Parosil Hadiri Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak Kharisma Event Nusantara Festival Sekala Bekhak ke-8 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Rabu, 13 Juli 2022

Parosil Hadiri Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak Kharisma Event Nusantara Festival Sekala Bekhak ke-8


Lambar,Harian Koridor.com-Meski pelaksanaan karnaval budaya yang berlangsung sempat diguyur hujan, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para peserta pawai dari masing-masing kecamatan dan tetap antusias menampilkan seni budaya yang diusungnya.


Bertempat di Lapangan Merdeka Kota Liwa, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat.


Acara pawai budaya tersebut, dimulai tepat pukul 13.30 Wib, star dari Taman Kota Hamtebiu berjalan menuju ke lapangan merdeka liwa. Pawai ini menampilkan berbagai kostum tradisional dari 15 kecamatan yang ada di Lampung Barat, Rabu (13 Juli 2022).


  

Hadir pada acara tersebut Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lampung Barat Gurti Komarawati Mad Hasnurin, Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyanto, Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Barat Drs. Nukman, Perwakilan Kodim 0422/LB, Assisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Darah Lampung Barat, Camat, Lurah/Peratin serta Ribuan masyarakat Lampung Barat.


Hadir juga Koordinator Event Daerah Wilayah 1 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) Diana M. Tikupasang dan empat rekannya, yakni Joko Suharbowo, Hilya Milaty dan Hasan Basri.



Karnaval kumilai budaya Festival Sekala Bekhak ini sebagai ajang mempromosikan seni budaya yang terdapat di Kabupaten Lampung Barat. 


Dalam Sambutannya Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus menyampaikan Festival Sekala Bekhak (FSB) merupakan ajang tahunan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, festival ini menjadi salah satu wujud misi pemerintah Kabupaten Lampung Barat di bawah Kepemimpinan Bupati Parosil dan Wakilnya Drs. Mad Hasnurin (PM), yaitu“menjadikan kota liwa sebagai kota budaya”, dan semua rangkaian dalam festival sekala bekhak merupakan sajian budaya asli di Bumi Sekala Bekhak, lebih dari itu bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisi dan adat istiadat yang asli di Bumi Sekala Bekhak sehingga berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Lampung Barat. 


Kebanggaan bagi kita semua event FSB, pada tahun 2021 masuk menjadi satu-satunya event dari Provinsi Lampung yang masuk dalam Calender of Event Pariwisata Nasional dalam program Kharisma Event Nusantara, dan pada tahun 2022 ini masuk kembali dalam 110 event yang ditetapkan kemenparekraf sebagai event festival nasional, terpilih dari ribuan event yang ada di nusantara, tahun 2022 ini masuk bersama dengan festival krakatau milik Pemerintah Provinsi Lampung.


Karnaval kemilau budaya bumi sekala bekhak merupakan salah satu rangkaian dari perhelatan festival sekala bekhak, di tahun ini 2022 mengangkat tema “sekura”, sekura merupakan kebudayaan yang asli di tanah ini, kami bangga bisa mempertahankan kebudayaan ini di tengah arus modernisasi, terwariskan dari ratusan tahun silam dan masih lestari, berkembang dan menjadi sajian atraksi di bumi sekala bekhak.


Kebudayaan sekura hanya ada di Lampung Barat dan didorong oleh tim kurator Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif untuk menjadi icon dari FSB serta menjadi salah satu poin besar untuk masuk dalam Calender Event Nasional.


Helat festival harus bersinergi dengan para pelaku ekonomi kreatif khususnya pada sektor atraksi, seni pertunjukan, kuliner dan sektor lain termasuk para pegiat UMKM, karena bangkitnya perekonomian masyarakat dimulai dari masyarakatnya sendiri, bergerak bersama, bersinergi dan tentu saling berkolaborasi.


Majunya sebuah destinasi wisata pasti karena dukungan dari sektor lain, mari jalin sinergitas dan kerjasama yang baik antar para penggiat pariwisata Lampung Barat, seni pertunjukan yang di dalamnya seni budaya daerah dipadukan dengan UMKM dan para penggiat ekonomi kreatif lainnya, Insya Allah akan menjadi satu kolaborasi yang kuat yang berdampak baik kepada para pelakunya.


Pada kesempatan ini juga kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat  berjalan baik dan meriah serta tercapai tujuan dari dihelatnya festival ini.


Kami juga mengharapkan kedepan ada dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung, FSB sudah 2 tahun masuk dalam Calender of Event Nasional, sangat diharapkan ada dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk bersama kita membesarkan perhelatan ini.


Kepada seluruh peserta, seniman dan para pelestari seni budaya, atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kecintaannya tetap mempertahankan seni budaya tradisi kita, mari terus kita jaga seni budaya, adat tradisi kita untuk menjadi warisan kebanggaan kita kepada generasi yang akan datang.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages