Fauzi Ajak Sukseskan Pringsewu Sebagai Kabupaten Literasi - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Senin, 10 Januari 2022

Fauzi Ajak Sukseskan Pringsewu Sebagai Kabupaten Literasi


Pringsewu,Harian Koridor.com-Wakil Bupati Pringsewu H.Fauzi mengajak seluruh komponen di Kabupaten Pringsewu untuk menyukseskan Pringsewu sebagai Kabupaten Literasi.Diantaranya dengan menjadikan kecamatan serta pekon sebagai Kecamatan dan Pekon Literasi. 


"Dengan bersama-sama membuktikannya dengan adanya perpustakaan maupun rumah baca di setiap pekon", ucapnya saat menyerahkan bantuan buku dan peralatan belajar kepada Rumah Baca Pelangi Senja di Pekon Fajarmulya, Kecamatan Pagelaran Utara, Senin (10/1/22).


Bahkan, Fauzi juga berharap adanya perpustakaan di rumah-rumah ibadah maupun pusat keramaian di setiap pekon yang ada. Menurutnya,  keberadaan perpustakaan pekon tidak harus berada di kantor pekon, akan tetapi di tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat.


Ia juga memohon bantuan dan peran serta seluruh pihak dalam mewujudkan perpustakaan atau tempat baca di pekon masing-masing. 


"Jika kita menyumbang buku atau bahan bacaan yang bermanfaat,  itu sama dengan bersedekah ilmu atau beramal jariah. Saya mengapresiasi langkah yang dilakukan mbak Farida yang telah mendirikan Rumah Baca Pelangi Senja di Pekon Fajarmulya ini", ujar Wabup Pringsewu.


Sementara, Pengelola Rumah Baca Pelangi Senja Pekon Fajarmulya Farida mengatakan didirikannya rumah baca tersebut pada 5 Desember 2020 lalu, dipicu dari rasa keprihatinannya saat pandemi melihat anak-anak tidak ada kegiatan belajar di sekolah, dan bahkan waktunya banyak dihabiskan untuk bermain gadget. 


Sehingga ia berharap dengan adanya Rumah Baca Pelangi Senja yang awalnya hanya memiliki koleksi 30 judul buku dan saat ini berkembang menjadi 500 judul buku, anak-anak tetap bisa melakukan kegiatan bermanfaat seperti belajar dan membaca di perpustakaan, selain menumbuhkan minat baca di kalangan anak-anak setempat. "Sambutannya sangat baik, baik anak-anak maupun para orang tua", katanya.


Pada acara yang dihadiri  Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu Yanwir, Camat Pagelaran Utara Meizar Alma beserta para Kapekon dan Babinsa se-Kecamatan Pagelaran Utara, Farida juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Pringsewu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat yang telah memberikan bantuan buku dan peralatan sekolah. 


Dalam pada itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu Yanwir mengungkapkan dari seluruh pekon dan pekon persiapan yang ada di Pringsewu, baru 2 pekon yang telah mendirikan Perpustakaan Pekon dari Dana Desa, yakni Pekon Bumiratu, Kecamatan Pagelaran dan Pekon Sidoharjo, Kecamatan Pringsewu. Ia berharap kedepan langkah tersebut akan diikuti oleh pekon-pekon lainnya di Kabupaten Pringsewu.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages