Diskominfo Tanggamus Adakan Pelatihan Cara Membuat Pers Rilis - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 07 April 2021

Diskominfo Tanggamus Adakan Pelatihan Cara Membuat Pers Rilis


Tanggamus, Harian koridor.com-Pemkab Tanggamus melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengadakan pelatihan cara membuat pers rilis atau siaran pers dimana pesertanya adalah pegawai dijajaran organisasi perangkat daerah (OPD) dan kecamatan.


Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom itu dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Fathurrahman dari ruang kerja Asisten Bidang Pemerintahan, turut mendampingi Asisten dalam kegiatan tersebut Kepala Diskominfo Tanggamus Sabaruddin dan Kasi Humas Asrul Sani Jaya Putera. Adapun narasumber yang dihadirkan dari PWI Tanggamus yang juga Wartawan Radar Tanggamus Rio Aldipo.


Asisten Bidang Pemerintahan, Fathurrahman dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan atau program yang ada di OPD maupun kecamatan harus dipublikasikan kepada masyarakat, apalagi jika program dan kegiatan tersebut bernilai positif.


"OPD butuh media untuk mempublikasikan sehingga perlu pers rilis atau siaran pers yang gunanya untuk menyebarluaskan informasi dari kegiatan yang telah dilakukan, maka dari itulah melalui pelatihan ini agar peserta dapat membuat ringkasan dari kegiatan untuk diberitakan, adapun konten atau isi berita adalah hal-hal yang layak diketahui publik,"ujar Fathurrahman.


Sementara,Kepala Diskominfo Tanggamus, Sabaruddin menambahkan tujuan dari pelatihan pembuatan pers rilis agar personel di OPD maupun kecamatan mampu membuat siaran pers yang memenuhi kaidah jurnalistik yakni unsur 5W+1H (what,who,where,why dan How) sehingga tidak salah penafsiran dalam pemberitaan. 


"Kegiatan ini diikuti oleh seluruh OPD dan kecamatan, masing-masing mengirimkan dua staf untuk ikut zoom meeting. Dan dengan adanya pelatihan ini dapat membantu diskominfo dalam mempublikasikan kegiatan pemerintah daerah,"ujar Sabaruddin.


Sementara, narasumber Rio Aldipo menyampaikan materi diantaranya penjelasan unsur 5W+1H, langkah-langkah dalam membuat siaran pers hingga metode Piramida terbalik. Kegiatan yang berlangsung lancar tersebut ditutup dengan sesi tanya jawab.(ral) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages