Wagub Nunik Ajak PLN Bersinergi dalam Eliktrifikasi Desa dan Dusun di Provinsi Lampung - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 26 Oktober 2022

Wagub Nunik Ajak PLN Bersinergi dalam Eliktrifikasi Desa dan Dusun di Provinsi Lampung


Bandarlampung,Harian Koridor.com-Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim membuka Multi Stakeholder Forum dan Customer Gathering Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam rangka memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) PLN ke-77, di Ballroom Hotel Emersia Senin, (24/10/2022). 


Pembukaan ditandai dengan penyalaan sirine terkait pembangunan listrik desa secara simbolis di Desa Teluk Brak Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus. 


Pada kesempatan itu, Wagub mengajak PLN bersinergi meningkatkan rasio elektrifikasi Provinsi Lampung dengan program melistriki desa dan dusun yang belum berlistrik di Provinsi Lampung.


Menurut Chusnunia, semua pihak masih harus terus bergandeng tangan dan bergotong royong dalam konteks energi di Provinsi Lampung.


Chusnunia berharap, ke depan dapat mencapai presentasi 100% untuk semua desa dapat dialiri listrik.

Selanjutnya, adalah peningkatan infrastruktur jaringan transmisi listrik untuk pemenuhan potensi pelanggan baru di sektor industri yang telah terencana pada kawasan-kawasan industri baru, serta untuk mendukung Pariwisata terutama yang berada di Kepulauan.


Chusnunia juga menilai sebanyak 39% surplus sumber energi tersebut berasal dari sumber daya energi bauran terbarukan (EBT), dan ini merupakan hal yang sangat membanggakan.


Chusnunia juga menyampaikan bahwa, salah satu sasaran pencapaian visi, misi, dan tujuan yang disepakati bersama DPRD salah satunya adalah terkait peningkatan sektor energi.  


Sejalan dengan salah satu Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Lampung yaitu mengembangkan    infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produksi dan konektivitas wilayah, dan misi, Lampung Terang Berjaya (Swasembada Listrik). 


Untuk mewujudkan kemandirian energi listrik di Provinsi Lampung, dan melistriki masyarakat yang belum terjangkau jaringan listrik, dengan melakukan sinergi bersama PT. PLN (persero). 


Sementara itu, General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bandar Lampung I Gede Agung Sindu Putra menyampaikan bahwa, kegiatan Multi Stakeholder Forum dan Customer Gathering adalah sebagai bentuk apresiasi PLN kepada Stakeholder yang telah berkontirbusi dan bersinegeri melakukan pelayanan. 


Hal ini juga sebagai bagian dari kelanjutan peningkatan Rasio Elektrifikasi yang telah mencapai 99,77 persen dan Rasio Desa berlistrik menjadi 99,43 persen.


Dengan dinyalakannya Desa Teluk Brak sebagai pijakan awal PLN untuk melanjutkan penyalaan pada 7 Desa berikutnya di Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus yang saat ini masih dalam proses pembangunan konstruksi jaringan. 


Suksesnya percepatan pembangunan kelistrikan terutama pada desa-desa tertinggal, terdepan, terluar (3T), lanjut I Gede Agung, sangat membutuhkan dukungan dan peran serta dari seluruh stakeholder terutama pemerintah daerah serta pihak-pihak yang terkait, ujar I Gede.

HUT PT PLN ke-77 ini sendiri mengusung tema "The New PLN 4.0 Unleashing Energy and Beyond". (red) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages