Gerakan FKUB Kota Metro Gelar Dialog Tentang Moderasi Beragama Di LEG Kartika Metro - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 21 Desember 2021

Gerakan FKUB Kota Metro Gelar Dialog Tentang Moderasi Beragama Di LEG Kartika Metro


Metro,Harian Koridor.com-Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Metro menggelar Dialog tentang Moderasi Beragama. Acara berlangsung di LEC Kartikatama Kota Metro, Selasa (21/12/2021).


Dengan memahami moderasi beragama dan wawasan kebangsaan, dapat menciptakan persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa. Acara dibuka secara langsung oleh Walikota Metro Wahdi Siradjuddin.


Wahdi Siradjuddin selaku Walikota Metro menyampaikan, hari ini diadakan silaturohim dan Dialog Moderasi Beragama oleh FKUB Metro.


“Alhamdulillah pada kesempatan ini, kita mendapatkan penghargaan dari Kementerian Agama untuk Walikota Metro, sebagai walikota yang menjalankan moderasi keberagamaan,” ujar Wahdi.


Wahdi menjelaskan, jadi, moderasi itu adalah paham bagaimana kita sebagai umat beragama secara moderen. Yang mana, moderen itu artinya keilmuan.


“Yaitu, mempelajari ilmu dengan sebaik-baiknya, dan menerapkan ilmu itu untuk nilai kemanfaatan. Sehingga, dapat menjaga nilai silaturohim. Jadi, kegiatan ini sangat penting sekali, untuk semua umat beragama,” tutup Wahdi.


Ditempat yang sama, Sujino selaku Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Metro menyampaikan, kegiatan kita hari ini adalah dialog tentang Moderasi Beragama. Ini merupakan tema penting, tema nasional yang sudah diprogramkan oleh Kementerian Agama.


“Tentunya, dalam hal ini, FKUB di Kota Metro sebagai mitra pemerintah, berkewajiban untuk ikut membantu mensosialisasikan. Ini adalah suatu materi yang bersifat kemitraan, dan tidak akan mungkin kerukunan dan perdamaian bisa tercipta tanpa adanya sebuah dialog yang berkaitan dengan Moderasi Beragama. Kalau sudah terjadi dialog, nanti akan memunculkan rasa saling memahami. Sehingga, kalau sudah memahaminya, nanti akan timbul sikap saling tolong, toleransi dan saling menjamin,” ujar Sujino.


Sujino juga menyampaikan, FKUB Kota Metro sangat berkepentingan dalam hal ini. Maka, pembicara yang kita hadirkan dalam dialog ini, agar nanti hasilnya bisa tersampaikan ke masyarakat, kita libatkan dari Kodim 0411/KM, Polres Metro, Kementerian Agama dan Pemerintah Kota Metro. Alhamdulillah pada kesempatan ini Walikota Metro dapat hadir dan membuka secara langsung kegiatan ini.


“Adapun peserta yang mengikuti kegiatan hari ini adalah langsung dari semua penyuluh agama se-Kota Metro, Pondok Pesantren se-Kota Metro dan ditambah dengan tokoh dari Ormas Islam dan lembaga keagamaan dari semua agama yang ada di Kota Metro,” pungkas Sujino. (Husni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages