Kodim 0424/TGM Siap Membantu Pemda Dalam Menanggulangi Bencana Alam - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Jumat, 17 Desember 2021

Kodim 0424/TGM Siap Membantu Pemda Dalam Menanggulangi Bencana Alam


Pringsewu,Harian Koridor.com-Apel pagi tentang persiapan pemerintah dalam menanggulangi bencana alam di daerah, bertempat di lapangan upacara pemkab Pringsewu, Jumat(17/12).


Turut hadir dalam kegiatan tersebut AKBP. Rio Cahyowidi (Kapolres Pringsewu), Mayor Cpm. Eva Yuniar Kamal (Pabung Dim 0424/Tanggamus Mewakili Dandim), Purhadi (Asisten 1 Pemerintahan Kab. Pringsewu), Maskur (Asisten 2 Pemerintahan Kab. Pringsewu, Hasan Basri (Asisten 3 Pemerintahan Kab. Pringsewu), Hi.Kotim (Kadis Perhubungan Kab. Pringsewu), Edi Sumber Pamungkas (Kepala BPBD Kab. Pringsewu), H.Ibnu Hardiyanto (Kasat Pol PP Kab. Pringsewu dan segenap para OPD Kab. Pringsewu lebih kurang 30 orang.


Adapun pasukan dan Kendaraan yang diapelkan  1 (Satu) regu pasukan Kodim 0424 /Tanggamus.1 (Satu) regu pasukan dan 3 Kendaraan Sat Pol PP Kab. Pringsewu.1 (Satu) pleton pasukan dan 4 kendaraan dinas Perhubungan Kab. Pringsewu.2 (Dua) pleton personil dan 7 unit Kendaraan serta alat Damkar/BPBD Kab. Pringsewu,1 (satu) tegu Personil dan 1 Kendaraan Tagana Kabupaten Pringsewu 1 (satu) regu personil dan 10 (Sembilan) Unit Kendaraan Dinas Kesehatan Pringsewu,1 (Satu) regu personil dan Kendaraan RAPI Kab. Pringsewu.1 (satu) regu personil Banser Kabupaten Pringsewu.1 (Satu) pleton personil dan Kendaraan ORARI Kabupaten. Pringsewu,1 (satu) regu perwakilan  Pramuka Kabupaten Pringsewu.


 Sambutan Bupati Pringsewu H.Sujadi menyampaikan  Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tulus kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan bersinergi bersama untuk menjadi bagian dari kegiatan pengamanan dalam rangka siaga bencana di Kabupaten Pringsewu ini.


Ia juga menambahkan sebagai salah satu bentuk tindakan nyata dalam melaksanakan kewajiban kita warga negara dan warga masyarakat serta ASN di ruang lingkup Pemerintahan Kabupaten Pringsewu untuk mewujudkan keamanan, kenyamanan dan membangun Kabupaten Pringsewu yang kita cintai. 


"Kesiapsiagaan dalam mencegah, menghadapi dan menanggulangi bencana alam yang mungkin terjadi merupakan tanggung jawab pentahelix dari lima elemen, yaitu pemerintah daerah, swasta, masyaraka atau komunitas, akademisi, dan media massa,"Ujarnya. 


Dalam hal ini, kita selalu dituntut agar mampu bertindak proaktif dalam menyikapinya, jangan menunggu bencana terjadi. Apalagi saat ini dunia sedang menghadapi perubahan iklim akibat pemanasan global, yang tentunya memberikan dampak berupa bencana hidrometeorologi seperti banjir dan cuaca ekstrem yang potensinya dimiliki oleh Kabupaten Pringsewu. 


Iya juga menjelaskan Ancaman perubahan iklim yang terjadi saat ini harus dihadapi dengan melakukan persiapan dan adaptasi melalui peningkatan pengetahuan dan kapasitas di bidang penanggulangan bencana.


 Dimana saat terdapat potensi bencana, diperlukan adanya kesiapsiagaan yang didahului pembagian tugas yang jelas dari semua elemen masyarakat, kelengkapan peralatan yang siap pakai, logistik bantuan yang cukup dan baik pemantauan yang diperluas di lokasi rawan bencana identifikasi mendalam potensi bencana yang ada dan keselamatan kaum rentan yang diprioritaskan.


"Saat ini kegiatan penyelenggaraan penanggulangan bencana dalam kondisi siaga bencana juga harus responsif gender untuk memastikan pemenuhan hak-hak  kebutuhan laki-laki dan perempuan secara manusiawi,"Tuturnya.


 Dalam hal terutama di tingkat daerah, pelaksanaan program pengarusutamaan gender di bidang penanggulangan bencana dilakukan BPBD bekerja sama dengan perangkat daerah yang membidangi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, tidak ada lagi stigma bahwa penanggulangan bencana adalah kewajiban kaum laki-laki, namun juga didalamnya dibutuhkan peran serta kaum perempuan sebagai bagian tak terpisahkan dalam suatu upaya penanggulangan bencana. 


" Kerjasama yang baik lintas sektoral akan mempermudah dan memperlancar upaya pencegahan, dan penanggulangan terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi, oleh karena itu mengajak semua pihak, mari bersinergi bersama Pentium monointoiens

untuk menciptakan rasa aman, nyaman dengan benar- benar menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab bagi warga masyarakat Kabupaten Pringsewu,"Ungkapnya.


"Amanah besar yang kita emban karena menyangkut nyawa dan hak warga masyarakat untuk dilindungi. Komunikasikan dengan baik segala hal terkait pencegahan dan penanggulangan bencana, sehingga sedapat mungkin dapat mengurangi potensi dan dampak buruk yang mungkin terjadi di Kabupaten Pringsewu,"Tutupnya.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages