Kenali Gejala Penyakit Kanker Pada Anak Warga Korem 043/Gatam Ikuti Penyuluhan Gejala Kanker Secara Virtual - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Rabu, 15 Juni 2022

Kenali Gejala Penyakit Kanker Pada Anak Warga Korem 043/Gatam Ikuti Penyuluhan Gejala Kanker Secara Virtual


Bandar Lampung,Harian Koridor.com-Pentingnya menjaga kesehatan dan menjadi prioritas di kalangan prajurit TNI AD khususnya Prajurit dan PNS Korem 043/Gatam, penyuluhan tentang gejala kanker di lingkungan TNI AD ditujukan agar orang tua dapat mengenali gejala kanker lebih awal dengan harapan dapat dengan mudah untuk dilakukan penangan oleh petugas Medis.


Penyuluhan Gejala Kanker yang di ikuti Prajurit TNI, PNS dan Ibu ibu Persit Koorcab Rem 043 PD II/Swj sebanyak 100 orang yang berlangsung secara virtual, bertempat di gedung Aula Sudirman Makorem 043/Gatam Jl. Teuku Umar Bandar Lampung, rabu (15/06/2022). 


Dalam penyampaiannya Ketua/Pembina YKAKI  Bpk. Andi F Noya menyampaikan, “ Leukemia merupakan penyakit keganasan sel darah yang berasal dari sumsum tulang, Gejala leukemia antara lain pucat, lemah, anak rewel, napsu makan menurun; demam tanpa sebab yang jelas, pembesaran hati, limpa, dan kelenjar getah bening, kejang sampai penurunan kesadaran, pendarahan kulit dan atau pendarahan spontan, nyeri tulang, seringkali ditandai dengan anak tidak mau berdiri dan berjalan, dan lebih nyaman digendong “ terangnya.


Lebih lanjut beliau juga manyampaikan, “ Penemuan dini kasus kanker anak merupakan kunci keberhasilan pengendalian kanker pada anak, baik orang tua maupun petugas kesehatan diharapkan dapat mendiagnosa kanker pada stadium awal, sehingga dapat dilakukan penanganan lebih lanjut sesuai tingkat fasilitas kesehatan rujukan “,


Bapak Andi F Noya juga menyampaikan, “ Hingga saat ini belum diketahui secara pasti faktor risiko dan penyebab kanker pada anak, hal ini diduga merupakan interaksi dari 4 faktor, yaitu genetik, zat kimia, virus, dan radiasi, belum semua jenis kanker pada anak mempunyai metode untuk dideteksi dini, selain itu kanker pada anak juga tidak dapat dicegah, namun ada baiknya bagi para orang tua untuk mengajarkan perilaku CERDIK pada anak sejak masa kanak-kanak agar terhindar dari berbagai jenis kanker yang timbul di usia dewasa “ jelasnya.


Turut hadir dan mengikuti penyuluhan tentang gejala Kanker pada anak, Kasi Pers Kasrem 043/Gatam Letkol  Arm Riski Budiyanto, S. Sos, Pasi Pers Korem 043/Gatam Mayor Inf D. B. Harahap, Pasi Pers Kodim 0410/KBL Mayor Chk Hastuti, SH. MH, dan Wadan Denkesyah 02-IV Lampung Mayor Ckm Susmeryeti.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages