Cegah Paham Radikalisme, Polda Lampung Gelar Kegiatan Da'i Kamtibmas se-Provinsi Lampung - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 21 Juli 2022

Cegah Paham Radikalisme, Polda Lampung Gelar Kegiatan Da'i Kamtibmas se-Provinsi Lampung


Bandar Lampung,Harian Koridor.com-Polda Lampung menggelar kegiatan peningkatan kemampuan da'i Kamtibmas se-Provinsi Lampung dalam rangka mencegah radikalisme guna mewujudkan sinergitas mitra Polri.

Kegiatan dibuka oleh Waka Polda Lampung, Brigjen Pol Subiyanto. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga Harkamtibmas yang Kondusif di wilayah Provinsi Lampung," kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad di Bandarlampung, Kamis.


Dia melanjutkan kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari tanggal 20-21 Juli 2022 di Hotel Bukit Randu, Bandarlampung. Acara Peningkatan Kemampuan da'i Kamtibmas tersebut menghadirkan sebanyak sepuluh orang narasumber yang akan memberikan materi.


Dalam kegiatan tersebut, ada sebanyak 100 orang peserta di antaranya 73 orang perwakilan da'i Kamtibmas se-Provinsi Lampung, 25 orang perwakilan Bhabinkamtibmas jajaran kewilayahan, dan dua orang perwakilan dari Direktorat Binmas.


"Ini merupakan salah satu upaya untuk peningkatan kemampuan para da'i Kamtibmas yang mampu dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan melalui pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat melalui jalur agama," kata dia.


Pandra menambahkan pada kegiatan tersebut, selain itu pula bertujuan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan para da,i Kamtibmas Polda Lampung sehingga dapat mengetahui dan memahami tugas, fungsi, dan peranannya sebagai penyeru kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran.


Dalam Amanat Kapolda Lampung yang disampikan oleh Waka Polda Lampung, lanjut Pandra, idiologi negara adalah pancasila yang sangat menekankan kerukunan antar umat beragama dan Indonesia bahkan menjadi contoh bagi bangsa-bangsa di dunia dalam hal keberhasilan mengelola keragaman budaya dan agamanya.


"Satu ancaman terbesar yang dapat memecah belah bangsa kita adalah konflik berlatar belakang agama. Oleh karena itu, mohon pada kegiatan peningkatan kemampuan da,i Kamtibmas Polda Lampung ini agar para peserta menyimak apa yang disampikan oleh para narasumber untuk menjadi bekal penyuluhan di kewilayahan nanti," kata dia lagi.


"Para da,i Kamtibmas juga ke depan mampu mengajak masyarakat mengamalkan ajaran Islam yang ramah dan teduh, baik secara langsung ataupun melalui sarana media sosial serta mampu memperkokoh dan menjaga persaudaraan antar umat beragama sehingga para da'i dapat menyampaikan pesan agama sebagai panduan hidup yang menjiwai pembangunan bangsa," katanya.


Kegiatan yang dibuka Waka Polda Lampung tersebut turut dihadiri oleh Kemenag Provinsi Lampung, Irwasda Polda Lampung, Dir Binmas Polda Lampung, PJU Polda Lampung, Para Narasumber Peningkatan Kemampuan da,i Kamtibmas, Ketua da,i Kamtibmas Polda Lampung, dan para peserta da,i Kamtibmas.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages