Arinal dan Nunik Buka Kick Off Kopi Lampung Begawi - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 04 Oktober 2022

Arinal dan Nunik Buka Kick Off Kopi Lampung Begawi


Bandarlampung, Harian Koridor.com-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim membuka Kick Off Kopi Lampung Begawi 2022 di Gedung Graha Wangsa Bandar Lampung, Selasa (4/10/2022).

Dengan mempersembahkan tema "Robusta Lampung Membangun Negeri", acara Puncak Kopi Lampung Begawi 2022 akan diselenggarakan di Sarinah, Jakarta pada 8-9 Oktober 2022 mendatang.

Arinal mengatakan Kopi Lampung Begawi Tahun 2022, menjadi suatu bentuk upaya Pemerintah Provinsi Lampung untuk membangkitkan kreativitas dan inovasi para pelaku usaha kopi.


"Kegiatan ini sekaligus memperluas pasar dalam negeri dan mendorong petani serta industri kecil menengah untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Untuk itu, mari pemerintah, petani, pengusaha bersinergi, Robusta Lampung membangun negeri," ujar Arinal.


Arinal mengatakan berdasarkan data Badan Pusat Statistik, total produksi kopi di Indonesia pada tahun 2021 sebesar 774.600 Ton.


Dimana Provinsi Lampung memberikan kontribusi sebesar 118.000 Ton yang merupakan penyumbang terbesar kedua di Indonesia.


"Pengembangan komoditas kopi di Provinsi Lampung menjadi tanggung jawab bersama," katanya.


Arinal menuturkan konsumsi kopi dalam negeri diprediksi akan terus meningkat seiring dengan semakin luasnya segmen pasar kopi di Indonesia.


Menurutnya, kondisi ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi Lampung selaku salah satu provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia.


"Bagaimana disektor hulu para petani kopi dapat meningkatkan produktivitas sekaligus kualitas hasil panennya sehingga dapat memenuhi permintaan pasar," ujarnya.

 

Selain itu, kata Arinal juga tantangan bagaimana Provinsi Lampung siap untuk menjadi tuan rumah bagi para pelaku industri kopi.


"Bagaimana industri besar dan industri kecil menengah dapat tumbuh saling mengisi dan melengkapi permintaan para konsumen kopi di tanah air," katanya.


Melalui Kopi Lampung Begawi 2022, Arinal berharap para pelaku usaha kopi di Provinsi Lampung, mulai dari petani, industri kecil dan menengah (IKM), industri besar dan eksportir dapat mengambil manfaat dan menangkap peluang dari pelaksanaan event ini.


"Marilah kita berkerja sama, bersinergi, bahu membahu berbuat yang terbaik untuk kemajuan dan kemakmuran kita bersama menuju Rakyat Lampung Berjaya," katanya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Umihanni mengatakan melalui Kopi Lampung Begawi 2022 diharapkan akan membangkitkan kreativitas dan inovasi dari para pelaku usaha kopi.


Selain itu, dari kegiatan ini untuk mendorong petani kopi dan IKM kopi di Provinsi Lampung untuk menghasilkan produk kopi yang berkualitas dan berdaya saing.


"Kegiatan ini untuk mengenalkan produk robusta Lampung dipasar nasional khususnya wilayah Jabodetabek sekaligus memperluas pasar didalam negeri," ujar Elvira.


Pada Kick Off hari ini diisi berbagai kegiatan yaitu Talk Show Kopi, Kurasi Produk Kopi Lampung, Barista Coaching Clinic, Barista Coffee Mocktail Competition serta Food Plating and Presentation Competition.


Sedangkan pada Puncak Kopi Lampung Begawi 2022 di Sarinah, nantinya juga akan diisi berbagai kegiatan yaitu Pameran Kopi Lampung, Ngobrol Kopi Robusta Lampung, Robusta Lampung Car Free Day, Bedah Resep Kekhasan Robusta Lampung oleh Juara Dunia Barista dan Temu Bisnis Kopi.(adm) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages