Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo Pimpin Apel Mingguan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 23 Mei 2022

Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo Pimpin Apel Mingguan


Metro,Harian Koridor.com-Sekretaris Daerah Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo, menjadi pemimpin apel Mingguan di Pemerintah Kota Metro. Pada apel telah diikuti seluruh staf pemerintah setempat, Senin (23/05/2022).


Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar lebih meningkatkan disiplin dan kinerja. Sesuai dengan Surat Edaran Menterian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) No. 20 Tahun 2021, tentang Implementasi Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN.


Core Values ASN BerAKHLAK diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 Juli 2021 bersamaan dengan peluncuran employer branding “Bangga Melayani Bangsa”. BerAKHLAK adalah Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.



Bangkit, menyebutkan bahwa Core Value ASN dan Employer Branding ASN yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi, merupakan momen yang tepat bagi seluruh ASN khususnya di Kota Metro untuk bertransformasi, dan meningkatkan kualitas.


“Presiden Jokowi meminta ASN untuk terus meningkatkan kapasitas, kompetensi, kemampuan beradaptasi terhadap teknologi, peningkatan kemampuan kolaborasi baik lintas sektor maupun lintas disiplin. Pemerintah terus mendorong terciptanya pegawai yang dinamis dengan tata kelola pemerintahan yang bersih, efisien dan cepat dalam mengambil keputusan,” jelas Bangkit.


Untuk diketahui akronim BerAKHLAK merupakan panduan perilaku bagi ASN yang harus dikerjakan dengan tanggung jawab. Komponen di dalamnya yaitu, Berorientasi Pelayanan, maksudnya; memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan, kemudian melakukan perbaikan tiada henti.



“Lalu ada komponen akuntabel, yaitu melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi, lalu menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien, dan tidak menyalahgunakan tugas”.


” Sedangkan kompeten panduan perilakunya yaitu meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, dan melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik,” jelasnya.


Bangkit juga ,menjelaskan bahwa, harmonis, panduan perilakunya adalah, menghargai setiap orang di latar belakang, suka membantu orang lain, dan membangun lingkungan kerja yang kondusif. Setia, panduan perilakunya adalah memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, setia kepada NKRI, serta menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.


“Adaptif, panduan perilakunya adalah; cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, terus proaktif dan mengembangkan kreativitas, dan bertindak. Kolaboratif, panduan perilakunya adalah, memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah, dan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama,” paparnya.(husni/kf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages