Wabup AM.Syafi'i Buka Sosialisasi Indeks Inovasi daerah Pemkab Tanggamus - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Sabtu, 11 Desember 2021

Wabup AM.Syafi'i Buka Sosialisasi Indeks Inovasi daerah Pemkab Tanggamus


Bandar Lampung,Harian Koridor.com-Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, mewakili Bupati Hj. Dewi Handajani, membuka kegiatan Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah Pemerintah Kabupaten Tanggamus di Ballroom Hotel Emersia, Jumat (10/12/2021).


Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Agus Fatoni, para Narasumber dari Kemendagri, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat Pemkab Tangggamus, serta diikuti secara virtual oleh lurah dan kepala pekon se Kabupaten Tanggamus. 


Wabup AM. Syafi'i dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kesungguhan Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk meraih Predikat  Daerah Terinovatif dalam Innovative Government Awards (IGA) Tahun 2021. 


"Melalui inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan publik, arah kebijakan pemerintah abad 21 adalah 'To Change and Innovate'. Oleh karena itu masing-masing perangkat daerah harus mampu menciptakan kegiatan berbasis kepada inovasi," tandas Wabup. 


Sementara Kepala Badan Litbang Kemendagri Agus Fatoni, mengatakan inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya, baik berupa gagasan, metode, atau alat.  


"Namun hal itu tidak akan berjalan efektif tanpa peran berbagai lapisan masyarakat terutama dalam menyalurkan ide-ide. Inovasi dilingkup daerah atau disebut inovasi daerah diharapkan dapat mengakomodir ide-ide yang belum tertuang dan mendayagunakan ide-ide yang sudah terdaftar dan atau sudah memiliki hak cipta dalam Indeks Inovasi Daerah," kata Agus. 


Agus menerangkan, sebagai bentuk motivasi dalam kegiatan Inovasi Daerah diagendakan pula Pemberian Penghargaan Inovative Government Award (IGA) diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.


Agus juga mengapresiasi Kabupaten Tanggamus yang pad tahun 2021 mengalami peningkatan jumlah inovasi dibandingkan tahun 2020. Dimana terdapat 167 inovasi dari 32 urusan pemerintahan yang dilakukan. 


"Ayo, jangan lelah untuk menciptakan terobosan-terobosan, susun strategi membudayakan inovasi meskipun kita kekurangan pendanaan dan sumberdaya manusia," pungkas Agus. 


Dalam kesempatan itu diserahkan juga penghargaan kepada perangkat daerah Kabupaten Tanggamus terinovatif, yang terdiri 4 Kategori yang diraih oleh 12 OPD dan 2 individu. (*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages