Untuk Kesejahteraan Masyarakat, Parosil Utamakan Perbaikan Akses Jalan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Kamis, 10 Februari 2022

Untuk Kesejahteraan Masyarakat, Parosil Utamakan Perbaikan Akses Jalan


Lambar, Harian Koridor.com-Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus – Mad Hasnurin (PM) melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2022 di Kecamatan Belalau yang dipusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) Bumi Saikhawan Pekon Hujung, Selasa (8/2/2022).


Musrenbang tersebut dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 yang dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Partinia Parosil Mabsus, Anggota DPRD, Assisten, para Kepala Perangkat Daerah, Camat Belalau dan Peratin, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Lampung Barat, Kelompok Tani serta masyarakat yang ada di Kecamatan Belalau.


Kehadiran kedua kepala daerah lambar di lokasi acara disambut dengan arak-arakan adat Lampung Aban Gemisikh dan Silek Lampung menuju gedung acara. Setelah sampai di ruang gedung, Rombongan kembali disambut dengan penampilan Tari Sembah Batin dan Tari Kipas serta ditutup dengan penampilan Budaya Nyambai.


Musrenbang tersebut didukung dengan adanya pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan dan UMKM. Kemudian didukung adanya Gebyar Vaksin, Perpustakaan Keliling, pelayanan administrasi kependudukan serta sanggar seni orkes gambus tradisional lampung.


Bupati Parosil secara simbolis melakukan penyerahan dana untuk Kecamatan Belalau dan penyerahan Dana Desa (DD) untuk 10 Pekon yang ada di Kecamatan Belalau, yakni Pekon Kenali, Bedudu, Suka Makmur, Turgak, Bumi Agung, Fajar Agung, Serungkuk, Hujung, Sukarame dan Pekon Kejadian.


Selanjutnya penyerahan biaya penyelenggaraan Pendidikan Merata (PM) dan sarana prasarana pendidikan, penyerahan bantuan alat perkebunan dan bantuan bibit tanaman buah serta penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk masyarakat di Kecamatan Belalau.


Dalam Musrenbang tersebut, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus menyampaikan bahwa infrastruktur merupakan poin utama di dalam pembangunan. Mengingat, Wilayah Kabupaten Lampung Barat adalah kabupaten yang didominasi oleh masyarakat yang berprofesi sebagai petani.


“Sebetulnya kalau bicara masalah infrastuktur jalan, Lampung Barat ini kita ketahui daerah pertanian, perkebunan dan perikanan, otomatis untuk menggerakkan perekonomian tumbuhnya perekonomian ini dibutuhkan akses infrastuktur yang mantap,” ucapnya.


Dengan adanya infrastruktur yang mantap, Parosil mengatakan kesejahteraan masyarakat akan meningkat.


“Dengan adanya akses yang bagus baik, tentu petani dan masyarakat kita akan merasa terkurangi pengeluaran ongkos dan menambah income atau menambah pendapatan,” paparnya.


Parosil selanjutnya menjelaskan, pihaknya akan melakukan perbaikan jalan di Pekon setempat yang menjadi akses jalan utama bagi masyarakat.


“Untuk perawatan jalan menuju Dusun Suka Makmur dan Dusun Papahan supaya Kepala Dinas PUPR nanti dapat meninjau, Perbaikan jalan itu dari dana pemeliharaan, kalaupun misal tidak bisa di tangani tahun 2022 ini, akan di tangani tahun 2023,” pungkasnya.


Darmawansyah tokoh masyarakat setempat mengucapkan terimakasih atas kehadiran PM di Pekonnya. Ia berharap dalam Musrenbang akan ada terobosan baru terkait pembangunan.


“Kami masyarakat Kecamatan Belalau menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, semoga dengan hadirnya bapak bupati dan bapak wakil bupati dalam Musrenbang tahun ini dapat memberi nilai tersendiri dan adanya terobosan-terobosan baru untuk pembangunan di kecamatan belalau ini, tentunya untuk menopang Lampung Barat Hebat,” ungkapnya.


Darmawansyah memaparkan dan merinci keberhasilan pembangunan atas pitu (7) program yang dicanangkan PM dalam mensejahterakan masyarakat.


“Program-program di bawah kepemimpinan Bapak Bupati dan wakil bupati sungguh sangat dirasakan masyarakat secara keseluruhan yang ditopang pitu program,” ucapnya.


“Tentunya banyak kita rasakan terobosan-terobosan pemerintah untuk membuka ruang bagi kesejahteraan masyarakat,” sambungnya.


Damawansyah menerangkan program-program yang dicanangkan PM langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


“Dengan banyaknya program pemerintah yang telah diluncurkan di bawah kepemimpinan bapak bupati dan wakil bupati bersentuhan langsung dengan masyarakat,” tambahnya.


Atas dasar tersebut, Darmawansyah menyatakan siap mendukung program-program PM di tahun mendatang.


“Mari kita rapatkan barisan, samakan pandang, untuk bapak H. Parosil Mabsus dan bapak H. Mas Hasnurin mari kita dukung di pesta demokrasi 2024,” pungkasnya.(*). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages