Bupati Dewi Terima Kunjungan Kegiatan Observisasi Kedua Tim I-Care Litbang Kementan dan Bapenas RI - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Rabu, 17 November 2021

Bupati Dewi Terima Kunjungan Kegiatan Observisasi Kedua Tim I-Care Litbang Kementan dan Bapenas RI


Tanggamus,Harian Koridor.com-Bupati Tanggamus Menerima Kunjungan Kegiatan Observisasi Kedua Tim I-Care Litbang Kementan Dan Bapenas RI Terkait Kesiapan Program I-Care Di Kabupataen Tanggamus. Rabu(17/11/21) di Ruang Rapat Utama Kabupaten Tanggamus.


Hadir Mendampingi Bupati, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Kaban Bapeda Hendra Wijaya Mega, Asisten 2 Sukisno, Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Holtikultura Catur Agus Dewanto, Kadis Nakbun Dadang Dani Reza, Camat Air naningar, Camat ulu Belu, Carat Pulau Panggung.


Hadir juga dari Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Lampungg Bp. Dr. Drs Jekvy Hendra m.si, Berserta Jajaran BPTP lampung, Bapenas RI Zulfriandi  SE, Badan Litbang Pertanian RI Penelitian Balai Penelitian Veteriner Bp. April Hari Wardana SKH. M.si.Peneliti Balai Penelitian Ternak Bp. Ir Dwi Priyanto B.Sc, si.Peneliti Penelitian Kambing Potong Bp. Dr. Andi Tarigan, s.pt m.si.


Bupati dalam sambutan nya, Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kementerian Pertanian, karena telah menjadikan Kabupaten Tanggamus salah satu lokus Program I-Care, lokasi nya berada di 3 (Tiga) Kecamatan yaitu, Kecamatan Air Naningan, Kecamatan Ulu Belu dan Kecamatan Pulau Panggung. 


Kami dari Pemkab Tanggamus telah siap dan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Program l-Care di tiga lokasi tersebut. Dengan adanya Program ini diharapkan terjadi peningkatan produksi pada sektor perkebunan dan peternakan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat pada umumnya, dan hal ini sesuai dengan VISI kami dalam memimpin Kabupaten Tanggamus, yaitu mewujudkan masyarakat Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera. 


Sedangkan MISI Kabupaten Tanggamus yang sejalan dengan Program 1-Care adalah MISI ke-4 yaitu Mengembangkan Inovasi Sektor Pertanian dan Perikanan dengan Dukungan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.


Pemkab Tanggamus telah dan akan melaksanakan beberapa Program dan kegiatan yang mendukung pelaksanaan Program I Care, antara lain:


1. Peningkatan dan rehabilitasi drainase;

2. Peningkatan jalan pemukiman dan akses menuju perkebunan; 

3. Pembuatan Tugu Icon Lokasi I-CARE.


Dengan rencana anggaran pertahun-nya dimulai tahun 2021 s.d. 2027 sekitar 8 sampai 12 milyar setahun, selain itu nantinya di tahun 2022-2027 melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanggamus akan melaksanakan kegiatan sebagai upaya mendukung program I-Care.


Diharapkan dengan adanya Program ini dapat menjadi angin segar pada Petani terhadap pengembangan sektor perkebunan dan perternakan sehingga kedua sektor tersebut tetap berjaya di Bumi Begawi Jejama ini.


Sambutan dari Litbang Pertanian Dwi Priyanto B.Sc, si., ini adalah kunjungan kedua Badan Litbang di Kabupaten Tanggamus dan kami di tunjuk untuk merangkung Tim I-Care, Jadi program ini sudah kita rancang dari awal tahun 2021, dari 9 Provinsi salah satu nya Provinsi lampung yang termasuk salah satu nya yaitu Kabupaten Tanggamus.


Kabupaten Tanggamus ini yang menjadi peroduk unggulan nya yaitu kopi dan kamping, Tidak menutup kemungkinan ada produk produk yang lain kedepan nya yang akan menjadi unggulan juga dan kegiatan ini sudah masup di Bapenas dan Bank Dunia.


Program Badan Litbang yang sekarang yaitu kita menentukan komoditas nya dulu  baru tindakan dan langkah yang kita ambil, di Kabupaten Tanggamus ini ternak kambing saburai dan kopi, Tapi kemaren di laporkan ada penuruan genensi genetik yang harus kita perbaiki.


Masala Pertanian Kopi nanti kita akan berikan beni bibit unggul yang mungkin dapat membantu pertumbuhan dan peningkatan produksi kopi kedepan nya, karna ini bekerja sama dengan bank dunia nanti akan kita usahakan walau pun agak rumit di kemajuan petani di kabupaten tanggamus ini.


Dalam Pelaksanaan program kerja ini harus melipatkan dinas dinas terkait juga, karna kalau kita hanya memantau dan akan kita laporkan ke bank dunia setiap tahun perkembangan nya.


Masalah pendanaan dari bank dunia walau pun tidak banyak tapi insa allah akan kita usha kan supaya dapat menunjaklng dan menduduk program I-Care ini agar bisa berkembang lebih baik lagi kedepan nya.


Kedatanga  Kami kedua kali ini, kita mengkelaripikasi tentang konsep dan retmet nya dari 2022 sanpai 2027, Mudah mudahan kegiatan ini kedepan nya segera berjalan dan membuahkan hasil yang lebih baik dan maju, memacu semangat petani dalam melaksanakan pertanian dan ternak, Menjadi kebanggaan kabupaten tanggamus dalam sebuah keunggulan keunggulan yang dimilik.


Mudah mudahan kerja sama yang bagus ini berhasil dan kami dari litbang juga bangga karna apa yang kita kembangkan di setiap kabupaten atau provinsi berhasil dan ada kemajuan nya.


Sambutan Bapenas Zulfriandi  SE,  Kegiatan Tim I-Care ini sudah di rencanakan beberapa tahun kedepan dan ini adalah tahap ahir, mudah mudahan bisa berhasil kedepan nya.


Kegiatan I-Care ini dari 9 provinsi salah satu nya di lampung yaitu Kabupaten Tanggamus yang menurut kami layak dan progran ini sejalan degan program yang ada, Menurut kami cukup penting dalam penigkatan pertanian nya.


Tahun 2021 pertanian di Kabupaten Tanggamus ini cukup berhasil dan moga di 2022  nanti lebih meningkat kembali, di dalam peningkatan pertanian ini harus di dukung  pula jalan nya yang melibatkan  dinas PUPR dan Dinas Pasar nya dalam produksi Hasil nya.


Terkait 300 korporasi petani tanggamus masup di salah satu nya dalam Tim I-Care, menjadi program yang bagus k4rna program ini langsung ke petani Penerapan nya langsung.


Harapan kami sesuwai projek kegiatan ini tidak berhenti cukup di sini, haru ada kelanjutan kedepan nya yang dapat menghasil kan kemajuan lebih baik lagi dari 3 lokasi yang ada di Kabupaten Tanggamus ini.


Pola projek Tim I-Care ini menjadi salah satu metode yang sangat bagus, moga kedepan nya bisa terwujud dan para petani nya harus di dampingi  secara langsung agar petani nya lebih akan memahami dan kemajuan peternakan dan pertanian nya juga semakin baik.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages