Sambut Tahun Baru 2022, Bupati Dewi Gelar doa Bersama - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Sabtu, 01 Januari 2022

Sambut Tahun Baru 2022, Bupati Dewi Gelar doa Bersama


Tanggamus,Harian Koridor.com-Bupati Tanggamus menggelar Do'a bersama menyambut tahun baru 2022 Kabupaten Tanggamus melalui vicon jum'at (31/12/2021).


Turut mengikuti kegiatan tersebut secara virtual, Hi. AM.Syafi’i, Wakil Bupati Tanggamus, Para Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Tanggamus, Para Anggota FORKOPIMDA Kab. Tanggamus, Sekretaris Daerah, beserta Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas Pemerintah Kabupaten Tanggamus, Kepala Instansi Vertikal/BUMN dan BUMD SeKabupaten Tanggamus, Ketua MUI dan Ketua BAZNAS Kab. Tanggamus, Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanggamus, Para Camat dan Ketua PKK Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus, Ketua APDESI, Para Kepala Pekon dan Aparat Pekon seKabupaten Tanggamus, Pimpinan Gereja Santo Pius Gisting, Pimpinan Gereja PGI Gisting, Pimpinan Pure Pekon Kalirejo Kecamatan Wonosobo, dan Pimpinan Wihara Kecamatan Kota Agung.


Bupati menyampaikan Tidak terasa sudah setahun kita menjalani kehidupan di tahun 2021, sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2022. Mengingat situasi dan kondisi saat ini masih pandemi Covid-19, sehingga doa bersama ini dilakukan secara virtual dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.

Selama hampir 2 tahun terakhir ini, negeri kita termasuk Tanggamus tengah ditimpa musibah, Nusantara berduka. Hari-hari selama Tahun 2021 ini, kita selalu disibukkan untuk menangkal dan mencegah merebaknya Covid-19. Bukan hanya sektor kesehatan yang terdampak, namun juga sektor-sektor lainnya. 

Ada banyak goresan luka yang timbul akibat merebaknya wabah ini. Banyak korban jiwa berjatuhan, Kita benar-benar berduka, namun kita semua harus tetap optimis bahwa Allah tidak akan memberi cobaan di luar kesanggupan kita untuk memikulnya.

Kita sangat sadar bahwa semua cobaan dan musibah itu datang atas ijin dan kehendak Allah, dan Ia juga lah yang kuasa untuk mencabut dan melenyapkannya.


Selama ini, kita telah bersungguh-sungguh berusaha untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19, segala usaha telah dilakukan sesuai aturan dan kebijakan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kebijakan pemda Tanggamus, sejalan dengan perintah 


Allah bahwa “Sesungguhnya Allah tidak akan 

mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. (QS Ar-Ra’d, ayat 11)”. Namun Ia juga menyuruh kita untuk berdoa, agar dikabulkanNya. (QS Gafir: Ayat 60).

Berusaha dan berdoa adalah dua perintah Allah yang harus terus kita lakukan dalam hidup ini. 

Karena itu, pada siang hari ini, kita bersama-sama, lintas agama, suku dan golongan untuk melakukan doa bersama. Meski masing-masing kita terpisah tempat, namun hati dan batin kita berada dalam satu doa dan harapan, semoga Allah memberikan perlindungan dan kesehatan, memberikan Rahmat dan Ridho-Nya, diberikan kekuatan lahir dan batin, serta memberkahi Kabupaten Tanggamus agar lebih maju dan berkembang di tahun-tahun yang akan datang. Aamiin.



Pada kesempatan yang baik ini, saya juga mengajak saudara-saudara semuanya untuk bersama-sama membangun kehidupan bermasyarakat ke arah yang lebih baik. Momen Pergantian Tahun ini, hendaknya kita jadikan momentum untuk bertekad bangkit kembali membangun diri dengan nilai-nilai moral yang lebih baik. Kita menyadari bahwa perubahan itu tidak mudah, namun kita terus berupaya melakukan perubahan-perubahan dalam berbagai aspek.Sebagai contoh dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, kita terus berusaha melakukan perubahan sungguh-sunggguh untuk membangun pemerintahan yang baik, serta memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya dengan membudayakan pelayanan RATU (Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul), memenuhi rasa keadilan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan, dan mendahulukan kepentingan rakyat.

Program 55 Aksi Bupati dan Wakil Bupati juga telah kita laksanakan dan sebagian besar membawa hasil dan dampak yang cukup baik. Beberapa program 55 Aksi yang telah kita lakukan diantaranya:

-Program 1 Ambulans 1 Pekon : saat ini telah tersedia 298 unit mobil Ambulans Pekon dan Kapal Ambulans Laut yang dapat dioperasikan. Tinggal tersisa 1 Pekon (Atar Lebar-BNS) yang belum memiliki ambulans pekon, dikarenakan lokasi medan transportasi yang sangat menyulitkan sehingga belum dapat diakomodir.

- Dari 17 Puskesmas Rawat Inap yang ada di 

Tanggamus, telah memiliki Alat USG.

-Pelayanan Home Care Lansia, telah melaksanakan kunjungan kepada 7770 lansia seTanggamus.

- Akte kelahiran sudah dapat diterima di klinik bersalin, Puskesmas Rawat Inap dan RS di Tanggamus.

- Pelayanan Adminduk dengan mobil e-KTP keliling yang rutin dilaksanakan dan tidak dipungut biaya.

-Melaksanakan kegiatan Bedah Rumah, dengan target 500 rumah/tahun.

-Melaksanakan Program pemberantasan buta aksara Al-Qur’an melalui Lomba Da’i Cilik, MTQ Pelajar dan sebagainya.

-Setiap tahun memberikan penghargaan kepada 20 orang Santri dan Santriwati, Siswa-Siswi berprestasi, pemberian insentif kepada 1.496 guru TKS, 767 tenaga teknis, 1.229 pendidik PAUD dan 1.727 guru PGHM dengan jumlah dana 13,7 Miliar rupiah.

-Setiap tahun memberikan Bantuan Operasional dan Insentif Tendik PAUD dan Tenaga Kependidikan kepada 434 Lembaga dengan jumlah mencapai 4,6 Miliar Rupiah; juga pembangunan Rumah Dinas Guru Daerah Terpencil sebanyak 1 unit. Pemberian beasiswa kepada siswa tidak mampu berprestasi kuliah di Perguruan Tinggi Negeri kepada 20 orang dengan jumlah 52,5 juta Rupiah.

-Mewujudkan Kabupaten Tanggamus sebagai kabupaten yang agamis. Hal ini ditandai dengan banyaknya tempat ibadah 991 Masjid, 1.159 Musholla, 14 Gereja Katolik, 15 Gereja Protestan, 6 Pura dan 1 Vihara. 

-Pemberangkatan Umroh kepada 51 orang (tahun 2020-2021 ditunda karena pandemi), pemberian bantuan kepada 224 Masjid dan Musholla, serta pemberian bantuan terhadap 50 Pondok Pasantren.

-Peningkatan Insentif Guru Ngaji, Bantuan Operasional Penggiat Keagamaan, Bantuan Majelis Taklim dan Organisasi Keagamaan, setiap tahun memberikan:

a) Majelis taklim, sebanyak 1800 kelompok, 

masing-masing kelompok menerima Rp.500.000,-

b) Guru Ngaji, sebanyak 302 orang, masing-masing menerima Rp.600.000,-

c) Penceramah/Khotib, sebanyak 302 orang, 

masing-masing menerima Rp.600.000,-

d) P3N, sebanyak 35 orang, masing-masing menerima Rp.750.000,-

e) Marbot, sebanyak 1000 orang, masing-masing menerima Rp.200.000,-

f) Sekolah Minggu, sebanyak 40 orang, masing-masing menerima Rp.750 ribu,-

-Untuk Infrastruktur kesehatan dari tahun ke tahun terus dibenahi dan ditingkatkan, saat ini terdapat 2 rumah sakit, rumah bersalin 2 unit, puskesmas 24 unit (Rawat Inap 17 unit), 53 puskesmas pembantu dan 21 poliklinik serta posyandu plus 672 unit.

-Untuk insentif dan tunjangan tenaga kesehatan juga terus kita berikan, ditahun lalu terdapat 545 orang bidan, 264 orang perawat, 79 orang ahli gizi, 52 orang dokter umum, 14 orang Dokter Spesialis, 3 orang dokter gigi, dan 14 orang tenaga farmasi.

-Peningkatan dan rehabilitasi infrastruktur menjadi prioritas pembangunan, namun dimasa pandemi beberapa program sedikit terhambat namun akan kita selesaikan di tahun depan. 

Prestasi dan penghargaan bidang lainnya, diantaranya:

-Meraih opini WTP dari BPK. Merupakan Raihan 3 Tahun berturut-turut selama 3 tahun menjabat Bupati Tanggamus. Secara total Tanggamus telah meraih 6 kali Raihan WTP dari BPK (Tahun 2015, 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021).

-Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung. Ini merupakan Raihan Juara Umum untuk 5 kali berturut-turut sejak Tahun 2016 sampai dengan Tahun 2019. Penyelenggaraan Tahun 2020 ditunda, dilaksanakan tahun 2021 ini.

-Menyelenggarakan Pilkakon serentak terbesar di Bulan Desember Tahun 2020, dan Bulan Februari 2021 meraih Piagam Penghargaan dari Kemendagri sebagai Kabupaten yang menyelenggarakan Pilkakon serentak dengan jumlah Pekon terbanyak 220 Pekon, yang dilaksanakan sesuai dengan Prokes Covid-19.

-Meraih penghargaan Kabupaten Cukup Peduli HAM Tingkat Nasional, selama 3 tahun berturut-turut (2019-2021), dari Kemenkum HAM RI;

-Jika di tahun 2019 masih terdapat 4 Pekon Sangat Tertinggal, namun di Tahun 2021 tidak ada lagi Pekon Sangat Tertinggal di Kabupaten Tanggamus. 

-Meraih Penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2021, dari BKKBN.

-Tanggamus telah ditetapkan sebagai Kabupaten Layak Anak pada tahun 2021 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak.

-Meraih Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021.

-Meraih Top pembina BUMD award pada tahun 2020 dan 2021.

-Meraih Penghargaan Tribun Lampung Award, sebagai Kepala daerah dan BUMN yang telah membuat program Pro-Rakyat dalam penanganan Covid-19.

-Meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Utama dari Kementerian LHK yang diraih Pekon Ngarip.

-Meraih penghargaan Kepala Daerah sebagai Pembina Proklim Utama.

-Tanggamus ditetapkan sebagai Kabupaten Literasi.

-Predikat "B" SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dari Kementerian PAN RB.

-Meraih predikat Kepatuhan Tinggi Standar 

Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Ombudsman RI.

-Menerima Penghargaan Kabupaten TER-INOVATIF pada acara Innovative Goverment Award (IGA) dari Kemendagri.

-Menerima Penghargaan "Gatra Citra Perempuan Indonesia, Kategori Adhi Bhakti Nindya Rahardja", yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada 12 Desember 2021. Penghargaan ini diberikan kepada 12 perempuan Indonesia yang dinilai memberikan kontribusi bagi kebermanfaatan untuk orang lain. Tidak hanya bagi keluarga, namun kepada masyarakat, bangsa dan negara melalui bidang tugasnya masing-masing.

-Meraih 2 prestasi pada ajang Apkasi Otonomi Expo 2021, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, yaitu;

1. Juara I Stan Terinspiratif.

2. Juara I Putri Otonomi Daerah 2021 yang diraih oleh Sdri. Mega Diana Zamzam.

-Alhamdulillah, dalam upaya Percepatan Vaksinasi, Target nasional yaitu 70% warga tervaksin di awal tahun 2022 telah berhasil dicapai. Sampai hari kemarin prosentase warga yang telah di Vaksin di Kabupaten Tanggamus dengan sasaran 471.722 orang, untuk Dosis I sebanyak 336.218 orang atau 71,27%, Dosis II sebanyak 160.162 orang atau 33,95%,

Banyak lagi penghargaan serta prestasi lainnya, baik prestasi individu atau prestasi daerah. Keberhasilan dan prestasi ini merupakan buah keberhasilan kerja keras dan kerja nyata dari seluruh komponen warga 

masyarakat Kabupaten Tanggamus, termasuk rekan-rekan Anggota FORKOPIMDA, para Anggota DPRD, ASN, TNI/Polri, Partai Politik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Pemuda-Pemudi dan lain-ain.


Dalam proses pembangunan di Kabupaten kita tercinta ini, satu hal yang tak kalah penting adalah tetap terjaganya situasi kondusif, aman tenteram dan damai. Karena dengan situasi yang kondusif itu, maka kita dapat menggerakkan dan mengarahkan pembangunan untuk mengolah potensi nyata daerah ini, memenuhi harapan masyarakat secara langsung baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. 

Mari kita ikuti acara ini dengan penuh khidmat, khusyuk serta ikhlas, semoga amal ibadah kita di terima dan di Ridhai oleh Allah SWT. Akhirnya kepada Allah jualah kita bermohon dan berserah diri, semoga apa yang kita laksanakan senantiasa mendapat Rahmat dan Ridha–Nya.


Mengakhiri sambutannya,. Bupati mengucapkan “SELAMAT TINGGAL 2021 DAN SELAMAT DATANG 2022”.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages