Arinal Serahkan Bantuan Bidang Keagamaan ke Masyarakat Tubaba - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Sabtu, 26 November 2022

Arinal Serahkan Bantuan Bidang Keagamaan ke Masyarakat Tubaba


Tubaba, Harian Koridor.com-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri Pengajian Akbar Pemerintah Provinsi Lampung di Masjid Baitus Shobur, Islamic Center Tulang Bawang Barat, Rabu (23/11/2022).


Pada kesempatan itu, Gubernur menyerahkan sejumlah bantuan untuk Kabupaten Tulang Bawang Barat dan menyampaikan rasa sungkawa atas korban gempa Cianjur.


Bantuan untuk masyarakat Tubaba diantaranya bantuan untuk masjid, pondok pesantren, santunan kepada anak yatim piatu dan lanjut usia.


Arinal mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung memiliki komitmen yang tinggi untuk meningkatkan pembangunan khususnya dibidang keagamaan.


Untuk memfasilitasi kebijakan Pemerintah Provinsi Lampung dibidang keagamaan dan kesejahteraan sosial pada Tahun Anggaran 2022 ini, telah dianggarkan dana hibah di Kabupaten Tulang Bawang Barat sebesar Rp655 juta.


"Yang diperuntukkan untuk bantuan masjid, Mlmushola, pondok pesantren dan sarana ibadah lainnya," ujar Arinal.


Arinal menyebutkan Pemerintah Provinsi Lampung juga memberikan perhatian kepada para Hafidz/Hafidzah dan Guru Ngaji.


Selain itu, pemberian insentif khusus kepada Guru Honorer, Guru PAUD, Guru Mengaji, Guru Sekolah Minggu, Ustadz dan Ustadzah Pondok Pesantren.


"Serta kepada penjaga masjid dan rumah ibadah lainnya, muazin, khatib, imam masjid, pendeta dan para pemimpin berbagai agama, serta P3NTR, bersinergi dengan Pemerintahan Kabupaten/Kota," katanya.


Arinal mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung juga memiliki program Lampung Mengaji yang memfasilitasi pengembangan pemahaman dan penghafalan Al Qur’an.


"Dengan memberikan bantuan fasilitas khusus bagi rumah-rumah tahfidz dan pondok pesantren serta mendirikan Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur’an Lampung," katanya.


Melalui pengajian ini, Arinal berharap dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.


"Serta dijadikan motivasi, semangat untuk meningkatkan akidah islamiyah, peningkatan pengetahuan dan wawasan sehingga dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik lahir dan batin," katanya.


Dalam rangkaian pengajian akbar ini, juga diserahkan beasiswa pendidikan kepada 20 orang yang berprestasi dan kurang mampu untuk megikuti kuliah Diploma 3 di Politeknik Tunas Garuda Tulang Bawang Barat sebesar Rp1,9 Milyar.


Pada pengajian ini, Gubernur Arinal bersama komponen masyarakat melakukan penggalangan dana untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.


"Provinsi Lampung menyampaikan belasungkawa atas bencana gempa bumi yang menimpa saudara kita di Cianjur. Kami sangat sedih dan mendoakan semoga warga Cianjur diberikan ketabahan dan semoga cepat pulih kembali," katanya.


Pengajian diisi tausiah oleh Ustad Wijayanto. Dalam tausiahnya, Ustad Wijayanto mengajak masyarakat untuk selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta selalu berbuat baik kepada sesama.


Sebagaimana yang dijelaskan dalam Surat An Nisa ayat 36 berisi sejumlah perintah Allah SWT untuk seluruh hamba Nya.


Yaitu sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukanNya dengan sesuatu apa pun. Dan Berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.(red) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages