Sekdaprov Minta TKPRD Aktif Tanggapi Isu Dinamika Pembangunan Daerah - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Rabu, 13 November 2019

Sekdaprov Minta TKPRD Aktif Tanggapi Isu Dinamika Pembangunan Daerah


Bandar Lampung, Harian Koridor.com-Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto minta Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) terus melakukan koordinasi dan berpartisipasi aktif mengikuti isu isu dinamika pembangunan daerah. Hal itu diungkapkan Fahrizal saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Daerah TKPRD, di Hotel Novotel Bandar Lampung Rabu, ( 13/11/2019).
“Untuk hasil yang maksimal dan efisian kita mengharapkan komitmen dari TKPRD agar meningkatkan partisipasi aktif dari setiap anggotanya, sehingga koordinasi maupun pengambilan keputusan di dalamnya dapat dilakukan secara tepat, akurat, efektif dan efisien," kata Fahrizal.

Menurut Fahrizal, Pemerintah Provinsi Lampung terus menunjukkan komitmen untuk mewujudkan penyelenggaraan penataan ruang agar semakin baik dan mampu mendorong terwujudnya visi Gubernur Lampung: Rakyat Lampung Berjaya.
Salah satu langkah yang diambil adalah meningkatkan kapasitas instrument penyelenggaraan penataan ruang, di antaranya perencanaan dan pengendalian pemanfaatan ruang.
“Kita ketahui bersama, bahwa penyelenggaraan penataan ruang di Provinsi Lampung pada hakikatnya bertujuan untuk mewujudkan ruang wilayah yang aman, nyaman, harmonis dan berkelanjutan," ujar Sekdaprov.

Sekdaprov menegaskan TKPRD sebagai wadah/forum koordinasi penataan ruang daerah, dalam menjalankan perannya membantu Gubernur /Bupati/ Walikota dalam penyelenggaraan penataan ruang. "Dengan demikian diharapkan partisipasi aktif TKPRD," ujar Fahrizal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mulyadi Irsan dalam sambutannya menyampaikan Rakor kali ini untuk merespon Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 116 tahun 2019 yang mengamanatkan untuk memaksimal koordinasi dan sinkronisasi TKPRD, terutama menanggapi isu – isu dinamika pembangunan.

“Setiap daerah memiliki permasalahan yang kompleks dan spesifik, dengan itu diharapkan TKPRD dapat menggagas solusi dari berbagai berbagai permasalahan tata ruangdan strategi percepatan pembangunan di setiap Kabupaten / Kota," kata Mulyadi.
Mulyadi berharap Rakor ini dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas TKPRD dalam menggagas langkah nyata dalam menangani isu - isu dibidang tata ruang di daerah masing – masing.
Adapun nara sumber nasional yang hadir dalam acara ini di antaranya Dundun A Rozak dari Kementrian Dalam Negri. Dalam paparannya Dundun mengapresiasi rencana tata ruang Provinsi Lampung yang telah berubah dan selaras dengan Visi Misi Gubernur untuk mewujudkan “ Rakyat Lampung Berjaya”. “Tata ruang Lampung telah memperhatikan aspek tata ruang industri, ketahanan pangan dam pariwisata yang terintegrasi," ujar Dundun.

Narasumber lainnya dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional Prasetyo N, yang menyampaikan materi tentang pengendalian dan pemanfaatan ruang sebagai upaya mewujudkan tata tertib ruang daerah. (red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages