Ini Kata Sekretaris Disdukcapil Lampura Perdana Putra Soal Nama Dan Dokumen Kependudukan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Kamis, 02 Juni 2022

Ini Kata Sekretaris Disdukcapil Lampura Perdana Putra Soal Nama Dan Dokumen Kependudukan


Lampura,Harian Koridor.com-Setiap nama dalam dokumen kependudukan wajib ditulis secara lengkap, dan tak boleh disingkat-singkat.


Demikian disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lampung Utara (Lampura), Perdana Putra, rabu (25/5/2022).


“Larangan mengenai penyingkatan nama tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama pada Dokumen Kependudukan,” ucap dia.


Penyingkatan nama itu kerap kali mereka temukan dalam dokumen kependudukan yang diajukan oleh warga. Contohnya, penulisan nama Muhammad yang kadang disingkat dengan huruf M. Padahal, penyingkatan nama ini dapat menimbulkan multitafsir.


“Pengertian multitafsir ini yang ingin dihindari oleh pihak Kemendagri,” ujar dia.


Adapun ‎dokumen kependudukan itu sendiri terdiri dari biodata penduduk, kartu keluarga, kartu identitas anak, kartu tanda penduduk elektronik. Kemudian, ada surat keterangan kependudukan, dan akta pencatatan sipil.


“Jumlah huruf setiap nama ‎juga paling banyak adalah 60 huruf,” katanya.


Perdana kembali mengatakan, aturan terbaru ini juga melarang adanya penulisan gelar pendidikan dan keagamaan pada dokumen kependudukan selain KTP dan Kartu Keluarga. Meski demikian, ia menjelaskan bahwa aturan ini tidak berlaku surut dan hanya diberlakukan bagi dokumen kependudukan terbaru.


“Khusus KTP dan KK, gelar pendidikan dapat dicantumkan,” jelasnya. (MAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages