Bupati Dewi Hadiri Kegiatan Saresehan dan Business Matching Bersama Petani Kopi - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 29 November 2021

Bupati Dewi Hadiri Kegiatan Saresehan dan Business Matching Bersama Petani Kopi


Tanggamus,Harian Koridor.com-Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Menghadiri Kegiatan Saresehan dan Business Matching Bersama Petani Kopi, Umbi Porang, Singkong dan Peserta Kartu Petani Berjaya Dalam Rangka Monitoring Pelaksanaan Program Kartu Petani Berjaya dan Aktivitas  Pembiyaan ke Sektor Pertanian oleh Perbankan di Kabupaten Tanggamus, OJK Provinsi Lampung bersama pihak Perbankan.di Objek Wisata Bukit Idaman Kecamatan Gisting. Senin (29/11/2021)


Hadir Sekda Provinsi yang diwakili oleh  Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir Kusnardi, Kepala Otoritas jasa keungan  Provinsi lampung  Bambang Hermanto, kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Lmpung Ir Emilia Kusumawati MM, Pimpinan PT BNI (Persero) Tbk Kantor Cabang Tanjung Karang Mus Adral SE, Direktur Utama PT BPD Lampung Presley Hutabarat.


Hadir mendampingi Bupati Inspektur Ernalia Kadis Pertanian Catur Agus Dewanto, Kadis Perkebunan Dhani Riza, Kadis Koperindag Heri Heriyadi, Kabag Ekobng Firmalinda, Kabag Kerja sama Maryani, Camat Gisting Purwanti, Para ketua dan Anggota Kelompok Tani Kabupaten Tanggamus.


Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menyampaikan, Sebagaimana kita ketahui bahwa program Kredit Usaha Rakyat (KUR), diluncurkan pemerintah disalurkan oleh perbankan dengan tujuan untuk meningkatkan dan mempermudah akses kredit kepada masyarakat termasuk petani dan pelaku usaha kecil menengah.


Diharapkan dengan program KUR ini, akan membantu permodalan bagi para pelaku usaha termasuk masyarakat petani yang tergabung dalam Gapoktan. Sehingga ke depannya mampu mempercepat pertumbuhan sektor riil dan secara langsung dapat berperan dalam menanggulangi kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Pada bulan September 2021 lalu, kami telah melaksanakan MoU dengan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., sekaligus Launching KUR Tanpa Agunan, Pada saat ini dari catatan kami di ketahui bahwa telah ada 99 Debitur para petani yang telah mendapatkan KUR dari BNI terdiri dari:


66 Debitur Petani KOPI, total nilai: Rp.2,45 Milyar.

12 Debitur Petani Porang, senilai: Rp.600 juta. 21 Debitur Petani Padi/Jagung, senilai: Rp. 165 juta.

Total ada 99 Debitur Petani dengan Nilai KUR Rp.3,22 Milyar.


Saya atas nama jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, yaitu kepada TPAKD, OJK, PT. BNI (Persero), dan lain-lain. Atas terealisasinya KUR kepada petani KabupatenTanggamus.


Pada kesempatan ini juga sekaligus saya ucapkan terimakasih atas bantuan CSR yang telah diberikan. Saya yakin segala jenis bantuan termasup CSR dan KUR ini sangat berguna bagi para petani di Kabupaten Tanggamus.


Upaya sosialisasi dan peningkatan inklusi keuangan yang telah dilakukan untuk meningkatkan akses petani ke perbankan konvensional telah menampakkan hasil yang baik. Berdasarkan laporan penyaluran Program KUR meskipun jumlah debitur dari subsektor pertanian masih lebih kecil dari subsektor perdagangan tetapi jumlahnya semakin meningkat:


Sambutan Kepala Otoritas jasa keungan  Provinsi lampung  Bambang Hermanto, Hari ini kita melaksanakan kegiatan program Ases Keuangan Daerah dan kita punya program yaitu Business Matching arti nya mempertemukan teman teman dari lembaga keuangan langsung dengan masyarakat, Karna kita memang punya program yang mendukung pemerintah khusus nya di sektor pertanian.


Program Pada saat ini yaitu Business Matching yangan pada saat ini sangat terbantu dengan ada nya Business Matching secara digital yaitu kartu petani berjaya yang melibatkan berbagai unsur, perbankan nya ada, perusahan juga ada, serta transaksi jual beli nya juga ada.


Jadi dengan ada nya kartu petani berjaya ini memudahkan masyarakat khusus nya petani di sektor pangan dan non pangan untuk bisa di pertemukan dengan penyedia sumber pendanaan khusus nya perbankan.(*). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages