Gugus Nusa Indah II Peringati HUT Ke-76 PGRI dan HGN Tahun 2021 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Minggu, 28 November 2021

Gugus Nusa Indah II Peringati HUT Ke-76 PGRI dan HGN Tahun 2021


Tanggamus, Harian Koridor.com-Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional Tahun 2021 Gugus Nusa Indah II Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus diadakan pada hari Sabtu 27/11/2021 bertempat di SD Fransiskus Gisting dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.


Sebelum acara seremonial dilaksanakan kegiatan diisi dengan penampilan peserta didik dari Gugus Nusa Indah II. Penampilan pertama dibuka dengan penampilan video tari bedana peserta SD Fransiskus Gisting. Kemudian tari Kipas dari SDN 1 Gisting Bawah, tari kreasi Segok Bumain Bantal dari SD Muhammadiyah Gisting, dan diakhiri dengan Tari Sigeh Pengunten dari SD Muhammadiyah Gisting.


Puncak peringatan hari ini dihadiri oleh Pengawas sekolah Kecamatan Gisting: Daryono, M.Pd., Syarifudin, S.Pd, dan Sri Winarsih S.Pd, Ketua K3S Kecamatan Gisting Alfian, S.Pd., ketua PGRI Cabang Gisting Nasiman, S.Pd, kepala-kepala Sekolah Gugus Nusa Indah II serta Guru-guru di Gugus Nusa Indah II.


Ketua Gugus Nusa Indah II Hj. Soliha, M.Pd dalam laporannya menjelaskan para guru di Gugus Nusa  Indah II mengikuti berbagai kegiatan lomba kurang lebih satu bulan sebelum peringatan hari ini.  Kegiatan lomba tersebut dilaksanakan secara virtual. Cabang yang dilombakan ada yang dilaksanakan perorangan dan ada yang dilakukan secara kelompok. Lomba yang dilakukan perorangan adalah pembuatan Alat Permaianan Edukatif (APE) dari barang bekas untuk semua jenjang dari kelas satu sampai kelas enam. Dan untuk lomba yang dilakukan secara kelompok adalah  paduan suara Mars PGRI dan Senam Tanggamus Sehat.


Syarifuddin, S.Pd wakil dari SPLP Gisting menyampaikan dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Gugus Nusa Indah II yang telah mengadakan berbagai kegiatan dalam rangka HUT PGRI dan Hari Guru Nasional. Dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya pembuatan APE mudah-mudahan menginspirasi Guru di Kecamatan Gisting dan Guru juga lebih mengembangkan kemampuannya. Mudah-mudahan gugus yang lain mengikuti kegiatan yang telah dilakukan Gugus Nusa Indah II. Harapannya kegiatan ini dapat terus berlangsung ditahun-tahun mendatang.


Beliau juga menambahkan dengan menampilkan siswa yang berpresatasi dalam bidangnya bisa mengembangkan potensi siswa menjadi lebih baik dan memberi kesempatan kepada siswa untuk menampilkan bakat yang dimilikinya.


Acara hari ini diselingi dengan penampilan solosong oleh Ciquita Canessa Riyadi kelas 6 SD Fransiskus Gisting membawakan dua buah lagu, yaitu Lagu Cinta untuk Mama dan Hymne Guru.


Dalam Sambutannya Ketua PGRI Cabang Gisting, Nasiman, S.Pd. menyampaikan bahwa berkat dedikasi gurulah semua bisa menjadi seseorang yang bisa dibanggakan. Pada zaman Belanda Organiasisi Perjuangan Guru-guru pribumi didirikan tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Kemudia pada Tahun 1932 Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).


Kemudian pada Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 yang diadakan di Surakarta semua kelompok guru Bersatu. Kemudian pada 25 November 1945 PGRI didirikan.  Sebagai penghoramatan kepada guru pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.


Nasiman juga memberikan apresiasi kepada Gugus Nusa Indah II yang telah menjadi inisiator kegiatan PGRI di Kecamatan Gisting. Sebagai anggota PGRI para guru harus tahu hak dan kewajiban sebagai anggota. Beliau juga menganjurkan untuk bersilaturahmi kepada guru-guru kita yang masih ada dan mendoakan bagi yang telah tiada.


Acara diakhiri dengan pengumuman-pengumuman kegiatan lomba. Lomba Paduan Suara: Juara 1 SD Muhammadiyah Gisting, Juara 2 SD Fransiskus Gisting, Juara 3 SD Negeri 1 Gisting Bawah, Juara 4 SD Negeri 1 Purwodadi, dan Juara 5 SD Negeri 2 Gisting Bawah.


Lomba Senam Tanggamus Sehat: Juara 1 SD Muhammadiyah Gisting, Juara 2 SD Negeri 1 Gisting Bawah, Juara 3 SD Negeri 1 Purwodadi,  Juara 4 SD Fransiskus Gisting, dan Juara 5 SD Negeri 2 Gisting Bawah.


Lomba APE kelas I: Juara 1 Brigita Nosialita, S.Pd.SD. dari SD Fransiskus Gisting, Juara 2 Siti Handayani, S.Pd. dari SD Negeri 1 Gisting Bawah, Juara 3 Rahmawati, S.Ag. dari SD Muhammadiyah Gisting, Juara 4 Uut Elok Permata dari SD Negeri 2 Gisting Bawah, dan Juara 5 Masrohana dari SD Negeri 1 Purwodadi.


Lomba APE kelas II: Juara 1 Isma Yunita, S.Pd dari SD Muhammadiyah Gisting, Juara 2 Mu’amalah S.Pd. dari SD Negeri 1 Gisting Bawah, Juara 3 Retno Widianingrum, S.Pd. dari SD Negeri 1 Purwodadi, Juara 4 Julia Fransiska B C G, S.Pd. dari SD Fransiskus Gisting, dan Juara 5 Emmaroza dari SD Negeri 2 Gisting Bawah.


Lomba APE kelas III: Juara 1 Yeni Ismiati, S.Pd.I. dari SD Negeri 1 Gisting Bawah, Juara 2 Enik Yulianti, S.Pd. dari SD Muhammadiyah Gisting, Juara 3 Sunarti dari SD Negeri 2 Gisting Bawah, dan Juara 4 Fransisca Ayu Chintia Dewi, S.Pd. dari SD Fransiskus Gisting.


Lomba APE kelas IV: Juara 1 Sri Utami, S.Pd. dari SD Muhammadiyah Gisting, Juara 2 Dewi Septiana Wati, S.Pd. dari SD Negeri 1 Gisting Bawah, Juara 3 Y. Albrs Hendra Kurniadi, S.Pd.,Gr. dari SD Fransiskus Gisting, dan Susilowati dari SD Negeri 2 Gisting Bawah.


Lomba APE kelas V: Juara 1 Umilah, S.Pd. dari SD Negeri 1 Gisting Bawah, Juara 2 Zulvia Nawangsari dari SD Fransiskus Gisting, Juara 3 Dhea Reita Salsabila dari SD Negeri 1 Purwodadi, dan Juara 4 Angga Oktavian, S.Pd.,Gr. dari SD Muhammadiyah Gisting.


Lomba APE kelas VI: Juara 1 Fitria Ulfah, S.Si. dari SD Muhammadiyah Gisting, Juara 2 Eka Damayanti dari SD Negeri 2 Gisting Bawah, Juara 3 Yuseph Mardi Prawoto, S.Pd. dari SD Fransiskus Gisting, Juara 4 Delfa Fitri, S.Pd. dari SD Negeri 1 Gisting Bawah, dan Hariyadi, S.Pd. dari SD Negeri 1 Purwodadi. (*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages