Bupati Dewi Hadiri Acara Penyerahan Bantuan Kementerian Pertanian RI - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Senin, 23 Mei 2022

Bupati Dewi Hadiri Acara Penyerahan Bantuan Kementerian Pertanian RI


Tanggamus,Harian Koridor.com-Bupati Tanggamus Menghadiri Acara Penyerahan Bantuan Kementerian Pertanian RI kepada pusat pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) di Kecamatan Semaka Senin (23/5/2022).



Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis ketahanan pangan dan pertanian Catur Agus Dewanto, Mewakili camat Semaka Zainal, Kepala P4S Abdul roni Uspika Kecamatan Semaka serta para peserta dari kelompok wanita tani (Kwt) Semaka dan para Kepala Pekon Se-Kecamatan Semaka.


 Dalam arahannya Bupati menyampaikan, Pada kesempatan pertama, masih dalam suasana bulan syawal, saya mengucapkan "Minal Aidin Walfaidzin". Mohon maaf lahir dan bathin kepada Bapak/Ibu dan Saudara-saudara sekalian. Semoga di hari dan bulan yang baik ini kita semua senantiasa dalam lindungan dan mendapat keberkahan dari Allah SWT.


Salah satu sektor yang menjadi fokus pembangunan di wilayah KabupatenTanggamus adalah sektor pertanian. Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Dinas Ketahanan Pangan dan TPH akan selalu melaksanakan pembangunan sektor Pertanian secara baik dan terencana melalui berbagai program dan kegiatan yang muaranya adalah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Tanggamus.


Untuk mewujudkan sektor pertanian yang baik, dimana Pertanian adalah sektor utama penghasil bahan-bahan makanan dan bahan-bahan industri yang dapat diolah menjadi bahan sandang, pangan, dan papan yang dapat dikonsumsi maupun di perdagangkan, yang artinya memiliki nilai tambah bagi perekonomian masyarakat, maka dari itu pembangunan pertanian merupakan bagian dari pembangunan ekonomi, dan ini dibutuhkan kerjasama semua pihak dan stakeholder yang ada termasuk Pemerintah Pusat.



Dan pada kesempatan hari ini, secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Tanggamus kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pertanian RI yang telah membantu Pemkab Tanggamus untuk mewujudkan kemajuan sektor pertanian di Kabupaten Tanggamus, termasuk pada acara hari ini dilakukan penyerahan bantuan beberapa sarana prasarana berupa,

-Mesin Peras Lemon, sebanyak 1 unit.

-Mesin Peraga Praktek Penyaring/Filtrasi, sebanyak 1 unit.

-Mesin Peraga Praktek Penggiling Limbah Lemon, sebanyak 1 unit.

-Alat Pembuat Tanggal kode produksi jenis CP 2000SE, sebanyak 1 Unit.

-Laptop Asus dan Printer Epson, masing-masing sebanyak 1 unit.


Bantuan ini diberikan kepada Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Agro Persada Nusantara. P4S sendiri merupakan lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok. P4S diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian, yaitu dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayah ini khususnya di Kecamatan Semaka dan sekitarnya.


Kita harus bersyukur atas bantuan-bantuan yang diberikan. Kami akan tetap berupaya agar bantuan dari pusat seperti dari Kementerian Pertanian RI tetap mengalir ke Kabupaten Tanggamus. Ini tentu merupakan komitmen kami pemerintah daerah dan Pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanggamus. 



Kita harus bersyukur atas bantuan-bantuan yang diberikan. Kami akan tetap berupaya agar bantuan dari pusat seperti dari Kementerian Pertanian RI tetap mengalir ke Kabupaten Tanggamus. Ini tentu merupakan komitmen kami pemerintah daerah dan Pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanggamus. 



Di tempat terpisah  'Catur agus dewantoro' selaku kepala dinas ketahanan pangan menyampaikan  penyerahan bantuan dari BPP Lampung (Balai Pelatihan Petanian) Berupa alat pendukung paska panen diprosesing dan satu perangkat leptop guna pengembangan P4S



P4S  yang  sudah bergerak di pengolahan lemon dan alpokat  ,mudah mudah bantuan ini dapat membantu mempermudah dan menjadi efek yang luas karna P4S ini yang bekerja adalah anak-anak muda, dan juga P4S ini ada pelatihannya juga jadi siapapun yang bisa  berlatih disini dan semoga P4S Tanggamus ini bisa cepat berkembang.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages