Satgas TMMD Ke-113 Kodim 0422/LB Terus Berupaya Menyempurnakan Pipanisasi Air Bersih - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Senin, 23 Mei 2022

Satgas TMMD Ke-113 Kodim 0422/LB Terus Berupaya Menyempurnakan Pipanisasi Air Bersih


Lambar,Harian Koridor.com-Infrastruktur merupakan salah satu aspek penting dalam perencanaan wilayah. Dilihat dari sisi fungsinya, infrastruktur memiliki peran penting terhadap perubahan kemakmuran wilayah dan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan air minum dan sanitasi sebagai kebutuhan mutlak kehidupan. Namun keberadaannya di beberapa wilayah masih terkendala pada keterbatasan ketersediaan sarana dan jangkauan pelayanan.


Terkait hal itu sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah ketersediaan air bersih Satgas TMMD Reguler Ke-113 Kodim 0422/LB TA. 2022 di Pekon Suka Maju, Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat bersama warga terus berupaya menyempurnakan pipanisasi air, Senin, (23/05) 


”Kita sempurnakan dan lanjutkan pipanisasi, termasuk pemasangan pipa lanjutan. Tujuannya air bisa mengalir ke rumah-rumah warga, sebelum TNI meninggalkan Pekon Suka Maju  bersamaan dengan berakhirnya TMMD,” jelas Anggota satgas Sertu Yakobus


"Selama ini warga di Pekon Suka Maju mengambil air langsung ke Sungai  secara manual dengan ember, bahkan menampung air hujan untuk masak dan mencuci," kata Dan Ssk.  


Menurut dia, selama proses pembuatan saluran air bersih masyarakat setempat antusias membantu Satgas TMMD secara bergotong royong, karena memang warga sangat merindukan air bersih dari sumber mata air.


Kami berbaur dengan masyarakat bersama - sama membuat saluran air bersih dari mata air bukit," jelas Kapten Arm Iwan 



Komandan Kodim 0422/LB Letnan Kolonel Czi Anton Wibowo Mengatakan "bahwa di sisa waktu pelaksanaan TMMD ini Satgas dibantu warga terus berupaya mempercepat pekerjaan pemasangan pipanisasi sekaligus membangun bak penampungan agar air dengan mudah bisa disuplai ke pemukiman warga. Dengan begitu diharapkan jaringan pipa ini akan bisa memberikan support penyediaan air bersih.


Dirinya berharap dengan teralisasinya pembangunan sarana air bersih di Pekon Suka Maju ini, masyarakat dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.


“Selain kegiatan-kegiatan kemiliteran, TNI juga bertugas untuk menyukseskan pelaksanaan program pemerintah dalam mewujudkan kemakmuran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya yaitu melalui pembangunan infrastruktur air bersih ini” ungkap Dandim.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages