampung berhasil meningkatkan produktivitas dan inovasi dalam mengembangkan produk, sehingga memberikan nilai tambah dan daya saing.

Di hadapan beberapa jurnalis seusai acara penganugerahan, Gubernur Arinal menjelaskan, Provinsi Lampung mendapatkan Penghargaan Paramakarya 2021 karena dari sisi ketenagakerjaan, Lampung termasuk Provinsi yang dinilai berhasil dalam menelurkan berbagai inovasi dan peningkatan produktivitas.

Hari ini saya mendapatkan penghargaan ini karena kebutuhan, lalu pemasaran sekaligus kesiapan tenaga kerjanya seimbang dan dapat berjalan, sehingga ekonomi Lampung dapat tumbuh positif," ungkap Arinal.

Di sisi lain Gubernur juga menguraikan berbagai perkembangan di sektor pertanian yang digerakkan oleh program KPB hingga pengembangan UMKM di Provinsi Lampung.


Pengembangan UMKM dimaksud diantaranya dengan merencanakan membangun sentra UMKM pada kawasan Wisata Terpadu Bakauheni (Bakauheni Harbour City) dan sekitar Bandar Lampung.


Gubernur Arinal Djunaidi menambahkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah pusat atas kinerja Pemerintah Provinsi Lampung di bidang ketenagakerjaan, khususnya dalam pembinaan tenaga kerja, peningkatan daya saing dan produktivitas pelaku usaha di Provinsi Lampung.


Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah, dalam sambutannya mengatakan Paramakarya adalah penganugerahan tertinggi kepada perusahaan berdasarkan unsur produktivitas tingkat nasional yang diberikan Presiden RI melalui Kemnaker dan digelar setiap dua tahun sekali pada tahun ganjil sejak tahun 1994. Penyelenggaraan Penganugerahan Paramakarya 2021 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-11.


Pada kesempatan yang sama Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada perusahaan-perusahaan dan pemerintah daerah atas perolehan Penghargaan Paramakarya 2021.


Wapres meyakini, penentuan penganugerahan ini berdasarkan penilaian yang sahih. Elemen-elemen penilaian menggunakan Malcolm Baldrige Criteria seperti: kepemimpinan; perencanaan strategis; fokus pada sumber daya manusia; fokus pada pelanggan; data, informasi dan analisis; manajemen proses; dan hasil usaha merupakan elemen penting yang perlu diukur. 


Selanjutnya Wapres mengatakan, melalui pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah, Kemnaker ingin meyakinkan semua pihak bahwa peningkatan produktivitas berjalan seiring atau simultan dengan peningkatan dan pertumbuhan ekonomi, termasuk di dalamnya penurunan angka pengangguran serta peningkatan kualitas

keselamatan dan kesehatan kerja (K3). 


"Sekali lagi, saya mengucapkan selamat kepada 34 perusahaan yang berhak mendapatkan anugerah Paramakarya dan pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten/kota) yang telah menyumbang peningkatan produktivitas. Anda semua telah menyumbang peningkatan angka produktivitas nasional,"  tutup Wapres Ma'ruf Amin.


Selain itu, Trofi dan Piagam Penghargaan Paramakarya 2021 juga diberikan kepada CV Ratu Luwak Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lampung Barat dengan kualifikasi Pemimpin Baru.


Pemillik CV Ratu Luwak, Syafri, mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Lampung dan Bupati Lampung Barat atas pembinaan yang telah dilakukan, sehingga dapat meraih penghargaan ini. (*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages