Wabah PMK Pada Hewan Ternak, Alhamdulillah Pemkab Lambar Sudah Terealisasi Sebanyak 791 Dosis - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Senin, 18 Juli 2022

Wabah PMK Pada Hewan Ternak, Alhamdulillah Pemkab Lambar Sudah Terealisasi Sebanyak 791 Dosis


Lambar,Harian Koridor.com-Sehubungan dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak berupa sapi, kerbau, kambing, domba dan babi. di Aula Kagungan Setdakab Lampung Barat. Senin 18/7/2022.



Dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Nukman, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama, Kepala Perangkat Daerah. 



Melalui keputusan menteri pertanian Republik Indonesia (RI) Nomor: 500.1/KPTS/PK.300/M/06/2022. Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu kabupaten yang melaksanakan langkah pencegahan berupa Vaksin PMK.


Cakupan vaksinasi terhadap penyakit mulut dan kuku hewan ternak di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sudah mencapai 791 dosis. Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Perkebunan Dan Peternakan (Disnunnak) Lampung Barat Yudha Setiawan saat menghadiri kegiatan rutin mingguan Ngupi Bebakhong. 


Pada kesempatan tersebut, Yudha Setiawan menjelaskan populasi hewan ternak berupa sapi yang tercatat dari 15 Kecamatan yang terdapat di Kabupaten Lampung Barat sebanyak 7.505 ekor. 


Rincian hewan ternak sapi keseluruhan di Lampung Barat yaitu Kecamatan Balik Bukit 987 ekor, Sukau 2.125, Lumbok Seminung 1.079, Belalau 18, Sekincau 877, Suoh 25, Batu Brak 119, Pagar Dewa 407, Batu ketulis 30, Bandar Negeri Suoh 46, Sumber Jaya 285, Way Tenong 196, Gedung Surian 293, Kebun Tebu 725, dan Air Hitam 293.


Yudha Setiawan mengungkapkan kegiatan vaksinasi PMK tersebut sudah dimulai sejak tanggal 27 Juli tahun 2022 lalu. Kabupaten Lambar mendapatkan jatah vaksin PMK sebanyak 800 dosis. 


Untuk lambar sendiri baru dilakukan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak sapi saja, Mudah-mudahan kedepannya dapat dilakukan terhadap hewan ternak kambing juga,"


Untuk saat ini Alhamdulillah sudah terealisasi sebanyak 791 dosis," 


Lanjut Yudha, untuk sejauh ini terdapat enam Kecamatan yang hewan ternak sapinya belum di lakukan vaksinasi yakni Kecamatan Lumbok Seminung, Belalau, Suoh, Batu Brak, Bandar Negeri Suoh dan Air Hitam. 


Namun Yudha mengatakan pada waktu dekat ini pihaknya akan mendatangkan kembali sebanyak 300 dosis vaksinasi PMK guna untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak sapi yang belum di vaksin.(lia) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages